Laman

Jumat, 04 Desember 2015

JOE SATRIANI



Lahir dengan nama Joseph Satriani pada 15 Juli 1956 di Westbury, New York, AS dari keturunan imigran Italia. Kakek-nenek dari pihak ayahnya berasal dari Piacenza dan Bobbio, sedangkan kakek-nenek dari pihak ibunya berasal dari Bari. Dia terinspirasi untuk bermain gitar pada usia 14 tahun, setelah mendengar kematian Jimi Hendrix. Dia mengatakan bahwa dia mendengar berita itu selama latihan football, dimana dia kemudian mengumumkan pada pelatihnya bahwa dia berhenti untuk menjadi gitaris. Pada 1974, Satriani mempelajari musik dengan gitaris jazz Billy Bauer dan pianis jazz Lennie Tristano. Secara teknis Tristano memiliki pengaruh besar pada permainan Satriani. Satrinaini mulai mengajar gitar, dengan muridya yang paling menonjol pada saat itu adalah sesama warga Long Island Steve Vai (keduanya juga berekolah di SMA yang sama). Saat dia mengajar Vai, dia juga belajar di Five Towns College untuk pelajaran musik.


Pada 1978, Satriani pindah ke Berkeley, California untuk menjalani karir musik. Segera setelah tiba di California, dia kembali mengajar. Murid-muridnya termasuk Kirk Hammet dari Metallica, David Bryson dari Counting Crows, Kevin Cadogan dari Third Eye Blind, Larry LaLonde dari Primus dan Possesses, Alex Skolnick dari Testament, Rick Hunolt (mantan Exodus), Phil Kettner dari Laaz Rockit, Geoff Tyson dari T-Ride, Charlie Hunter, David Turin dan Eric Kauschen.

Permainan Satriani terpengaruh oleh para ikon gitaris blues & rock seperti Jimi Hendrix, Brian May, Eric Clapton, Jimmy Page, Ritchie Blackmore dan Jeff beck, juga gitaris jazz fusion Allan Holdsworth.


Satriani mulai bermain di sebuah band asal San Fransisco bernama the Squares, dimana dia meneruskan untuk membuat jaringan kerja dan hubungan musik (penata suara Squares John Cuniberti ikut memproduseri album solo keduanya). Dia diundang untuk bergabung dengan Greg Kihn Band, yang mengalami penurunan karir mereka, yang pada akhirnya membantu Satriani untuk melunasi hutang kartu kredit Satriani dari rekaman album pertamanya Not of This Earth.

Pada 1987, album kedua Satriani Surfing with the Alien menghasilkan hit radio dan adalah rilisan instrumental pertama yang masuk tangga album tertinggi selama bertahun-tahun. Trek “Crushing Day” tampil di soundtrack film dengan anggaran kecil berjudul It Takes Two. Pada 1988 Satriani membantu untuk memproduseri EP The Eyes of Horror untuk band death metal Possessed. Tahun yang sama dia merilis sebuah EP berjudul Dreaming #11, yang menampilkan lagu “The Crush of Love”. Pada 1989, Satriani merilis album Flying in a Blue Dream. Dikatakan album ini terinspirasi oleh kematian ayahnya, yang meninggal pada 1989 selama rekaman album. “One Big Rush” tampil di soundtrack untuk film Cameron Crowe Say Anything…. “The Forgoten Part II” tampil di iklan Labatt Blue di Kanada pada 1993. “Can’t Slow Down” tampil di adegan kejar-kejaran mobil di film yang dibintangi Don Johnson Nash Bridges. “The Bell’s of lal (Part One)” ditampilkan untuk adegan di film Billy Bob Thornton pada 1996 Sling Blade, saat Carl sedang mengasah belati untuk membunuh Doyle Hargraves yang dimainkan oleh Dwight Yoakam.


Pada 1988, Satriani direkrut oleh Mick Jagger sebagai gitaris utama untuk tur solo pertama Jagger.

Satriani juga menyanyikan vokal latar di album self-title Crowded House. Satriani adalah teman dari Mitchell Froom.


Pada 1992, Satrinai merilis The Extremist, albumnya yang paling sukses secara kritis dan komersil hingga kini. Stasiun radio di seluruh negara bagian memilih “Summer Song”, yang mendapatkan popularitas saat Sony menggunakannya di kampanye iklan besar untuk pemutar CD Discman. “Cryin’”, “Friends,” dan trek judul adalah hit regional di radio. Pada akhir 1993, Satriani bergabung dengan Deep Purple sebagai pengganti sementara untuk gitaris Ritchie Blackmore selama tur Jepang band. Konser tersebut sukses, dan Satriani diminta untuk bergabung dengan band secara permanen tapi dia menolak, sudah teken kontrak solo multi-album dengan Sony, dan Steve Morse mengampil posisi gitar di Deep Purple.


Pada 1996, Satriani mendirikan G3, sebuah tur konser yang dimaksudkan untuk menampilkan trio gitaris. Lineup asli menampilkan Satriani, Vai dan Eric Johnson. Tur G3 berlanjut secara berkala sejak versi awalnya, dengan Satriani anggota permanen satu-satunya. Gitaris lain yang sudah tampil dalam G3 antara lain: Larry LaLonde, Yngwie Malmsteen, John Petrucci, Kenny Wayne Shepherd, Robert Fripp, Andy Timmons, Uli Jon Roth, Michael Schenker, Adrian Legg, Paul Gilbert, Steve Morse, Brian May, Patrick Rondat dan Steve Lukather. Pada 1998 Satriani merekam dan merilis Crytal Planet. Crystal Planet disusul dengan Engines of Creation, salah satu karya eksperimentalnya yang menampilkan genre electronic. Dua buah pertunjukan di Fillmore West di San Fransisco direkam pada Desember 2000 dan dirilis dengan judul Live in San Fransisco, sebuah album dan DVd live dua disk.


Satriani secara rutin merekam dan merilis musik yang beragam, termasuk Strange Beatiful Music pada 2002 dan Is There Love in Space? Pada 2004. Pada Mei 2005, Satriani melakukan tur ke India untuk pertama kalinya, memainkan konser di Delhi, Kolkata dan Mumbai. Pada 2006, Satriani merekam dan merilis Super Colossal dan Satriani Live!, album dan DVD live dua disk lainnya direkam pada 3 Mei 2006 di Grove di Anaheim, CA. pada 2006, Satriani menjadi salah satu pendukung dari Little Kid Rock, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan alat musik dan pelajaran gratis untuk anak-anak di sekolah umum yang ditunjuka di AS. Satriani secara pribadi memberikan alat musik pada anak-anak untuk program itu malalui lembaga amal untuk organisasi dan, seperti Steve Vai, duduk di dewan direktur sebagai anggota kehormatan.

Pada 7 Agustus 2007, Epic/Legacy Recordings merilis ulang Surfing with the Alien untuk merayakan ulang tahun ke 20 dari rilisan itu. Ini berisi dua disk yang menampilkan album remaster dan sebuah DVD dari pertunjukan live yang belum pernah dilihat sebelumnya yang difilmkan di Montreux Jazz Festival pada 1988. Album Satriani berikutnya Professor Satchafunkilus and the Musterion of Rock, dirilis pada 1 April 2008. Satriani merilis sebuah DVD live dari rekaman konser di Paris berjudul Live in Paris: I Just Wanna Rock dan CD 2 buah pada 2 Februari 2010. Pada Maret 2010 Satriani berpartisipasi dengan gitaris lainnya di Experience Hendrix Tribute Tour, menampilkan musik yang ditulis dan terinspirasi oleh Jimi Hendrix.


Pada 4 Desember 2008, Satriani mengajukan tuntutan hak cipta terhadap Coldplay di United States District Court for the Central District of California. Tuntutan Satriani mengklaim bahwa lagu Coldplay “Viva La Vida” menyertakan “Substantial original portions” dari lagu Satriani “If I Could Fly” dari album 2004 miliknya, Is There Love in Space?. Lagu Coldplay menerima dua Grammy Awards untuk “Song of the Year.” Coldplay menolak tuntutan itu. Sebuah kesepakatan dicapai kedua pihak.


Pada 2009, dia memainkan dua karakter di musim 3 dari Metalocalypse milik Adult Swim.

Pada Mei 2010, Satriani mengumumkan dia akan masuk studio untuk merekam sebuah album solo, dan jadwal akan dirilis untuk tur musim gugur. Dia juga mengatakan bahwa demo sudah direkam untuk album Chickenfoot kedua. Satriani merilis album studio ke 13 miliknya Black Swans and Wormhole Wizards, pada 5 Oktober 2010.


Satriani merilis DVD/Blu-ray dari film konser 3D miliknya Satchurated: Live in Montreal pada 24 April 2012 setelah pertunjukan terbatasnya di teater. Film itu disyut pada Desember 2010 di Montreal dan disutradarai oleh pembuat film pemenang penghargaan Francois dan Pierre Lamoureux. Satchurated adalah film konser Blu-ray pertama yang tersedia dalam 3D dan Dolby TrueHD 7.1.


Pada 7 Mei 2013, Satriani merilis album studio ke 14 miliknya, berjudul Unstoppable Momentum. Sebuah box set berjudul Joe Satriani: The Complete Studio Recordings, yang berisi edisi remaster dari setiap album studio dari Not of This Earth hingga Unstoppable Momentum, dirilis pada 22 April 2014. Sebuah buku berjudul Strange Beatiful Music: A Memoir juga dirilis untuk melengkapi rilisan box set itu.


Pada Agustus 2014, Satriani berpartisipasi di G4 Experience-sebuah guitar camp selama satu minggu-dengan sesama gitaris Paul Gilbert, Andy Timmons, dan kibordis Mike Keneally.

Februari 2015 nampak jadwal pertama diumumkan untuk Shockwave World Tour selanjutnya, untuk mendukung album studik ke 15 Satriani, yang akan dirilis pada Juli. Shockwave Supernova dirilis pada 14 Juli 2015. Album ini dicapai setelah Satriani sering memainkan gitar dengan giginya selama tur Unstoppable Momentum, dan memiliki sebuah impian tentang sesosok alter-ego, “Shockwave Supernova”, membuatnya melakukan hal itu.


Pada Mei 2008 diungkapkan bahwa Satriani terlibat dalam sebuah band hard rock baru bernama Chickenfoot dengan para mantan anggota Van Halen Sammy Hagar dan Michael Anthony, dan drummer Red Hot Chili Peppers Chad Smith. Band ini menampilkan Hagar pada vokal, Satriani pada gitar, Anthony pada bass dan Smith pada drum. Album debut mereka dirilis pada 5 Juni 2009. Single dan video pertama yang dirilis adalah lagu “Oh Yeah”, yang dimainkan di The Tonight Show with Conan O’Brien pada 5 Juni 2009. Satriani menerima kredit penulisan lagu pada semua lagu di album debut band. Broken Records magazine bertanya pada Satriani tentang band barunya, dan secara antusias menyebutkan bahwa “it was great fun” dan hal itu memberinya sebuah “kick in the music bone” untuk bermain dengan bakat hebat. Dia mengatakan hal itu terasa alami untuk melangkah dan memainkan ritem daripada gitar solo. Album kedua Chickenfoot, Chickenfoot III, dirilis pada 27 September 2011. Single pertamanya adalah lagu ‘Bigfoot’. Pada minggu pertama perilisannya, lagu itu masuk chart di #9.


Satriani memiliki kredit pada banyak album lainnya, termasuk gitar di album 1991 milik Alice Cooper Hey Stoopid, album 1992 milik Spinal Tap Break Like the Wind, album 1988 milik Blue Oyster Cult Imaginos, album solo para anggota band Stu Hamm dan Gregg Bissonette. Dia diberi kredit dengan menyanyikan vokal latra pada album debut 1986 oleh Crowded House. Pada 2003, dia memainkan gitar utama di rilisan milik The Yardbirds Birdland. Pada 2006, dia membuat pemunculan pada lagu untuk album solo CD/DVD mlik vokalis Deep Purple Ian Gillan, Gillan’s Inn.


Pada album 2007 milik Dream Theater Systematic Chaos, Satriani berkontribusi lirik dialog pada lagu “Repentance.” Satriani berkontribusi solo gitar untuk rilisan solo 2004 milik Jordan Rudess Rhyth of Time. Dia membuat komposis banyak soundtrack untuk racing video game NASCAR 06: Total Team Control dan Madden NFL 11. Dia membintangi sebuah film, termasuk film Christopher Guest 2006 For Your Consideration sebagai seorang gitaris dalam band yang bermain untuk pertunjukan larut malam. Film lainnya termasuk Moneyball dimana dia muncul sebagai dirinya memainkan Star Spangled Banner.

Episode American Dad “Why Can’t We Friends” menampilkan lagu “Always with Me, Alaways with You”. Lagu ini dijadikan sample di single milik Nicki Minaj “Right Thru Me”.

Satriani bergabung dengan Chickenfoot menyuarakan diri mereka sendiri di episode Aqua Teen Hunger Force “I am a Pod”.

Satriani memiliki nominasi Grammy Award ketiga (15, setelah Brian McKnight dan Snoop Dogg) dari artis lain tanpa memenangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...