Laman

Kamis, 24 Desember 2015

JOE STUMP




Dilahirkan dengan nama lengkap Joseph William Stump pada 18 September 1960 di New York, AS. Seorang gitaris Amerika yang bermain untuk band Exorcism, Raven Lord, HolyHell dan proyek solonya. Stump bermain dengan gaya yang mirip dengan Yngwie Malmsteen dan telah merilis album dengan bandnya, Reign of Terror, juga dengan band pertamanya dari Boston bernama Trash Broadway.


Pada awalnya dia mendengarkan permainan gitaris-gitaris seperti Jimi Hendrix, Ritchie Blackmore, dan Michael Schenker (UFO). Dia tumbuh di Long Island. Saat remaja dia keluar dari sekolah dan bermain di beberapa band local untuk sesaat. Dia bermain bersama band Trash Broadway untuk sesaat pada 1989 dan merilis satu buah album. Trash Broadway teken kontrak dengan label asal New York Torrid Records. Torrid Records juga mengontrak Exodus, Mucky Pup dan Hades.


Kemudian dia belajar ke Berklee College of Music di Boston saat berusia 17 tahun dan mempelajari jaz dan fusion dengan mempelajari pola permainan gitaris-gitaris seperti Al Di Meola dan John McLaughlin. Saat lulus dari Berklee dia memutuskan untuk memainkan musik rock daripada jazz dan fusion. Dia mulai mendengarkan secara eksklusif gaya permainan Ritchie Blackmore, Gary Moore, Uli Roth, dan Michael Schenker.


Pada umumnya, orang-orang berpikir bahwa gaya permainannya terpengaruh oleh Yngwie Malmsteen. Tapi dia mengatakan bahwa dia terpengaruh oleh orang yang sama yang mempengaruhi Yngwie. Dia mengatakan bahwa dia sangat terpengaruh oleh Ritchie Blackmore dan Gary Moore dibandingkan dengan Yngwie. Dia juga terpengaruh oleh Paganini dan Bach, seperti yang Yngwie mainkan.


Disamping membuat rekaman dia juga mengajar di Berklee College of Music, memberikan les prifat, klinik dan seminar yang berhubungan dengan gitar. Salah satu muridnya dari Berklee adalah Gus G (Firewind, Ozzy Osbourne). Dia melakukan klinik di Amerika dan Jepang dan dimanapun dia melakukan tur, dia melakukan klinik untuk ESP karena dia didukung oleh ESP Guitar.


Album-album gitar favoritnya adalah “Made In Japan” oleh Deep Purple, Corridors of Power” dan “We Want Moore” oleh Gary Moore.


Gitaris yang dikagumi Joe Stump adalah David Chastain, Jason Becker, Joe Satriani, Steve Vai, Yngwie Malmsteen, John Norum dan Eric Johnson.


Joe Stump telah menghasilkan 13 buah album solo. Dengan Reign of Terror telah merilis 4 buah album studio. Dengan Shooting Hemlock telah merilis 1 buah album dan bersama HolyHell telah merilis 2 buah album Joe Stump juga sering menjadi bintang tamu di album-album milik musisi/band lain seperti: David Shankle Group, Jack Starr’s Burning Starr, Michael Angelo Batio dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...