Laman

Senin, 07 Desember 2015

PHIL COLLEN





"Selalu menyukainya. Aku selalu mencintai apa yang terdengar dan setelah saya melihat pertunjukan pertama saya, Deep Purple, itu sangat berarti. Saya meminta kepada ibu dan ayah untuk gitar listrik selama dua tahun dan pada ulang tahun ke-16 saya ... saya punya gitar. "

-Phil Collen

Philip Kenneth Collen adalah pemula untuk semua standar, terutama jika Anda mempertimbangkan ikon status bintang rock saat ini sebagai gitaris utama untuk band rock-n-roll dunia bertatus multi-platinum. Lahir di Hackney, East London, Inggris pada 8 Desember 1957, Phil dipengaruhi oleh segala sesuatu dari Rolling Stones ke sound Motown ke glam rock, hard rock, punk, atau apa pun yang memiliki bakat. Dia mendapat gitar pertamanya pada usia 16 setelah mengganggu orangtuanya selama dua tahun. Ken, pengemudi truk lintas negara dan Connie, seorang ibu rumah tangga yang setia dibujuk bahwa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Hal ini terjadi setelah Collen dibawa ke konser rock pertamanya untuk melihat Deep Purple pada usia 14 oleh sepupunya. "Pengalaman itu mengubah hidup saya," kata Phil. 



Collen meninggalkan sekolah pada usia enam belas untuk bekerja di pabrik dan sebagai pengendara pengiriman. Dipengaruhi oleh pemain gitar seperti Ritchie Blackmore, Jimi Hendrix, dan Mick Ronson, ia segera mengembangkan gaya bermain gitar rock yang mencolok serta agresif. Phil berhenti dari pekerjaan dia melanjutkan tur sebagai gitaris dengan band post-punk glam rock berbasis di London, Girl. Collen bergabung Def Leppard pada tahun 1982 selama sesi rekaman album Pyromania, bermain solo gitar antara lain pada hits 'Photograph', 'Foolin'', dan' Rock Of Ages’. Pyromania adalah album terobosan Def Leppard dan merubah Def Leppard menjadi rock super-stars hampir setiap malam. Mereka menghabiskan musim panas 1983 di nomor 2 di tangga lagu Billboard, di belakang Thriller-nya Michael Jackson, album dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Pyromania terjual lebih dari 10 kali platinum dan menerima penghargaan Berlian di Amerika Serikat dan Kanada. 



Setelah tur Pyromania berakhir, tragedi menimpa band. Selama rekaman album Hysteria drummer Rick Allen kehilangan lengan kirinya dalam kecelakaan mobil pada malam tahun baru 1984. Band ini memilih untuk tidak menggantikan Rick. Ia kembali belajar cara bermain drum menggunakan kaki kiri untuk meniru perkusi lengan kiri. Dedikasinya untuk band terbayar dan pada rilis Hysteria, Def Leppard memiliki penjualan album terbaik hingga saat ini, merilis tujuh single dari album termasuk hits  terbesar 'Pour Some Sugar On Me' dan 'Love Bites'. Band ini menerima album berlian kedua mereka, menjual lebih dari dua belas juta kopi di Amerika Serikat saja, menempatkan mereka dalam sebuah kelompok eksklusif dari hanya enam band yang pernah meraih dua album berlian di Amerika. Def Leppard sekarang ada dia antara elit rock-n-roll ini antara lain The Beatles, Led Zeppelin, Pink Floyd, The Eagles, dan Van Halen. 




Keberuntungan dan ketenaran, bagaimanapun, sering memiliki harga yang harus dibayar, dan tragedi menyerang band lagi. Saat menciptakan lagu untuk album Adrenalize, Steve Clark ditemukan tewas di rumahnya di London karena campuran obat penghilang rasa sakit dan alkohol. Clark telah menjadi sahabat dan mitra gitar Phil dalam band. Pasangan ini telah dijuluki 'The Terror Twins' karena "on tour shinnanigans " mereka. Segera nama itu menjadi identik dan permainan gitar gitar klasik harmonik mereka dikenal sebagai 'sound Def Leppard'. Adrenalize dirilis dengan Phil Collen merekam bagian gitar untuk dua orang gitaris dan album nomor satu di Amerika Serikat selama L.A. riots di tahun 1992.



Tahun sembilan puluhan mereka juga merilis album Slang dan kumpulan lagu pernah terkenal Vault, album greatest hits Def Leppard ini yang telah mencapai status quadruple platinum di Amerika Serikat.

Memperluas jangkauan mereka Def Leppard berkolaborasi dengan dua superstar musik country. Tim McGraw tampil di single mereka ‘Nine Lives’ dari album Sparkle Lounge sementara Taylor Swift bekerja sama dengan band merilis swapping hits di Crossroads milik CMT yang juga telah dirilis sebagai DVD dan band mengumpulkan dua nominasi CMT. 



Collen telah terlibat dalam beberapa proyek sampingan selama karirnya, terutama band Man Raze, dibentuk sebagai kolaborasi bersama dengan mantan rekan seband di Girl, Simon Laffy sebagai bassis dan drummer Paul Cook dari Sex Pistols. Debut album band Surreal telah dirilis di Amerika Serikat dan Inggris untuk mendapatkan ulasan kritis yang membandingkan band The Police, Foo Fighters, dan The Clash. Phil Collen adalah satu-satunya artis yang bermain dua kali di tahun 2009 di Download Festival dengan kedua band, Manraze dan Def Leppard. 



Pada tahun 1990, Collen ikut memproduseri album On the Edge milik band Australia, BB Steal.
 
Pada tahun 1991, Collen menawarkan lagu yang ditulisnya, "Miss You In A Heartbeat" untuk band The Law, yang ditampilkan di album self-titled band. Album adalah satu-satunya rilisan band. "Miss You In A Heartbeat" kemudian direkam dan dirilis oleh Def Leppard.
 
Pada tahun 1993, Collen menjadi eksekutif produser untuk album Sublime To The Ridiculous untuk band, Sheer Greed, terdiri dari mantan anggota Girl, sebauh band yang terkait dengan Collen pada awal karirnya. 

Collen juga bekerja di proyek sampingan dengan penyanyi Def Leppard Joe Elliott. Salah satunya proyek terbaru adalah penghormatan untuk David Bowie dan Mick Ronson. Dia dan Elliott juga bergabung dengan Trevor Bolder dan Mick "Woody" Woodmansey dari Spider dari Mars dan kibordis Dick Decent untuk membentuk band Cybernauts. Pada tahun 2001 mereka merilis album live dari lagu-lagu Bowie. 

Pada tahun 1996, Collen tampil sebagai gitaris pada Jeffology: A Guitar Chronicle album - sebuah album tribute untuk Jeff Beck. Collen tampil pada single, "Cause We’ve Ended As Lovers" dari album ini. 

Pada tahun 2010, Collen merekam lagu "Hard Times Celebrate" dengan rapper Bazaar Royale, tampil pada album "The Ride." 

Phil Collen membentuk proyek musik blues dengan nama Delta Deep dengan vokalis Debbi Blackwell Cook yang merilis debut pada tahun 2015. Di album ini vokalis Whitesnake David Coverdale ikut menyumbangkan suaranya pada sebuah lagu.

Collen saat ini tinggal di Southern California, di Orange County, di mana ia telah tinggal selama 25 tahun. Menurut Collen, "aku hampir menjadi orang California sekarang." Dia memiliki empat anak; Rory (lahir 1990), Samantha (lahir 2004), Savannah (lahir 2009), Charlotte (lahir 2015). Ia menikah dengan Jacqueline Collen-Tarolly (1989) dan Anita Thomas-Collen (1999). Dia menikah dengan aktris desainer kostum Helen L. Simmons pada tahun 2010. 



Collen telah bekerja dengan PETA untuk mempromosikan vegetarianisme. Collen juga buta warna.
 
Di hari-hari belakangan  ada minat yang intensif dalam kesehatan dan diet bagi Phil Collen seperti dalam musik dan ekspresi artistik. Phil berlatih dan mempraktekkan Muay Thai kickboxer dan memanfaatkan latihan berat tiga kali latihan sehari, tujuh hari seminggu di bawah pengawasan pelatihnya yang juara Muay Thai kickboxing, Jean Carrillo untuk mendapatkan dan mempertahankan tingkat kebugaran saat ini. 

Phil Collen telah menjadi vegetarian selama 27 tahun dan selama 22 tahun bebas alkohol, menghilangkan mitos klasik 'rockstar' pada umumnya terbuka lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...