Laman

Kamis, 03 Desember 2015

RAY GILLEN




Walaupun vokalis Ray Gillen pertama kali terjun ke blantika musik via legenda heavy metal Black Sabbath, dia adalah penyanyi blues-rock (a la Robert Plant, Paul Rodgers, Steve Marriott), seperti yang telah dia buktikan di Badlands.

Lahir pada 12 Mei 1961 di Cliffside Park, NJ, Gillen mulai menyanyi dalam band saat remaja terinspirasi oleh band-band seperti Bad Company, Deep Purple, dan Led Zeppelin. Pada awal 1980-an, Gillen menjadi vokalis beberapa band cover regional, salah satunya bernama Harlett, dan pada 1985 dia bergabung dengan band Rondinelli, yang dibentuk oleh mantan dramer Rainbow Bobby Rondinelli. Tapi sebelum band itu dapat melakukan rekaman, Gillen menerima sebuah tawaran untuk bergabung dengan Black Sabbath pada akhir 1986 (anehnya, dia juga mendapat tawaran peran utama dalam musical Broadway terkenal Cats di saat bersamaan). Walaupun gitaris Tony Iommi adalah anggota asli Black Sabbath yang tersisa saat itu, mereka melakukan tur antar arena keliling dunia, saat Gillen memberikan bakat vokalnya untuk rilisan Sabbath pada 1987, The Eternal Idol.



Tapi keterlibatan Gillen dengan Sabbath tidak berlangsung lama, saat dia keluar untuk bergabung dengan mantan gitaris Whitesnake John Sykes di Blue Murder. Tapi sekali lagi, sebelum grup baru mengeluarkan album, Gillen pergi. Dia muncul di proyek all-star Phenomena II: Dream Runner, yang meliputi penampilan para rocker klasik seperti John Wetton dari King Crimson/Asia, Glenn Hughes mantan Deep Purple (sebenarnya Hughes yang digantikan Gillen di Black Sabbath), dan Scott Gorham dari Thin Lizzy. Tapi ini tak lama sebelum Gillen menjadi bagian panjang dari sebuah grup rock yang permanen.



Gillen bergabung dengan mantan gitaris Ozzy Osbourne, Jake E. Lee (bersama dengan mantan rekan satu bandnya di Sabbath dramer Eric Singer, dan bassis Greg Chaisson) di Badlands. Tidak mengikuti langkah heavy metal mereka di masa lalu, Badlands lebih berorientasi rock klasik/blues-rock, kembali ke sound yang menjadi inspirasi orisinil mereka. Pada 1989 dirilis debut album kuartet ini via cabang Atlantic Records, Titanium Records, dengan MTV memberi jam tayang video untuk lagu nge-rock “Dream In The Dark” dan balada pola Led Zeppelin “Winter’s Call,” dan album terjual biasa-biasa saja (walaupun grup menikmati sukses besar di Jepang). Tapi dengan karir yang menjanjikan di hadapan mereka, grup hanya merilis satu album lagi pada 1991, Voodoo Highway, sebelum bubar (sebuah album ketiga yang tidak dirilis, Dusk, dirilis pada 2000).

Pada saat Bandlands bubar, Gillen muncul pada album milik Atsushi Yokozeki (Raid) dan mantan shredder Dokken George Lynch (Sacred Groove), sebelum membentuk band berbasis di Los Angeles yang singkat, Tariff. Tak lama setelah kembali ke East Coast pada 1993, Gillen membentuk Sun Red Sun dengan mantan bassis Alice In Chains Mike Starr, gitaris Al Romano, dan mantan rekan satu band di Rondinelli, dramer Bobby Rondinelli. Tapi saat grup baru ini masih belum jelas, Gillen didiagnosa menderita HIV dan pada 3 Desember 1993, dia meninggal di rumahnya di New Jersey karena komplikasi yang berhubungan dengan AIDS. Saat itu dia berusi 32 tahun.



Sebuah penghormatan untuk mengenang Ray Gillen diprakarsai pada Februari 1994 oleh Glenn Hughes, menampilkan pertunjukan dari Sebastian Bach dari Skid Row, mantan gitaris Mariah Carey Paul Pescoe, dan band milik Hughes yang baru terbentuk kembali Trapeze. Pada 1995 dirilis album debut Sun Red Sun (diikuti pada 2000 album kedua, Lost Tracks), dan satu tahun kemudian, sebuah album demo yang telah direkam Gillen dengan Rondinelli pada 1985, War Dance, diedarkan.
Diskografi
dengan F-66
  • "Give It A Try" b/w "It Doesn't Matter" (1980) 7" single
dengan Rondinelli
  • Wardance (Recorded circa 1985, released 1996)
dengan Black Sabbath
  • The Eternal Idol (Released as Disc 2 on Deluxe Version of "The Eternal Idol" November 2010)
  • The laughing section of "Nightmare" on The Eternal Idol (Released Version) (1987)
  • "Live at The Hammersmith Odeon, 2nd June 1986" (Released as Disc 2 on Deluxe Version of "Seventh Star" November 2010)
dengan Phenomena
  • Dream Runner (1987)
dengan Savatage
  • "Strange Wings" on Hall of the Mountain King (1987)
dengan Blue Murder
  • It's Too Late (demo) (recorded circa 1988)
dengan Badlands
  • Badlands (1989)
  • Voodoo Highway (1991)
  • Dusk (1998)
dengan George Lynch
  • "Flesh and Blood" on Sacred Groove (1993)
dengan Atsushi Yokozeki Project
  • "Heartbreak" on Raid (1993)
dengan Raging Slab
  • "Shiny Mama" (1989)
dengan Sun Red Sun
  • Sun Red Sun (1995)
dengan Nuclear Assault

·         gang vocals on "Chaos" on Something Wicked (1993)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...