Laman

Minggu, 06 Desember 2015

NITA STRAUSS





Gitaris wanita asal Amerika ini dilahirkan di Los Angeles, California pada 7 Desember 1986. Nita Strauss memulai karir permainan gitarnya saat bermain di sebuah pertunjukan metal di usia 13 tahun saat ayahnya yang juga seorang musisi membelikannya gitar, dan Nita sangat menyukai film Crosroads; dia tidak mengambil pelatihan musik formal atau memasuki sekolah musik.



Awalnya dia memulai memainkan "Smells Like Teen Spirit" tapi saat dia melihat Steve Vai di film Crossroads, dia mulai untuk mempelajari shred dari video-video gitar milik Steve Vai, Marty Friedman, Jason Becker, Joe Satriani, dan Paul Gilbert.

Di tahun 2009, Strauss menjadi anggota tur untuk band As Blood Runs Black, bermain di Eropa dan kemudian di tahun 2010 di Bamboozle West yang terkenal di Angel Stadium di Anaheim, CA.

Juga di tahun 2010 Strauss dipilih langsung oleh untuk bergabung dengan Jermaine Jackson dan anggota band Michael Jackson untuk serangkaian pertunjukan khusus di stadion di Afrika.


Kemudian di tahun 2011 Strauss diundang sebagai penampil tamu dengan The Iron Maidens, setelah itu Nita Strauss menjadi anggota band itu. Sebagai salah satu anggota The Iron Maidens, nama panggungnya adalah "Mega Murray", versi wanita dari gitaris Iron Maiden Dave Murray. Strauss bekerja dengan Courtney Cox, juga dikenal sebagai "Adriana Smith", seorang versi wanita dari gitaris Iron Maiden Adrian Smith.


Di tahun 2012 Nita Strauss tergabung dalam sebuah band asal Los Angeles, CA bernama Kill Slowly. Band ini beranggotakan Nita (gitar), Melissa Rose (vokal), Katt Scarlett Couture (kibord), Sara Beth (bass) dan Kirsten Schluter (drums).



Di tahun 2012 juga, Nita tergabung dalam sebuah band bernama Consume The Fire, yang terdiri dari Carl Bensley (vokal, mantan Instinct of Aggression, Dave Delacruz (mantan Silent Civilian), Kyle Konkiel (bass, mantan In This Moment), Franzose Damien Rainaud (drums, Matan Hamka), dan tentu saja Nita pada gitar.

Di tahun 2013 Strauss menjadi anggota band Critical Hit, didirikan oleh komposer World of Warcraft Jason Hayes dan "Piano Squall" alias Michael Gluck, menampilkan aransemen dari musik video game.



Juga di tahun 2013 Strauss diundang untuk bergabung dengan Femme Fatale dengan Courtney Cox.

Di tahun 2014 menandatangani kontrak sebagai gitaris in-house resmi untuk arena tim football Los Angeles Kiss, yang dimiliki oleh Gene Simmons dan Paul Stanley dari Kiss.


Di bulan Juni 2014, diumumkan bahwa Nita akan menggantikan Orianthi sebagai gitaris tur Alice Cooper untuk jadwal tur tahun 2014.



Kemampuan permainan gitarnya membuatnya bisa bermain di berbagai pertunjukan di AS, UK, Eropa, Asia, Amerika Selatan, Afrika dan kepulauan Karibia.

Nita sudah tampil di banyak iklan komersil dan pada banyak album, cuplikan film, dan soundtrack, yang paling baru di game komputer Heroes of the Storm (Blizzard Entertainment) dan nominasi Grammy Metal Gear Rising: Revengeance (Konami/Platinum Games), dan penulis kolom Premier Guitar "Drop Dead Shred".

Dia juga ada di rangking No. 1 di daftar "10 Female Guitar Players You Should Know" yang diedarkan oleh majalah Guitar World, dan telah tampil di edaran tahunan "Hottest Chicks in Hard Rock" dan kalendar oleh majalah Revolver untuk 2 tahun terakhir. Strauss sudah lama menjadi endorsee dari seri signature Ibanez.

Strauss juga bermain sebagai gitaris sewaan untuk banyak band lainnya seperti Dreaming Dead, Lacey Conner;s HALO, dan The Dreaming featuring Chris Hall dari Stabbing Westward. 

Di tahun 2015, dia menjadi gitaris tamu di album Vision of Speed and Thunder milik shredder Maxxxwell Carlisle di lagu "The Power of Metal Compels Me".
 

Inilah 10 album gitar yang merupakan favorit Nita Strauss
 
Animals As Leaders – Animals As Leaders (2009)



“Saya akan ketinggalan bila saya tidak meyebut album ini, tidak ada alasan lain dari pada untuk menunjukkan bahwa album gitar yang menjadi intisari masih keluar hingga hari ini. Musik Animals As Leaders mempunyai permainan gitar yang sangat menarik, titik. Teknik Tossin Abasi benar-benar gila.


“Tossin Abasi adalah seorang pendobrak, saya rasa. Hal yang sangat mengagumkan untuk melihat seseorang mengembangkan teknik memainkan gitar dan melakukannya dengan cara yang segar, cara baru. Dia melakukannya sendiri.”
 

Jason Becker – Perpetual Burn (1988)



“Saya menuliskan beberapa catatan untuk tiap album seleksi saya, dan untuk Perpetual Burn saya menulis sederhana, ‘Album ini, album ini, album ini!’


“Bahkan hari ini, album ini masih membuat saya takjub. Album yang lengkap secara artistik. Pada usia 17, setelah menjadi anggota Cacophony, Jason akhirnya menentukan gayanya dengan rekaman ini. Berpikir tentang tujuan : Pada usia dimana kebanyakan anak masih mencoba menggambarkan apa yang akan mereka lakukan dalam hidup mereka, Jason benar-benar peduli tentang siapa dirinya dan apa yang akan dia katakan – dan dia mengeksekusi segalanya dengan indah. Salah satu album terbaik yang pernah saya dengar.”


Marty Friedman – Dragon’s Kiss (1988)




“Saya hanya menyebut satu album oleh tiap artis pada daftar ini, tapi saya dapat memilih dengan mudah lima album oleh Marty Friedman. Saya adalah penggemarnya; dia seorang pemain gitar yang menarik. Dragon’s Kiss adalah album shred yang menakjubkan, tapi juga album dimana Marty membawa permainan shred menuju tempat yang baru.


“Terdapat skala yang eksotis dan teknik yang berbeda-sesuatu yang kontras secara nyata apa yang dilakukan seorang gitaris neo-klasik pada saat itu. Marty mempunyai karir yang panjang dan bervariasi, dan tentu saja, dia melakukan pekerjaan yang brilian dengan Megadeth, tapi pada album Dragon’s Kiss dia benar-benar bisa memisahkan diri dari kumpulan para shredder yang cepat.”


Frank Gambale – Passages (1994)




“Menyukai album ini dengan banyak pemain pada daftar saya, sulit bagi saya untuk memilih hanya satu album Frank Gambale. Kontribusinya kepada dunia shred dan gitar fusion sangat menakjubkan. Dia dapat memainkan sesuatu yang cepat, dia dapat memainkan sesuatu yang pelan dan sesuatu yang funky, tapi dia melakukannya dengan caranya sendiri yang unik.


“Passages adalah sebuah album yang bisa membuat saya lupa diri; nyatanya, saya suka mendengarkannya saat saya berkendara di malam hari-album yang bisa memindahkan saya ke tempat yang hebat. Frank mempunyai elemen shred, elemen jazz dan elemen fusion, tapi dia mencampurkan semua itu dan menjadi miliknya sendiri. Apa yang dia lakukan dapat dengan mudah dikategorikan, sungguh; hal tersebut menjadi ‘musik Frank Gambale.’”


Shawn Lane – Powers Of Ten (1992)



“Saya menulis untuk diri saya sendiri, ‘tidak bisa membicarakan album gitar yang menjadi intisari tanpa menyebut album Powers Of ten milik Shawn Lane.’ Apa yang dapat anda katakan tentang Shawn Lane? Dia adalah pemain teknikal yang sangat berbakat, tapi dia tidak pamer. Musik adalah ekstensi nyata bagi kepribadiannya.


“Dia bisa bermain dengan cepat, tentu saja. Jika saya mengingat dengar benar, dia adalah pemain gitar tercepat yang pernah melakukan rekaman; dia dapat memainkan 18 notasi per detik. Pikirkan itu: Dalam satu detik, dia memainkan 18 notasi-itu gila! Bagaimana seseorang melakukan ini? Bagaimana ini mungkin?


“Semua lick yangsangat cepat ada dalam rekaman ini, tapi apa yang lebih menakjubkan adalah betapa permainan dia yang penuh rasa. Untuk bagian yang besar, ini adalah album yang hebat, terpelajar dan gampang didengar. Kalian bahkan mungkin tidak berpikir ‘Ini adalah gitaris tercepat di dunia’ saat kalian mendengarnya, karena album ini adalah musik yang hebat. Dia sensasional.”


Liquid Tension Experiment – Liquid Tension Experiment (1998)



“Saya suka dengan kepribadian yang datang dari album ini – atau kepribadian-kepribadian, saya harus mengatakannya. Album yang secara total hebat dan pamer, tapi dengan cara yang bagus. Keriangan yang dirasakan semua pemain melompat ke arah anda.


“Ini adalah beberapa musisi yang sangat bagus di dunia ini yang bersama-sama dan mempunyai gejolak. Kalian dapat megatakan mereka menikmatinya dari judul-judul lagunya. Mereka mempunyai lima lagu yang berjudul Three Minues Warning, maka ada bagian satu, bagiam dua dan seterusnya. Itu berasal dari Tony Levin: Dia merasa frustasi karena yang lainnya ingin duduk dan membuat musik, dimana dia ingin nge-jam. Dia berkata, ‘jika kita mulai nge-jam dalam tiga menit, saya akan pergi.’ Dan mereka menggunakannya sebagai judul-itu sangat keren.”


Tony MacAlpine – Maximum Security (1987)



“Ada banyak rasa suka terhadap apa yang Tony mainkan, tapi yang sangat fantastis tentang album ini adalah permainan antara gitar dan kibor. Sebagai seorang gitaris yang brilian, Tony adalah seorang kibodis yang fenomenal – dia bermain dengan Vinnie Moore, Steve Vai, dan banyak lagi – dan cara dia menerapkan kedua bakat tersebut adalah menakjubkan.


“’Playful’ adalah kata lain yang datang ke pikiran anda. Anda dapat mengatakan  dia bersenang-senang dalam membuat musik ini, karena terdapat sebuah cahaya dalam intensitas. Saya berpikir hal itu karena dia menulis komposisi yang lengkap yang menggunakan suara lain seperti gitar; terdapat perbedaan suara dan rasa, mood yang berbeda. Bukannya dia tidak melakukan ‘shred’ – dia seorang monster shred, terutama album ini.


“Terdapat sangat banyak musikalitas dan keriangan dalam seluruh pendekatannya. Kalian tidak akan sanggup apa-apa kecuali tersenyum saat mendengarnya.”


Vinnie Moore – Meltdown (1991)



“Saya tetap bingung memilih antara rekaman ini dan Mind’s Eye. Keduanya sangat menakjubkan, tapi Meltdown serasa seperti lebih dari album gitar yang menjadi Intisari bagi saya. Vinnie telah menjadi anggota UFO, dan tentu saja, dia telah bermain dengan Alice Cooper, juga. Untuk siapapun yang tidak kenal dengan karyanya, ini adalah album yang hebat untuk memulainya.


“Satu hal yang hebat tentang album Meltdown adalah betapa banyaknya hook yang hebat, riff gitar yang catchy. Itu adalah hal yang sering kalian dengar di album yang berorientasi vocal, tapi rock gitar instrumental mempunyai riff yang sedikit. Saya tidak pernah mengerti hal itu, sungguh: Kalian memperoleh lagu latar dan beat dan solo, tapi dimana riff yang banyak?


“Saya rasa mereka ada di album Meltdown. Album yang dipaket dengan riff monster.”


Joe Satriani – Surfing With The Alien (1987)



“Ini adalah album musik gitar yang halus, encer dan mudah diingat yang pernah direkam. Album yang tidak hanya mengguncang duniamu dari sudut gitar; album yang membawa anda menuju perjalanan melody dan sound yang komplit. Anda bisa menyanyi bersama dengannya, sama seperti lagu-lagu yang mempunyai lirik. Mereka mengingatkan anda tentang lagu yang mempunyai lirik – betapa kuatnya melodi dalam album ini.


“Not Of This Earth, album pertama Joe, ada dalam daftar saya pertama kali, tapi rekaman tersebut agak lebih pamer, lebih menghentak. Album Surfing With The Alien lebih emosioal dan mengandung pengalaman, dan saya rasa itu karena lagu-lagu bukan sekedar kendaraan untuk seorang pemain gitar yang hebat.


“Tentu saja, dari sudut pandang gitar, semuanya mendebarkan hati. Ini adalah rekaman yang menjadi intisari saat saya menemukannya. Saat itu saya telah bermain gitar selama satu tahun atau lebih, dan reaksi saya tentang album ini adalah dramatis. Tapi tidak seperti beberapa orang. Saya tidak berpikir ‘Bagaimana saya bersaing dengan ini?’ Lebih kepada, ‘Wow, anda dapat melakukannya dengan gitar?’ Itu sangat menginspirasi saya dan memberi saya sesuatu untuk dimainkan.”


Steve Vai – Passion And Warfare (1990)



“Apa yang dapat saya katakan tentang Passion And Warfare? Ini adalah salah satu album yang hebat – dalam segala sudut. Orang yang mengenal saya tahu, saya penggemar berat Steve Vai. Saya mengenal gitar dengan menonton Crossroads dan kemudian dengan mendengar Steve dalam album ini. Dia mengagetkan saya tiada akhir.


“Lebih dari permainan gitarnya, adalah paket lengkap – sikapnya, kharismanya, cara otaknya bekerja. Semua itu ada dalam Passion And Warfare. Dampaknya terhadap diri saya tidak dapat dihitung. Setiap pemain gitar di dunia, mereka tahu atau tidak, telah terpengaruh oleh album ini.


“Komitmen Steve terhadap musiknya sangat besar bahwa dia melatih kecepatannya 10 hari sebelum merekam For The Love Of God. Itu menakjubkan. Saya mencobanya sendiri, tapi saya hanya sanggup tiga hari, dan saya minum jus, maka itu tidak dihitung.


“Saat kita berbicara tentang album gitar yang menjadi intisari, setiap rekaman Steve Vai dengan mudah dapat disebutkan. Tapi Passion And Warfare adalah jumlah dari semuanya yang hebat tentang gitar maupun Steve Vai. Penuh dengan semangat, cinta, kesenangan – seperti sebuah ledakan ekspresi. Dunia tidak akan sama tanpanya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...