Laman

Jumat, 04 Desember 2015

DAVE MUSTAINE


Dilahirkan dengan nama David Scott Mustaine pada 13 September 1961 di La Mesa, California, AS. Dia lahir dari pasangan John Mustaine dan Emily (David) Mustaine. Ayahnya adalah keturunan Perancis dan Finlandia dan ibunya adalah Yahudi.

Gaya permainan gitarnya terpengaruh oleh Jimmy Page, Brian Tatler, George Harrison, Michael Schenker, Angus Young dan Glenn Tipton. Untuk vokal dia terpengaruh oleh Paul Di'Anno.


Band pertamanya bernama Panic, yang terdiri dari Mike Leftwych pada drum, Bob Evand pada bass, Tom Quecke pada rhythm guitar, Pat Voeks sebagai vokalis dan Dave Mustaine adalah lead guitar. Mike Leftwych dan salah seorang piƱata suara tewas dalam sebuah kecelakaan mobil setelah show kedua Panic.


Pada 1981, Dave meninggalkan Panic untuk bergabung dengan Metallica sebagai gitaris utama. Pemain drum Metallica Lars Ulrich telah memasang sebuah iklan di sebuah Koran local, The Recycler, mencari seorang gitaris utama.


Keanggotaan Dave berakhir di Metallica sebelum perekaman Kill ‘Em All pada 1983. Pada suatu kesempatan, Dave membawa anjingnya ke sebuah latihan; anjing itu melompat ke mobil bassis Metallica Ron McGovney dan menggoresnya catnya. Hetfield serta merta berteriak pada anjing Dave dan menendangnya penuh amarah, dimana Dave langsung menanggapinya dengan menyerang secara fisik kepada Hetfield dan McGovney dan melecegkan Ulrich secara verbal. Dave diopecat menyusul peristiwa itu, tapi hari berikutnya, Dave meminta untuk diijinkan kembali ke band dan permintaannya dipenuhi. Insiden lainnya terjadi saat Dave, yang sedang mabuk, menyiramkan sebuah sekaleng penuh bir ke neck dan pick-up bass Ron McGovney. Saat Ron mencoba untuk memainkannya, dia menerima sengatan listrik. Ron kemudian mengatakan kapada Dave dan Hetfield untuk meninggalkan rumahnya dan meninggalkan band tak lama kemudian.


Pada 11 April 1983, setelah Metallica berkendara ke New York untuk merekam album debut mereka, Dave secara dipecat dari band karena alkoholisme, penyalahgunaan obat bius, tingkah laku yang agresif, dan kepribadian yang bertentangan dengan anggota pendiri Hetfield dan Ulrich. Band mebereskan gear Dave, dan mengantarkan Dave ke Port Authority Bus Terminal, dan menaikkannya ke Greyhound bus yang menuju Los Angeles. Saat di dalam bis inilah yang membuat ide bagi Dave yang kemudian menjadi lagu “Set the World Afire” dari album Megadeth rilisan 1988 So Far, So Good… So What!


Selama di Metallica, Dave Mustaine melakukan tur dengan band, ikut menulis 4 buah lagu yang muncul di Kill ‘Em All, dan ikut menulis 2 buah lagu yang kemudian muncul di Ride the Lightning. Dave juga mengklaim tapi tidak dipenuhi telah menulis sebagian “Leper Messiah” dari Master of Puppets. Dia juga merekam beberapa lagu dengan band termasuk demo tape No Life ‘Til Leather. Beberapa lagu yang dia tulis dengan Hetfield dan Ulrich kemudian direkam lagi oleh Metallica. Yang paling terkenal adalah “The Four Horsemen” dari Kill ‘Em All, yang ditulis Dave sebagai “The Mechanix” dan kemudian dirilis di album debut Megadeth dengan lirik orisinil sebagai “Mechanix”.


Fallen adalah nama band yang dibentuk oleh Dave setelah kepergiannya dari Metallica. Pada April 1983, setelah kembali ke Kalifornia untuk tinggal dengan ibunya, dia mendapat pekerjaan dengan bantuan Robbie McKinney. McKinney dan temannya, Matt Kisselstein, bekerja dengan Dave sebagai telemarketer. Dave berhenti dari pekerjaannya setelah mendapatkan cukup uang untuk pindah ke sebuah apartemen di Hollywood, dan merekrut McKinney, yang bermain gitar, dan Kissestein yang bermain bass,untuk bandnya Fallen Angels.


Hal ini yang memberi jalan untuk rekanannya dengan Dave Ellefson dan Greg Handevidt. Ellefson sedang memainkan alur bass pembuka dari lagu milik Van Halen ‘Running with the Devil’ di apartemen di bawah Dave. Setelah menggebrak laintai dan berteriak untuk berhenti, Dave, yang selalu mabuk, mengambil pot tanaman dan melemparkannya keluar lewat jendelanya dan mengenai pendingin udara dari apartemen dibawah. Ini mengakibatkan kedua orang itu naik ke apartemen Dave untuk minta rokok. Dave menjawab “ada took di sudut apartemen”dan membanting pintu di depan wajah mereka. Beberapa menit kemudian, mereka mengetuk pintu, kini mereka minta untuk dibelikan bir. Mereka menghabiskan malam dengan berbicara tentang musik, dan kemudian, Dave, Ellefson dan Handevidt menjadi teman seband.


Karena kurang percaya diri dengan kemampuan vokalnya, Dave menambahkan ‘Lor’Kane (nama asli Lawrence Renna) ke dalam Fallen Angels. Kane idak bertahan lama, walaupun dia dianggap menyarakan bahwa mereka seharusnya mengganti nama mereka menjadi Megadeth, karena Dave telah menulis sebuah lagu dengan nama itu. Setelah Kane pergi, pemain drum pertama dari sekian banyak pemain drum, Dijon Carithers, bergabung dengan band. Lineup Mustaine, Ellefson, Handevidt dan Carruthers adalah formasi awal Megadeth.


Setelah serangkaian audisi vocal yang tidak sukses, Dave memilih untuk mengambil peran vocal sendiri dan juga bermain sebagai gitaris utama. Pada 1984, Megadeth membuat demo yang berisi 3 buah lagu dengan drummer Lee Rausch, yang menggantikan Carruthers setelah Mustaine dan Ellefson memutuskan mereka tidak bisa mempercayainya. Carruthers memilih menyembunyikan keturunan kulit hitamnya dari mereka dengan mengaku bahwa dia adalah orang Spanyol, dan mereka tidak mengerti sebab dia menipu mereka sedangkan mereka bukan rasis. Kerry King bergabung dengan band untuk beberapa show; namun, dia meninggalkan Megadeth setelah kurang dari seminggu maka dia dapat bekerja dengan bandnya sendiri, Slayer. Pemain drum yang terpenagruh jazz Gar Samuelson menggantikan Rausch, yang pergi setelah Mustaine memaksanya untuk bermain dengan kaki yang patah. Megadeth merekam sebuah demo sebagai band beranggotakan 3 orang, yang mendapatkan perhatian dari gitaris Chris Poland, juga seorang pemain jazz dan teman Samuelson, yang kemudian bergabung dengan band. Pada Nopember, band teken kontrak dengan Combat Records dan mulai melakukan tur.


Pada Mei 1985, Megadeth merilis album pertama mereka, Killing Is My Business… and Business Is Good!, di Combat Records. Musim panas itu, band melakukan tur di AS dan Kanada dengan Exciter. Gitaris Mike Albert menggantikan Chris Poland saat dia terjerat oleh heroin. Setelah Poland dilepas, dia bergabung kembali dengan band pada Oktober dan kemudian band mulai melakukan rekaman album studio kedua untuk Combat. Pada malam tahun baru tahun itu, Megadeth bermain di San Fransisco dengan Exodus dan Metal Church. Metallica adalah penampil utama. Ini adalah masa dimana Megadeth dan Metallica bermain di panggung yang sama, hingga 1991.


Pada 3 Agustus 2010, Dave merilis otobiografinya di AS, berjudul Mustaine: A Heavy Metal Memoir. Buku ini mencakup kehidupan Mustaine dari masa anak-anak hingga perilisan album Megadeth pada 2009 Endgame. Buku ini dirilis di UK, Eropa, Australia dan Selandia Baru dengan judul Mustaine: A Life in Metal. Pada Desember 2011, Mustaine tampil di perayaan ulang tahun Metallica yang ke 30 di Fillmore Theatre dan membawakan lagu dari album debut Metallica antara lain “Jump in the Fire”, dan “Phantom Lord”. Ini adalah pertama kali dalam 28 tahun bahwa Mustaine memainkan lagu-lagu yang ikut dia tulis secara live dengan Metallica. Pada 4 Oktober 2014. Ibu mertua Mustaine yang menderita Alzheimer hilang dari rumah perawatan. Jenazahnya diketemukan pada 26 Nopember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...