Laman

Selasa, 01 Desember 2015

ANDI DERIS



Dilahirkan dengan nama lengkap Andreas Deris pada 18 Agustus 1964 di Karlsruhe, Jerman. Pengaruh musikalnya adalah Sweet, Kiss, Deep Purple dan Aerosmith. Dia mulai menyanyi di band pertamanya, bernama Paranoid, saat dia berusia 15 tahun. Dua tahun kemudian mereka mereka merubah nama band menjadi Nameless. Di Nameless, Andi bertahan dengan teman sekolahnya, drumer Ralf Mauer, yang juga bermain di 2 album solo Andi. Pada akhir 1984 Andi bergabung dengan band bernama Dragon dengan 2 bersaudara Bruno dan Oscar Di Blasio pada gitar dan Bern dan Stefan Luddemann (bass & drums).

Setelah beberapa kali manggung di wilayah Karlsruhe, mereka pergi ke Edo Zanki's Studio di Karlsdorf dan Arco Studio, Munchen untuk merekam demo pertama mereka dengan produser Tony Monn. Lagu-lagu yang direkam adalah: "I Was Made to Be With You", "Call Me Up", "Woman", "I Hear the Angels Singing", "Ballade of Glory" and "Rock Your Body Down". Selama masa produksi demo, drumer Bodo Schopf (mantan Michael Schenker Group) merekam sebagian drums. Pada 1986, saat Bruno dan Oscar Di Blasio dengan Andi Deris (yang telah menyelesaikan wajib militer) bertemu dengan pemain bass asal Italia Daniel De Niro, lahirlah KYMERA. Ralf Mauer alias "Ralph Mason" kembali direkrut sebagai drumer baru bagi band.

Kemudian, KYMERA pergi ke Katapult-Tonstudio di Karlsruhe untuk merekam beberap lagu untuk Francis, Day & Hunter GmbH Publishing-Hamburg. Lagu-lagu yang direkam: "Hello U.S.A.", "Hot Looking Romeo", "Send Me a Letter" dan versi aransemen ulang "I Was Made To Be With You", "Call Me Up" dan "Woman". Setelah beberapa kali manggung, Mauer keluar dari KYMERA untuk kuliah dan digantikan oleh Kosta Zafiriou, dan lineup KYMERA lengkap kembali. Kemudian, band pergi ke Studio di Mainz untuk merekam "Shadows Are Falling", "Lonely Would Be Loving You" dan versi baru dari "Ballade of Glory" dan manggung beberapa kali di Jerman hingga akhir 1986. Pada awal 1987, Andi Deris dan Kosta Zafiriou meninggalkan KYMERA untuk membentuk band Pink Cream 69.

Andi disewa untuk sesi rekaman bagi No Mercy, sebuah proyek band berbasis di Appenweier/Offenburg - Jerman Selatan, dibentuk oleh warga lokal: Bobby Benz (bass, Rüdiger Föll (Drums), dan Uwe Ulm (Lead Guitar). Dia juga memainkan 2 buah gig dengan No Mercy. Pada gig kedua dan terakhir, Pink Cream bermain sebagai band pendukung untuk No Mercy; pada malam itu Andi adalah penyanyi utama untuk kedua band dan tampil di panggung 2 kali, membuka dengan lineup awal Pink Cream 69.


Formasi awal Pink Cream 69 adalah Dennis Ward, Kosta Zafiriou, Alfred Koffler dan Andi Deris. Mereka teken kontrak dengan CBS (kini dikenal sebagai Sony Music). Pink Cream telah melakukan tur di Eropa, Amerika dan Jepang dan telah mrelam 3 buah album dengan Deris pada vokal. Pada 1992 mereka merilis video live berjudul Size It Up - Live in Japan, Konser panjang ini ditampilkan di DVD live Pink Cream 69 yang dirilis dengan judul Past and Present bersama dengan semua video yang dibintangi oleh Andi.

Pada 1993, Helloween tengah mengalami perubahan lineup. Ingo Schwichtenberg, digantikan oleh mantan drumer Gamma Ray Uli Kusch, dan Michael Kiske, digantikan oleh Deris. Lineup baru merekam Master of the Rings. Deris segera menjadi penulis lagu untuk band, menghasilkan lagu "Why?", "Perfect Gentleman" dan "In the Middle of a Heartbeat". The Time of the Oath pada 1996 makin mengangkat penjualan album bagi band, yang akhirnya melakukan tur dunia dan menghasilkan album ganda CD/DVD, High Live, melakukan 3 konser di Spanyol dan Italia. Saat Helloween beristirahat, Deris merekam album solo pertamanya Come in from the Rain. Deris menyanyi dan bermain gitar, ditemani oleh Peter Idera (gitar), Ralph Maison (drums dan vokal latar) dan Gisbert Royder (bass).

Pada 1998, Helloween merekam Better Than Raw di Tennerife, Canary Islands (Spanyol), dimana dia saat ini berdomisili.


Pada 1999, Helloween merilis sebuah album cover Metal Jukebox, dan album solo kedua Andi, Done by Mirrors, dirilis di Jepang (dirilis pada 2000 di bagian dunia lain karena konflik perusahaan rekaman), menampilkan sekali lagu Deris pada vokal dan gitar, Don Pupillo pada gitar utama, Maison dan Royder. Helloween merilis The Dark Ride pada 2000.

Setelah tur untuk mendukung The Dark Ride, Helloween memecat Roland Grapow & Uli Kusch. Rabbit Don't Come Easy dirilis pada 2003, menampilkan tur pertama band di AS sejak 1989. Pada 2005, Keeper of the Seven Keys: The Legacy dirilis. Singel dan video pertama adalah lagu Deris "Mrs. God". Untuk pertama kalinya dalam sejarah band dilakukan sebuah duet, dengan Candice Night dari Blackmore's Night, di lagu "Light the Universe". Ini adalah singel dan video kedua untuk album. Sebuah DVD live ganda dengan dokumentasi dan CD ganda dirilis pada Februari 2007.


Helloween melengkapi album studio mereka yang ke 12, Gambling with the Devil, dirilis pada 23 Oktober 2007. "As Long As I Fall", adalah singel pertama, dirilis pada awal September. Sejak saat itu, Helloween merilis Unarmed - Best of 25th Anniversary, 2009, 7 Sinners, 2010, Straight Out of Hell, 2013, and My God-Given Right pada 2015. Sebuah album solo juga dirilis kembali, berjudul Million-Dollar Haircuts on Ten-Cen Heads, pada Nopember 2013.

Andi juga sering menjadi vokalis tamu di band-band lain, misalnya: Ayreon, Rage, Axxis, Shaman, Nuclear Blast All Star, Wolfpakk, Saxon, Wicked Sensation, Eden's Curse, Scelerata, Crimes of Passion dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...