Laman

Rabu, 02 Desember 2015

JOHN DENSMORE


Musisi, penulis lagu, penulis dan aktor John Densmore, yang dikenal sebagai drummer untuk The Doors, dilahirkan dengan nama lengkap John Paul Densmore pada 1 Desember 1944 di Maine, Los Angeles, AS, dan tumbuh besar sambil memainkan piano dan kemudian memainkan drum/perkusi untuk marching band di sekolahnya. Dia pindah ke California unyuk kuliah. John berkuliah di Santa Monica City College dan California State University, Nirthridge; di CSU dia belajar musik etnis dhbawah bimbingan pemain cello jazz Fred Katz.

Dia bergabung dengan The Doors di tahun 1965 dan menjadi anggota hingga pembubaran band di tahun 1973. Menurut buku yang dimiliki John, dia pernah sementara keluar dari band sebagai reaksi atas sifat perusak Jim Morrison yang meningkat, walaupun dia kembali keesokan harinya. Dia sering menyarankan band untuk berhenti melakukan tur, tapi Krieger dan Manzarek menolak usul itu. Setelah pertunjukan terakhir The Doors, penampilan yang membawa petaka dengan Morrison di New Orleans pada 12 Desember 1970, band setuju untuk berhenti manggung. Penampilan di New Orleans menjadi penampilan terakhir band di depan umum sebagai kuartet.



Densmore mengijinkan “Riders on the Storm” digunakan untuk menjual Pirelli Tyres, hanya di UK. Densmore kemudian menyatakan bahwa dia “mendengar suara Jim” di telinganya dan mengakhiri menyumbangkan uang untuk amal. Di tahun 2002, Densmore menolaj tawaran oleh Cadillac sebesar $15 juta untuk “Break on Through (To the Other Side)” karena larangan Morrison yang tidak mengijinkan musik The Doors untuk pemakaian komersil.

Densmore membentuk sebuah band dengan sesame mantan The Doors Robby Krieger di tahun 1973 bernama Butts Band. Band ini merilis 2 buah album dengan 2 lineup yang berbeda tapi dibuabrkan di tahun 1975. Densmore meninggalkan dunia rock and roll di tahun 1980an, pindah ke dunia tari saat dia tampil dengan Bess Snyder and Co., melaukan tur di AS selama 2 tahun.

Di tahun 1984, di La Mama Theatre di New York, dia melakukan debut acting panggungnya di Skins, sebuah drama yang dia tulis. Di tahun 1985, dia memenangkan LA Weekly Theater Award untuk musik dengan Methusalem, dengan sutradara Tim Robbins. Mereka memainkan Rounds, yang ikut dia produseri, memenangkan NAACP award untuk teater di tahun 1987. Di tahun 1988, dia memainkan sebuah peran di Band Dreams and Bebop di Gene Dynarski Thatre. Dia membuat dan menampilkan sesosok manusia dari cerita pendek, The King of Jazz, di Wallenboyd Theatre di tahun 1989. Dengan Adam Ant, dia ikut memproduseri Be Bop A Lula di Theatre Theatre di tahun1992. Dia telah memerankan berbagai acara tv, kebanyakan sebagai dirinya sendiri di sebuah acara Square Pegs, bekerja sebagai seorang drummer untuk band Johnny Slash yang buka 24 jam. Film-filmnya antara lain: Get Crazy dengan Malcolm McDowell, Dudes dengan sutradara Penelope Spheeris, dan The Doors dengan sutradara Oliver Stone. Di film The Doors dia diperankan oleh actor Kevin Dillon.

Desnmore menulis otobiografinya yang laris, Riders on the Storm (1990), tentang hidupnya dan waktunya dengan Morrison dan The Doors. Di babd pertama Densmore mendeskripsikan hari-hari suci dimana dia dan band akhirnya mengunjungi kuburan Morrison sekitar 3 tahun setelah kematian Morrison. Sebagai seorang drummer dan anggota berpengaruh The Doors, dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Dia bekerja sebagai penasehat teknis di film The Doors tahun 1991, dan sangat kagum dengan penampilan Val Kilmer sebagai Morrison. Densmore juga muncul di sebuah episode “Beverly Hills 90210” di tahun 1992, di seri 2, Episode 23. John bermain sebagai Ben, sponsornya Dylan.

Densmore muncul bersama dengan Krieger dan Manzarek di RE:GENERATION tahun 2012, sebuah documenter dengan sutradara Amir Bar-Lev. Film yang menampilkan Densmore berkolaborasi pada sebuah lagu baru dengan Skrillex.

Di tahun 2013 Densmore merilis The Doors Unhinged, sebuah buku yang menceritakan perseteruan hukumnya dengan Krieger dan Manzarek terhadap penggunaan nama The Doors dan penolakan Densmore di tahun 2003 terhadap penawaran Cadillac yang akan membeli hak musik The Doors.

Di tahun 2015 Densmore mendukung calon presiden AS, Bernie Sanders.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...