Laman

Sabtu, 05 Desember 2015

ROB HALFORD "The Metal God"



Penyanyi-penulis lagu Inggris, yang terkenal sebagai vokalis utama band heavy metal pemenang Grammy Awards Judas Priest ini dilahirkan pada 25 Agustus 1951 di Sutton Coldfield, Inggris, dengan nama Robert John Arthur Halford. Dia dianggap sebagai salah seorang penyanyi rock powerful yang konsisten, memiliki jangkauan vokal yang luas, dan sangat dikenal akan nada suara tinggi, jeritan operatik dan tinggi yang menjadi ciri khasnya. Selain karyanya dengan Judas Priest, dia telah terlibat dengan beberapa proyek sampingan, seperti Fight, 2wo dan Halford.

Bersama dengan Ronnie James Dio dan Bruce Dickinson, Rob merupakan salah seorang pelopor gaya vokal operatik yang kemudian diadopsi oleh vokalis genre power metal dan secara reguler muncul di daftar atas vokalis rock terhebat sepanjang masa. Pengaruh gaya menyanyinya terutama dari Arthur Brown, Janis Joplin, Lemmy, Robert Plant, David Bowie, Roger Daltrey (The Who), Freddie Mercury, Peter Hammill (Van der Graaf Generator), Ian Anderson (Jethro Tull) dan Ian Gillan (Deep Purple). 


 Sebelum dengan Judas Priest dia telah bernyanyi di sejumlah band seperti Athens Wood, Abraxas, Thark dan Hiroshima. 


Halford masuk ke Judas priest pada 1974 saat dikenalkan kepada pendiri Ian Hill oleh adik perempuan Halford yang saat itu menjadi pacar Ian. Halford, seorang mantan manajer bioskop, bergabung debagai penyanyi, bersamanya masuk juga drumer John Hinch dari bandnya terdahulu, Hiroshima. Setelah hampir 20 tahun dengan Judas Priest, Rob mengumumkan bahwa dia meninggalkan band pada Mei 1992. 


Setelah hengkang dari Judas Priest, Rob membentuk Fight dengan drumes Judas Priest Scott Travis, bassis Jack "Jay Jay" Brown dan gitaris Brian Tilse dan Russ Parrish, merekam 2 album antara 1993 dan 1995: War of Words (1993) dan setelah keluarnya Parrish dan digantikan oleh Mark Chausee, A Small Deadly Space (1995). Rob juga merekam sebuah lagu berjudul "Light Comes Out of Black" untuk film rilisan 1992 Buffy the Vampire Slayer. Lagu ini menampilkan musik yang dimainkan oleh Pantera, walau kontribusi mereka tidak ditulis.


Setelah Fight, dia berkolaborasi dengan gitaris John Lowery di sebuah proyek yang terpengaruh oleh musik industrial bernama 2wo yang secara ekesekutif diproduseri oleh Trent Reznor dan dirilis lewat label Nothing Records.


Rob kembali ke akar metalnya pada 2000 dengan bandnya Halford dan menghasilkan album yang diakui Resurrection (2000), diproduseri oleh Roy Z. Dia bergabung dengan the Metal 2000 tour dengan Iron Maiden dan Queensryche untuk mendukung album itu. Sebuah album live pada 2001 diikuti oleh Crucible pada 2002.


Rob telah tampil sebagai vokalis untuk Black Sabbath pada 2 buah pertunjukan. Dia menggantikan Ronnie James Dio selama 2 malam pada Nopember 1992, saat Dio memilih tidak membuka pertunjukan untuk Ozzy Osbourne. Rob juga mengisi tempat Ozzy Osbourne pada 25 Agustus 2004 (saat ulang tahun Rob yang ke 53) di Ozzfest show di Camden, New Jersey, karena Ozzy tidak bisa tampil karena bronkitis.


Pada 2003, Rob kembali ke mantan bandnya, Judas Priest, dan mereka merilis Angel of Retribution pada 2005. Tur dunia yang mendukung rilisan itu menandai ulang tahun band yang ke 30. Setelah itu Judas Priest merilis Nostradamus (2008). Pada 2011 Judas Priest melakukan tur dunia dengan nama "Epitaph", bersama gitaris pengganti Richie Faulkner, karena gitaris pendiri K.K. Downing mengundurkan diri. Setelah itu Judas Priest merilis album Reedemer of Souls pada 2014, dan Rob bersama Judas Priest telah melakukan tur untuk mendukung album tersebut mulai 2014 dan berlanjut hingga 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...