Laman

Rabu, 02 Desember 2015

CHRIS POLAND


Dilahirkan dengan nama Christopher Poland pada 1 Desember 1957 di Dunkirk, New York. AS.

Poland mulai bermain gitar di SMA di Dunkirk, New York. Dia kemudian menggantikan mantan seorang instruktur gitar, Richard "Max" Maxfield, di Cambridge, power trio rock/jazz asal NY, Welkin. Dia pindah ke Los Angeles di tahun 1977, dimana mulai 1977 hingga 1982 dia adalah gitaris utama di The New Yorkers, sebuah band Jazz/Rock fusion, juga menampilkan Robert Pagliari pada fretless bass, Gar Samulson pada drum, Stu Samuelson pada gitar, dan Don Roper pada saksofone; James Pollack (sax) dan Luis Vaskin (trumper) kemudian masuk di versi berikutnya dari The New Yorkers, yang merekam 2 demo studio. Dia berkata bahwa dia mempelajari timing, ritem dan 'feel' dari bermain dengan Gar dan menambahkan bahwa bermain dengannya membuatnya menjadi seorang pemain yang lebih baik. Bahkan sebelum The New Yorkers, Poland dan Samuelson bermain bersama di berbagai band di the Dunkirk, NY.




Di tahun 1984, teman seband Poland di the New Yorkers, gar Samuelson, menjadi drumer band thrash metal Megadeth. Megadeth telah dibentuk di tahun sebelumnya oleh Dave Mustaine, mantan gitaris utama sesama band thrash metal Metallica. Setelah melihat Samuelson manggung dengan Megadeth, Poland pergi ke belakang panggung dan menginginkan mengikuti audisi sebagai gitaris utama. Poland kemudian menjadi anggota penuh band, bersama dengan Samuelson, Mustaine, dan pemain bass David Ellefson.

Di tahun 1985, Megadeth merilis album pertama mereka Killing Is My Business... And Business Is Good!, yang memamerkan gaya permainan dinamis Poland. Namun, Poland meninggalkan band selama tur untuk mendukung album itu karena perselisihan bisnis dan untuk sementara digantikan oleh gitaris Mike Albert. Poland kemudian bergabung kembali dengan band untuk merekam album kedua mereka Peace Sells... But Who's Buying? di tahun 1986. Album ini diakui kritkus untuk kerumitan alat musik dan lirik, dan kini dianggap secara luas sebagai salah satu rekaman thrash metal yang menentukan. Poland sering berkomentar di wawancara bahwa faktanya band telah memainkan lagu-lagu dari album Peace Sells secara live bahkan sebelum rekaman ini direkam; ini membantu rekaman studio memiliki tampilan yang kuat. Allmusic menyebut Peace Sells...But Who's Buying? sebagai "One of the Most influental metal albums of its decade, and ceratinly one of the few truly definitive thrash albums".



Mustaine kemudian menyebut Poland sebagai "an amazing guitar player-he can play circles around me". Namun, hubungan Poland dan Samuelson dengan Mustaine dan Ellefson memburuk, karena makin meningkatnya ketergantungan akan obat di seluruh anggota band dan sengketa keuangan band.



Di bulan Juli 1987, sebuah konflik timbul antara Mustaine dan Poland karena kontrak T-shirt yang diklaim Poland telah ditinggalkan. Poland keluar dari band sebagai protes yang membawa persengketaan antara kedua musisi tersebut. Untuk album Megadeth ketiga, So Far, So Good... So What! Mustaine menulis sebuah lagu berjudul 'Liar" tentang penggunaan obat dan gaya hidup Poland. Mustaine secara reguler mendedikasikan lagu itu kepada Poland selama manggung.



Setelah meninggalkan Megadeth, Poland secara sukses dirawat karena penyalahgunaan zat adiktif itu, dan bergabung dengan legenda punk rock The Circle Jerks sebagai pemain bass. Walaupun dia tidak rekaman dengan grup terdapat beberapa bootleg dan video di YouTube yang menampilkan Poland pada bass dengan The Circle Jerks. Sebagian besar ditulis di jalanan saat dengan The Circle Jerks, di tahun 1990, Poland merilis Return to Metalopolis, musik yang direkam pertama kali setelah Megadeth. Return to Metalopolis dengan baik dideskripsikan sebagai album heavy metal/jazz fusion dimana Poland mendeskripsikan sebagai energi/ide yang tidak dapat dia eksplorasi dengan Megadeth. Tak lama setelah rekaman Return to Metalopolis,Poland setuju untuk merekam demo untuk album keempat Megadeth, Rust in Peace, tapi dibatalkan dan menjadi yang pertama dari dua tawaran untuk bergabung kembali dengan band secara permanen (ini disebabkan karena dia berkonsentrasi pada album solonya, dan fakta bahwa, karena sebagian besar musik dan aransemen telah selesai ditulis, Poland merasa bahwa cakupan masukannya alan terbatas). Gitaris Marty Friedman bergabung dengan Megadeth kemudian di tahun itu, dan mengadaptasi sebagain solo gitar Poland untuk versi rilisan Rust in Peace, yang menjadi album Megadeth yang sangat dipuji oleh para kritikus. Demo yang direkam untuk rekaman "Rust in Peace dapat ditemui sebagai lagu bonus dari versi remaster "Rust in Peace", yang dirilis oleh Mustaine tanpa ijin Poland, di tahun 2004.



Di pertengahan hingga akhir 1990an, Poland mengerjakan proyek musik kolaborasi lainnya, antara lain band progressive rock/progressive metal Damn the Machine, dengan David Randi pada bass, dan David Judson Clemmons sebagai vokalis dan gitaris. Di tahun 1993, band merilis album debut mereka (di A&M Records), dengan lirik tentang politik yang kuat. Mereka juga merilis rekaman promosi, menampilkan versi cover "I'd Love to Change the World" milik band blues rock Ten Years Aster, dan "Cat Food" milik band progressive rock/jazz fusion King Crimson. Damn the Machine melakukan tur di Eropa dengan Dream Theater di tahun 1993 dan AS dengan band Voivod dan Flotsam and Jetsam. Ada sebuah album B-side dari rekaman debut dan juga latihan dari beberapa lagu yang dikerjakan untuk album berikutnya tapi tidak pernah dirilis.

Setelah kepergian Dave Clemmons dari band, anggota yang tersisa merekrut vokalis baru, John Skipp (juga dikenal sebagai penulis naskah novel horor dan film), dan terbentuk kembali sebagai Mumbo's Brain, merekam Excerpts From The Book of Mumbo di tahun 1995. Band dibubarkan menyusul kepergian David Randi, dan John Skipp. Walaupun banyak trek asli telah ditulis, dan direkam secara profesional, atau hanya demo sebagai latihan, hanya kurang dari 10 lagu yang secara resmi dirilis via kaset "Excerpts From the Book of Mumbo dan sebagai bagian dari rilisan Chris Poland tahun 1999 di Grooveyard Records, "Rare Trax".

Di tahun 1999, kurang dari 10 tahun setelah perilisan Return to Metalopolis, Poland merilis album solo keduanya, Chasing the Sun. Poland saat ini adalah anggota band rock/jazz fusion, OHM, yang dibentuk pada 1997, dengan Poland pada gitar, Koko Bermejo pada drum dan Robertino Pagliari pada fretless bass guitar. Mereka merilis album debut self-title mereka di tahun 2003 (dengan David Eagle pada drum), diikuti oleh Amino Acid Flashback di tahun 2005 (dengan Kofi Baker pada drum), dan Circus of Sound di tahun 2008 (dengan Kofi Baker, Frank Briggs, dan Joel Taylor pada drum). 

Di tahun 2003, Poland menampilkan solo gitar pada Purified dari album Lamb of God, As The Palaces Burn. Tahun berikutnya, dia berkontribusi di album Lamb of God berikutnya, Ashes of the Wake, dengan solo gitar di instrimental "Ashes of the Wake".

Kejutan terjadi di tahun 2004, Dave Mustaine meminta Poland untuk merekam solo gitar untuk rekaman Megadeth The System Has Failed, album Megadeth pertama yang tidak menampilkan pemain bass asli dan anggota pendiri David Ellefson. Poland merekam solo pada basisi kontrak, tapi tidak bergabung kembali dengan band.

Di tahun 2008, Poland muncul di Misty Mountain Hope: A Millennium Tribute to Led Zeppelin oleh band heavyb metal Harry Slash & The Slashstones. Tahun berikutnya, dia merekam sebuah lagu untuk rekaman kompilasi Guitars That Ate My Brain (yang juga menyertakan lagu oleh gitaris Bumblefoot-nya Guns N' Roses, saat itu).

Di tahun 2009, Poland menampilkan OHMphrey, sebuah proyek sampingan dengan Robby Pagliari dari OHM, dan Jake Cinninger, Kris Myers, dan Joel Cummins dari band progressive rock Umphrey's McGee. Album debut OHMphrey, dirilis melalui Magna Carta Records pada 19 Mei 2009. Di tahun 2012, OHMphrey merilis album susulan, "Posthaste".

Di tahun 2013, Ted Kirpatrick dari Tourniquet mengumumkan bahwa Chris Poland akan merekam solo gitar untuk albumnya "Onward to Freedom".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...