Laman

Jumat, 04 Desember 2015

GEORGE LYNCH




Dilahirkan pada 28 September 1954 di Spokane, Washington, AS. Dia dikenal akan karyanya dengan band heavy metal Dokken dan bandnya Lynch Mob. Lynch dianggap sebagai salah satu gitaris metal 80-an yang berpengaruh dan terkenal. Dia terkenal untuk gaya permainannya yang unik dan sound gitarnya. Dia berada di rangking No. 47 dalam "100 greatest guitarists of all time" oleh majalah Guitar World juga berada di rangking No. 10 dalam "Top 10 Metal Guitarists of All Time" oleh Gibson.

Dia dibesarkan di kota kecil Auburn, California. Gitaris Great White Mark Kendall mengklaim George memulai two-hand tapping sebelum Eddie Van Halen. Dua kali Lynch ikut audisi untuk posisi gitaris utama Ozzy osbourne, pertama pada 1979 - kalah dari Randy Rhoads - dan lain waktu pada 1982 untuk menggantikan Brad Gillis. Menurut Lynch, dia disewa selama 3 hari sebelum Ozzy merubah pikirannya dan memutuskan memilih Jake E. Lee. Saat kalah dari Randy Rhoads, Lynch akhirnya mengajar gitar di sekolah milik ibu Randy. Pada akhir 1979 Lynch bermain di sebuah band bernama The Boyz, bekerja di klub Sunset Strip di LA, bersama sesama band seperti Van Halen dan Quiet Riot. The Boyz memainkan sebuah show untuk Gene Simmons dari Kiss dan labelnya yang baru berdiri. Van Halen membuka show itu dan Gene memilih untuk tidak bertahan dan melihat The Boyz. Setelah ini dia membentuk Xciter sebelum bergabung dengan Dokken.



Lynch menjadi terkenal di 1980an melalaui karyanya sebagai gitaris utama band Dokken (dimana dia menjadi anggota sejak 1980). Dokken mempunyai sejumlah album platinum seperti Under Lock And Key dan Back for the Attack, yang menampilkan karya gitar utama yang berdaya cipta dan memantapkan reputasinya sebagai seorang pahlawan gitar yang bonafid. Trek isntrumental "Mr. Scary" di Back for the Attack berkonstribusi pada popularistasnya diantara para gitaris. Dokken memperoleh sebuah nominasi Grammy untuk Best Metal Performance pada 1990.

Di saat band mendapatkan ketenaran, mereka berpisah pada Maret 1989 karena ketegangan internal dengan vokalis utama Don Dokken. Lynch membentuk band hard rock miliknya Lynch Mob yang berbeda dari Dokken dalam kerumitan lirik dan gitar, materi subyek, struktur lagu, dan penulisan lagu. Lynch kemudian beristirahat dan istrinya melahirkan bayi perempuan yang diberi nama Mariah Lynch. Setelah beberapa tahun menghabiskan waktu dengan keluarganya dia kembali berkarya. Pada 1993, Lynch merilis album solo pertamanya, Sacred Groove.



Pada 1994, setelah Don Dokken, Jeff Pilson dan Mick Brown melakukan reuni, mereka memutuskan untuk membawa kembali Lynch ke dalam band sebagai reuni sejati Dokken. Lynch setuju untuk mengabaikan semua perbedaan. Versi reuni Dokken teken kontrak dengan label Columbia/Sony dan mereka merilis Dysfunctional. Sayangnya album itu tidak sesuai dengan harapan dan band diputus kontrak oleh label. Dokken kemudian teken kontrak dengan CMC International dan merilis sebuah album unplugged dari show di 1994 berjudul One Live Night. Pada 1996 band masuk studio dan menyewa produser Kelly Gray. Gray bersama dengan Lynch, Pilson dan Brown ingin membawa Dokken ke arah musikal baru karena kecemasan vokalis dan pendiri Don Dokken dan merilis Shadowlife dan berubah dari melodic rock ke sound yang lebih alternatif. Lynch masih punya waktu di klinik gitar untuk ESP Guitar dan hadir di show tahunan NAMM. Pada 1997, ketegangan terjadi lagi antara Don dan Lynch yang membawa Lynch keluar dari Dokken dan digantikan oleh mantan gitaris Europe John Norum, yang bermain di album Don Dokken "Up From The Ashes". Menurut Don, dia merasa Lynch ingin menghancurkan Dokken dan menurut perkataan Lynch mengenai album Shadowlife sebagai album sempurna untuk menghancurkan Dokken.

Kemudian Lynch memanggil para mantan anggota Lynch Mob, Oni Logan, Anthony Esposito dan Mick Brown untuk reuni Lynch Mob. Grup ini masuk studio dan membuat 3 buah lagu demo. Namun Logan memutuskan untuk meninggalkan band untuk mengejar proyek lain sebelum album dapat diselesaikan. Mick Brown memutuskan bertahan dengan Dokken. George membuat 13 jadwal tur Lynch Mob pada 1998 dengan vokalis Artension John West, Anthony Esposito dan yang lainnya.

Dia juga membentuk sebuah proyek dengan mantan bassis Dokken Jeff Pilson, merilis album Wicked Underground pada 2003 dibawah nama Lynch/Pilson. Pada 2005, Lynch merilis album Furious George, sebuah album cover, berisi lagu-lagu rock klasik dari ZZ Top, Jimmy Hendrix, The Beatles, AC/DC dan Led Zeppelin.



Pada 2008, Let the Truth Be Known dirilis dibawah nama Souls of We menampilkan lineup London LeGrand (vokal), Johnny Chow (bass), dan Yael (drum) dan sejumlah kontribusi dari musisi tamu. Meskipun ini adalah band baru dan album baru, pada awal musim gugur 2008 Lynch melakukan tur dengan Lynch Mob yang baru terbentuk kembali yang terdiri dari penyanyi orisinil Oni Logan, bassis Marco Mendoza dan dramer Scott Coogan. Sebuah album Lynch Mob baru, berjudul Smoke and Mirrors, dirilis pada Oktober 2009 dengan Oni Logan sebagai vokalis utama.



Pada 2009 Lynch merekam trek gitar utama dan ritem untuk tujuh lagu yang muncul di album debut dari penyanyi indie rock Raven Quinn. Album selt-title dirilis pada 4 Maret 2010.

Lynch melaukan tur di musim semi 2010 dengan Souls of We dan di musim panas dan musim gugur melakukan tur dengan Lynch Mob.

Juga di 2010, dia muncul di sebuah album tribute, Siam Shade Tribute, untuk band rock asal Jepang Siam Shade.

George saat ini tinggal di dekat Los Angeles dimana dia menciptakan website pelajaran gitar bernama the Dojo. Lynch juga mulai membuat seni buatan tangan untuk gitarnya, dipasarkan di bawah merek Mr. Scary Guitars, yang dia buat sendiri di fasilitas ESP Guitars USA.

Pada November 2009, selama encore di sebuah show Dokken di The House of Blues di Anaheim, George Lynch dan Jeff Pilson ikut dengan Mick Brown dan Dokken untuk 2 lagu. Lineup "glory days" bersatu di atas panggung untuk pertama kalinya dalam 12 tahun. Pada awal 2010, Lynch mengumumkan sebuah reuni lineup "glory days". Pengumuman itu diikuti dengan sebuah penolakan pada 24 Febrauri. Sebuah reuni yang rencananya akan dilakukan pada akhir 2010 batal, saat Lynch merilis sebuah pernyataan di website nya mengklaim bahwa Don Dokken tidak ingin melakukan sebuah reuni.

T & N dibentuk dari 3/4 lineup Dokken klasik yakni Lynch, Jeff Pilson dan Mick Brown. Pada Desember 2011, mereka mengumumkan sebuah rencana untuk sebuah album studio yang akan dirilis pada 2012. Nama asli trio itu adalah Tooth & Nail, tapi karena masalah hukum dengan band lain yang telah mempunyai nama yang sama, Tooth & Nail diperpendek menjadi T & N di Maret 2012. Mereka merilis album Slave to the Empire pada 31 Oktober 2012.



Tahun 2014 terdapat sebuah rilisan album debut KXM, proyek bintang milik Lynch dengan vokalis/bassis Doug Pinnick dari King's X dan dramer Ray Luzier dari Korn. Lynch juga mengumumnkan sebuah proyek lain, The Infidels, dengan seksi ritem War Pancho Tomaselli dan Sal Rodriguez, dan raper Sen Dog dari Cypress Hill.



Lynch telah menyelesaikan sebuah album baru dengan frontman Stryper Michael Sweet. Only to Rise dirilis pada 27 Januari 2015 oleh Frontiers Records dibawah nama Sweet & Lynch. Lineup rekaman juga ada mantan seksi ritem Pride & Glory yakni James Lomenzo dan Brian Tichy masing-masing pada bass dan drum.



George menyebutkan Jimi Hendrix, Randy Rhoads, Jeff Beck dan Michael Schenker, bersama dengan Eddie Van Halen, Allan Hodsworth, Jan Akkerman, Christopher Parkening, Al Di Meola, Roy Buchanan, Albert King, Frank Marino, Muddy Waters dan Yngwie Malmsteen sebagai bagian dari pengaruh musiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...