Laman

Jumat, 04 Desember 2015

GLENN TIPTON




Dilahirkan dengan nama Glenn Raymond Tipton pada 25 Oktober 1947 di Blackheath, Inggris, dari pasangan Olive dan Doug Tipton. Dia bersekolah di Olive Hill Primary Scholl saat dia berusia 5 tahun. Kakaknya, Gary, adalah seorang pemain gitar di sebuah band lokal bernama Atlantics. Pada awalnya, Glenn diajar bermain piano oleh ibunya.

Glenn bermain gitar pada usia 19 tahun dengan gitar pertamanya sebuah gitar akustik Hofner. Dia kemudian memainkan gitar Rickenbacker hingga dia mampu memilik gitar Fender Stratocaster. Gitar ini menjadi gitar utamanya saat manggung hingga dicuri pada sebuah pertunjukan. Glenn kemudian membeli sebuah gitar Stratocaster hitam, kemudian, Gibson SG dari uang yang dia peroleh untuk menggantikan gitar lamanya. Kedua gitar ini dapat dilihat saat Judas Priest bermain di Old Grey Whistle Test di tahun 1975.


Glenn tinggal di desa Romsley, Worcestershire, di West Midlands dekat Birmingham, Inggris dan memiliki studio rekaman state-of-the-art yang dibangun dekat dengan rumahnya. Selama 1980an dia juga membeli sebuah properti di Spanyol. Statusnya adalah menikah dan memiliki 2 orang anak-Karina dan Rock-yang lahir di tahun 1981 dan 1986, keduanya tampil di album solonya Baptizm of Fire. Glenn dan rekan gitaris K.K. Downing adalah pemain tenis keduanya juga bermain golf selama tur Amerika di awal 1980an dengan Def Leppard.


Band pertama Glenn adalah Shave Em’ Dry, yang berubah menjadi Merlin, terus berubah nama menjadi Flying Hat Band. Band ini kemudian bubar karena masalah manajemen. Di bulan mei 1974, Glenn ikut Judas Priest. Ini terjadi selama rekaman untuk album Rocka Rolla, maka Glenn dengan cepat menambahkan bagian gitarnya ke album itu. Di album Sad Wings of Destiny, Glenn memamerkan kemampuan gitarnya pada banyak lagu seperti Tyrant, Dreamer Deceiver dan Victim of Changes. Glenn juga mempersembahkan lagu tulisannya sendiri di lagu-lagu Prelude, Epitah dan The Ripper. Dia sering bermain kibord di album-album awal, walaupun sudah tidaklagi bermain di album Hell Bent For Leather. Dia diberi kredit sebagai orang yang membawa sound yang lebih metal ke dalam band dengan lagu-lagu itu, seperti Rocka Rolla yang berisi komposisi lagu-lagu blues rock dan psychedelic peninggalan dari mantan vokalis Al Atkins. Walaupun Glenn menulis lirik untuk lagu-lagu The Ripper, Epitaph, dan Prelude tak lama setelah gabung dengan Judas Priest, produser Rodger Bain menolak untuk memasukkan mereka ke album pertama karena kuranf cukup komersil. Dari saat itu, Halford dan Tipton menjadi penulis lagu utama band dengan kontribusi dari Downing.


Album rilisan 1980 British Steel adalah terobosan komersil Judas Priest. Album ini mengkombinasikan sound heavy metal cirri khas band dengan struktur dan hook lagu bergaya pop. United dan Breaking the Law adalah lagu orientasi gitar pertama Judas Priest yang tidak berisi seksi solo gitar. Judas Priest dengan cepat memperoleh status superstar rock selama 80an dengan album-album mereka Point of Entry, Screaming for Vengeance, Defenders of the Faith, Turbo, Ram It Down dan Painkiller.


Rob Halford meninggalkan Judas Priest di tahun 1992 dan band diambang bubar. Judas Priest kemudian kembali dengan Tim “Ripper” Owens di tahun 1997. Versi band baru ini merekam album Jugulator dan Demolition. Kedua album ini bereksperimen dengan sound baru yang berbeda dengan rekaman bersama Halford. Sekitar masa ini, Tipton merilis album solo pertama, Baptizm of Fire di tahun 1997. Album berikutnya Edge of the World dirilis di tahun 2006. Di tahun 2003, Judas Priest melakukan reuni dengan Rob Halford dan merilis album Angel of Retribution di tahun 2005 dan Nostradamus di tahun 2008. Di tahun 2010, Judas Priest mengumumkan Epitaph World Tour mereka, yang menjadi tur besar dunia terakhir mereka, yang juga merupakan tur pertama mereka tanpa gitaris orisinil K.K. Downing, dan yang pertama dengan penggantinya, Richie Faulkner. Band ini kemudian merilis album ke 17 mereka Reedemer of Souls di bulan Juli 2014, dan melakukan tur dunia untuk mendukung album itu.


Gaya awal permainan gitarnya dipengaruhi oleh Steve Winwood (The Spencer Davis group), Jimi Hendrix, Deep Purple dan Led Zeppelin. Dia juga menyukai Fleetwood Mac awal dengan Peter Green dan Jeremy Spencer. Inspirasi utamanya sebagai pemain gitar adalah Rory Gallagher. Dia juga mengatakan dia selalu menyukai The Rolling Stones dan The Beatles. Tipton mengagumi composer Hans Zimmer.


Gaya permainan gitarnya telah banyak mempengaruhi musisi dan band lain seperti: Helloween, Dave Mustaine (Megadeth), Metallica, Gamma Ray, Angra, Kerry King (Slayer), Death, Chthonic, Jeff Waters (Annihilator) dan lain-lain.

Penghargaan yang dia peroleh antara lain:

·         Dia ada di rangking No. 19 di daftar 100 greatest metal guitarist oleh majalah rock Hit Parader.
·         Dia ada di rangking No. 28 dalam daftar Top 50 Guitarist oleh Gigwise.
·         Dia ada di No. 9 dalam daftar The 20 Gratest Metal Guitarist Ever oleh MusicRadar.
·         Dia ada di rangking No. 25 dalam buku 100 Greatest Metal Guitarist oleh Joel McIver.
·         Sun Kil Moon merilis sebuah lagu berjudul “Glenn Tipton” pada album mereka Ghists of the Great Highway.
·         Di video game terkenal Guitar Hero II, karakter permainan bernama Izzy Sparks, menggunakan pakaian yang mirip dengan milik Glenn Tipton yang dipakai di tur Screaming for Vengeance tahun 1983.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...