Laman

Jumat, 04 Desember 2015

ANGELA GOSSOW




Dilahirkan dengan nama Angela Nathalie Gossow pada 5 November 1974 di Cologne, North Rhine-Westphalia, West Germany. Dia adalah mantan vokalis band melodic death metal asal Swedia, Arch Enemy. Band sebelumnya antara lain Asmodina dan Mistress. Dia dianggap sebagai salah satu dari sedikit penyanyi metal wanita yang sukses yang menggunakan growling sebgai gaya utama dalam menyanyinya. Pengaruh utamanya adalah Jeff Walker (Carcass), David Vincent (Morbid Angel), Chuck Billy (Testament), John Tardy (Obituary), Chuck Schuldiner (Death), Dave Mustaine (Megadeth), dan Rob Halford (Judas Priest).

Angela Gossow lahir dengan orangtua menganut Kristen ortodoks dan mempunyai 3 orang saudara. Saat berumur 17 tahun orangtuanya bercerai. Kesulitan keuangan yang makin buruk terjadi saat bisnis mereka bangkrut. Menderita anoreksia dan bulimia saat remaja. Saat inilah dia memutuskan untuk keluar dari rumahnya dan ikut dengan band metal Asmodina, tahun 1991. Setelah lulus sekolah dia ikut dengan perusahaan iklan, mengkhususkan diri dalam pemasaran. Dia mulai belajar ilmu ekonomi. Di tahun 1997, band Asmodina bubar, setelah menghasilkan 3 buah demo dan 1 album dan Gossow membentuk band lain: Mistress, yang menghasilkan 3 buah demo (1998-2000).



Gossow ikut Arch Enemy di bulan November 2000, setelah pemecatan penyanyi utama Johan Liiva. Dia sebelumnya mewawancarai gitaris Michael Amott untuk webzine Jerman. Saat mewawancarai Amott, Gossow memberinya sebuah demo penampilannya di sebuah klub, yang dia sebut sebagai video “kualitas rendah”. Setelah mengeluarkan Liiva di tahun 2000, band memanggil Gossow untuk audisi. Dia kemudian melakukan rekaman Wages of Sin dengan Arch Enemy.



Pada sebuah tur di tahun 2002, Gossow didiagnosa dengan kerusakan pita suara, yang hampir membuatnya berhenti dari ‘growlin’. Namun, setelah menjalani beberapa terapi vokal, dia sanggup mengembalikan suaranya lagi dan mulai mengambil pelajaran piano dan teriakdari pelatih terkenal Melissa Cross. Dia melanjutkan bekerja dengan Cross.



Pada 17 Maret 2014, diumumkan bahwa Gossow berhenti sebagai vokalis Arch Enemy untuk mengejar bidang lain dan meluangkan waktunya dengan keluarganya. Gossow memilih Alissa White-Gluz dari band metal asal Kanada The Agonist sebagai penggantinya, dan tetap bertindak sebagai manajer bisnis untuk band.



Gossow mengisi vokal untuk karakter Lavona Succuboso di film animasi Metalocalypse. Menurut wawancara dengan Musiiikki TV di Frostbite Festival 2009, Gossow menjadi vokalis tamu di album milik Astarte, Demonized, di lagu “Black at Heart”.

Gossow tampil di rilisan kedua DVD milik Melissa Cross, The Zen of Screaming 2 yang dirilis oleh Melissa Cross. Selain sering menjadi sampul di banyak majalah terkemuka, dia juga dipilih sebagai “best singer” dan “shining star” di penghargaan majalah Burrn! Di tahun 2002. Sejak tahun 2008 dia adalah manajer untuk Arch Enemy dan Spritual Beggars.

Gossow ada diantara sedikit wanita yang menjadi vokalis death metal. Dia memilik jangkauan vokal mezzo-soprano, dengan death growl. Dia seorang vegetarian dan secara politis menganggap dirinya anarkis. Dia seorang ateis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...