Laman

Kamis, 03 Desember 2015

VINNY APPICE


Dilahirkan dengan nama lengkap Vincent Paul Appice pada 13 September 1957 di Brooklyn, New York, AS. Dia juga adik dari pemain drum Carmine Appice.

Vinny mulai bermain drum pada usia 9 tahun, mengambil les dari guru yang sama dengan kakaknya Carmine. Saat berusia 16 tahun, Vinny dan bandnya BOMF bertemu dengan John Lennon di Record Plant Studios, yang membawanya muncul di beberapa rekaaman milik Lennon. Dia kemudian melakukan rekaman dengan Rick Derringer di album Derringer (1976), Sweet Evil (1977), Derringer Live (1977), sebelum membentuk bandnya sendiri Axis dan merekam It’s A Circus World (1978).


Vinny bergabung dengan Black Sabbath selama tur untuk mendukung album Heaven and Hell di 1980. Dia kemudian menggantikan drummer orisinil Bill Ward, yang berhenti dari band di pertengahan tur karena masalah pribadi. Vinny melakukan show pertamanya dengan Black Sabbath di Aloha Stadium di Hawaii dengan seluruh pernagkat drumnya dibawanya di belakang mobil. Dia harus mempelahari lagu-lagu band di atas panggung, menggunakan notasi tertulis untuk lagu yang kurang dia kenal. Hujan badai yang tiba-tiba membuat tinta terhapus dari catatan Vinny. Oleh sebab itu dia kemudian mencari sebuah buku di antara para penonton. Vinny kemudian muncul di album Black Sabbath Mob Rules (1981) dan Live Evil (1982).


Pada akhir 1982 di meninggalkan Black Sabbath bersama dengan vokalis Ronnie James Dio dan membentuk band Dio. Mereka merekam Holy Diver (1983), The Last in Line (1984), Sacred Heart (1985), Intermission (1986), dan Dream Evil 1987). Pada Desember 1989 Vinny meninggalkan Dio dan kemudian bergabung dengan bassis Dokken Jeff Pilson di band Flesh & Blood.



Vinny bergabung dengan World War III pada 1990 dan pada 1992 dia kembali ke Black Sabbath untuk album Dehumanizer dan tur. Vinny bergabung kembali dengan Dio dan mereka merekam Strange Highways (1994) dan Angry Machines (1996).


Sebelum melakukan tur 1996, Vinny bermain drum untuk gitaris asal Las Vegas, Raven Storm, di albumnya The Storm Project, yang juga melibatkan engineer dan produser Dio, Angelo Arcuri. Arcuri juga teman masa kecil Appice bersaudara. Pada 2002 dia muncul di album solo Mark Boals yang dirilis pada 2002 Edge of the World.


Pada 2005 Vinny muncul di rekaman rap oleh Circle of Tyrants, yang lineup terdiri dari Necro, Ill Bill, Goretex, dan Mr Hyde, juga berkolaborasi dengan Alex Skolnick. Vinny manggung 2 kali di Las Vegas dengan Sin City Sinners pada Oktober 2009. Vinny bergabung dengan rekan seband Black Sabbath Ronnie James Dio, Geezer Butler, dan Tony Iommi pada 2006 sebagai Heaven & Hell, melakukan tur dan merilis 1 album studio, The Devil You Know, sebelum kematian Dio pada 2010.


Partisipasinya dalam pertunjukan “Drum Wars” dengan kakaknya Carmine, yang menampilkan bintang tamu dari vokalis Paul Shortino.


Vinny membentuk band Kill Devil Hill dengan mantan bassis Down dan Pantera Rex Brown, gitaris Mark Zavon dan vokalis utama Dewey Bragg. Album debut Kill Devil Hill dirilis pada 22 Mei 2012, via Steamhammer/SPV dan mendarat di No. 9 di Billboard Top New Artist Albums (HeatSeekers) Chart, No. 41 di Top Hard Music Chart dan No. 50 di Independent Album Chart.


Pada Januari 2013 band asal Italia Martiria mengumumkan bahwa Vinny Appice akan merekam trek drum untuk album baru mereka (dirilis pada akhir 2013). Vinny telah bekerja pada 2006 dengan 2 orang anggota Martiria: gitaris-komposer Andy Menario dan penulis lirik Marco Roberto Capelli, saat melakukan rekaman CD Dinosaurs, bersama dengan Carl Sentence, Carlos Cavazo dan Jeff Pilson.


Pada 25 Nopember 2013, diumumkan bahwa Vinny Appice membentuk sebuah band baru bernama WAMI, yang terdiri dari vokalis Doogie White, bassis Marco Mendoza, dan gitaris asal Polandia berusia 16 tahun Iggy Gwadera. Pada 12 Februari 2014, judul album berikutnya adalah Kill the King, yang akan dirilis pada musim semi. 


Pada 10 Maret 2014, diumumkan bahwa Vinny telah meninggalkan Kill Devil Hill, dan mantan drummer Type O Negative Johnny Kelly adalah penggantinya.


Pada awal 2014 Vinny bergaung dengan band hard rock Hollywood Monsters dimana dia bermain di album “Big Trouble” (di 8 trek dari 11) yang dirilis pada 2014 oleh Mausoleum Records. Album ini menampilkan Steph Honde pada vocal dan gitar, Tim Bogert pada bass, Don Airey pada kibord dan Paul Di’Anno pada vocal utama di trek bonus.


Pada 2015, diumumkan bahwa Vinny akan muncul di EP “Mainly Songs About Robots” oleh band progressive rock asal Australia Toehider, yang dirilis pada September 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...