Laman

Selasa, 08 Desember 2015

JENS JOHANSSON "Pioneer of Power Metal Keyboard"




Dilahirkan dengan nama Jens Ola Johansson pada 2 November 1963 di Stockholm, Swedia. Dia dikenal dengan gaya neo-klasik yang berkecepatan tinggi dan fusion-nya.



Jens adalah putra dari pianis jazz Swedia Jan Johansson dan adik dari mantan drumer Hammerfall dan Yngwie Malmsteen, Anders Johansson. Dia sangat terpengaruh oleh kibordis rock klasik seperti Don Airey, Eddie Jobson dan Jon Lord. Di tahun 1982, Jens yang sudah terlatih dengan musik klasik meninggalkan band jazz fusion Slem dan ikut band metal Swedia Silver Mountain, yang juga menyertakan Anders. Di tahun 1983 dia meningalkan Swedia untuk pergi California dan ikut gitaris Yngwie Malmsteen sebagai anggota bandnya, Rising Force. Berbagai rekaman dan tur dunia dia lakukan dan dia bertahan dengan Yngwie hingga tahun 1989. Jens juga bermain dengan band Dio antara tahun 1989 dan 1990. Seperti Anders, dia mulai melakukan kolaborasi dengan bass gitaris Swedia Jonas Hellborg yang di tahun 1989 menghasilkan beberapa rekaman progressive dan avant-garde, antara lain Dissident, Unseen Rain (sebuah rekaman trio piano dengan Ginger Baker pada drum) dan rekaman hard core progressive fusion, E.


Di tahun 1993, Jens ikut mendirikan sebuah proyek progressive blues metal, The Johansson Brothers, dan merekam rekaman self-title. Di tahun 1996, dengan lineup yang berbeda, mereka merekam album lain, Sonic Winter, kali ini dibawah nama "Johansson", dengan Yngwie Malmsteen sebagai gitaris tamu. Rekaman Johansson terakhir, The Last Viking, sebuah album yang berorientasi "European Metal", dirilis di tahun 1999 dengan tamu spesial gitaris Symphony X Michael Romeo dan Goran Edman.


Jens telah merilis beberapa rekaman solo instrumental seperti Fjäderlösa Tvåfotingar, Ten Seasons ( sebuah album solo piano yang tersimpan di galeri Mark Kostabi, New York), Heavy Machinery (dengan Anders dan Allan Holdsworth) dan Fission (dengan Anders, Shawn Lane dan Mike Stern) dan banyak kolaborasi dengan artis-artis lain, kompilasi metal dan band milik Berends bersaudara, Mastermind.


Sejak tahun 2014, Jens ikut dengan Cain's Offering, sebuah band melodic power metal yang dibentuk oleh Jani Liimatainen mantan gitaris Sonata Arctica dan juga Timo Kotipelto vokalis Stratovarius.


Dia ikut mendirikan Heptagon Records untuk mendistribusikan  rekaman miliknya dan musisi lainnya, seperti gitaris Benny Jansson dan bassis Magnus Rosen. Jens diaudisi untuk Dream Theater setelah Kevin Moore meninggalkan band di tahun 1994 tapi karena terdapat banyak penundaan oleh band dalam membuat keputusan dia akhirnya bergabung band power metal asal Finlandia, Stratovarius. Sejak tahun 1995 dia tetap dengan Stratovarius, dan masih merilis album solo dan muncul sebagai tamu atau musisi sesi di proyek lainnya.


Jens dalah seorang penggila komputer, mengaku telah memulai di Atari ST (yang masih dia miliki), dan memiliki software berkode C, juga website miliknya di Perl. Dia menolak dianggap sebagai salah satu kibordis terbaik di dunia, karena dia percaya masih banyak yang jauh lebih baik darinya. Jens seorang ateis.


Di tahun 2015, Jens direkrut oleh gitaris legendaris Ritchie Blackmore untuk ikut serta dalam tur tahun 2016. Dua buah pertunjukan telah ditegaskan di Jerman dengan nama Ritchie Blackmore's Rainbow, dengan pertunjukan selanjutnya di Birmingham Genting Arena di Inggris. Selain Blackmore dan Johansson, dalm formasi Rainbow ini adalah penyanyi Ronnie Romero dari Lords of Black, drumer David Keith dari Blackmore's Night dan bassis Bob Nouveau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...