Laman

Selasa, 01 Desember 2015

ALEX SKOLNICK

Dilahirkan dengan nama lengkap Alexander Nathan Skolnick pada 29 September 1968 di Berkeley, California, AS. Dibesarkan di sebuah keluarga Yahudi “non-tradisional”, Alex mulai bermain gitar pada usia 9 tahun. Dia terpengaruh oleh permainan Eddie Van Halen, Jeff Beck, Jimi Hendrix, Eric Clapton, Johnny Winter, Randy Rhoads, Yngwie Malmsteen, Kiss, dan Scorpions. Dia merupakan murid dari gitaris terkenal Joe Satriani dan satu dari banyak gitaris  (Steve Vai, Larry LaLonde, Rick Hunolt, Kirk Hammett, Andy Timmons, Charlie Hunter, Kevin Cadogan) yang belajar dibawah bimbingan Satriani untuk memperoleh ketenaran. Orangtuanya, Jerome Skonick dan Arlene, keduanya lulusan PhD dari Yale University, adalah professor sosiologi di New York University dan sebelumnya mengajar di UC Berkeley. Alex mempunyai seorang abang, Michael. Menurut angket pembaca majalah Guitar World, dia dianggap sebagai salah satu gitaris terhebat sepanjang masa dan salah satu gitaris tercepat.


Alex adalah anggota dari band thrash metal San Fransisco Bay Area Testament dari 1983 hingga kepergiannya di 1993. Dia kembali ke band untuk merekam ulang beberapa materi lama untuk rilisan band First Strike Still Deadly, juga penampilan all-star “Thrash of the Titans di 2001, sebelum kembali secara penuh 4 tahun kemudian.


Setelah kepergiannya dari Testament, Alex ikut band Savatage di 1994 untuk rekaman Handful of Rain, juga album live susulannya dan rilisan home video Japan Live ’94. Pada 1991 dia merekam dan melakukan tur dengan band Stu Hamm. Dia juga bermain gitar untuk Ozzy Osbourne di 1995. Di 2004, Alex menjadi musisi tamu di album Ashes of the Wake milik Lamb of God, merekam sebuah gitar solo untuk trek instrumental yang menjadi judul album bersama dengan mantan gitaris Megadeth Chris Poland.


Selama pertengahan hingga akhir 1990-an, Alex memimpin beberapa proyek di Bay Area, antara lain Skol Patrol (sebuah band funk yang secara eksklusif didedikasikan untuk tema pertunjukan polisi, baik cover dan orisinil, dengan Michael Manring). Dia juga merekam 2 album dengan Attention Deficit, band 3 orang yang berisi Tim Alexander dari Primus juga Manring. Pada akhir 90-an, dia berkolaborasi dengan violinis listrik Joe Deninzon (yang dia jumpai di New York City di New School) di Stratospheerius, merekam album The Adventures of Stratopheerius. Dia juga muncul di album mereka Live Wires.

Di 1998, Alex pindah ke New York City dan mulai mencurahkan semua energinya ke jazz, mendaftar di The New School for Jazz & Contemporary Music dan lulus dengan gelar BFA di bidang jazz.


Sejak 2002, Alex telah melakukan tur dan rekaman dengan Alex Skolnick Trio (AST), sebuah grup jazz yang dikenal memainkan bebop dari lagu-lagu rock klasik dan heavy metal. Trio ini telah tampil di Rochester International Jazz Festival, Musikmesse di Frankfurt, Jerman, di National Center for the Arts, Mexico City, di Iridium Jazz Club, New York City, dan berbagai venue di seluruh dunia. AST mencampurkan rock dengan keanggunan dan keindahan jazz. Sejak debut mereka, AST telah diberi penghargaan 4,5 bintang oleh Downbeat, ditanggapi oleh para Jazziz, The Village Voice dan telah masuk chart di JazzWeek radio charts. Penggemar dari grup ini antara lain superstar internasional Rodrigo y Gabriela yang telah melakukan rekaman dan manggung dengan Alex dan Robert Trujillo dari Metallica, yang ikut dengan band untuk nge-jam di Radio City Music Hall.


Album teranyar trio ini, Veritas, mencapai Top Ten di iTunes jazz charst di No. 7, posisi antara Dave Brubeck dan Esperanza Spalding, dan dirilis via label jazz terkenal Palmetto Records. Di Oktober 2007, Alex Skolnick Trio menjadi pendukung untuk Rodrigo y Gabriela di US East Coast. Di 2009, Alex menampilkan solo gitar di trek ‘Atman” untuk album studio hit Rodrigo y Gabriela 11 : 11. The Alex Skolnick Trio juga menjadi band pendukung utama pada tur Eropa dan AS di 2010 untuk Rodrigo y Gabriela, antara lain lima malam yang laris di London. Alex merilis sebuah DVD pelajaran Jazz dengan Rock House Method di Mei 2010. Alex muncul di “What’s Next?” – sebuah album duo jazz oleh pianis-komposer Randy Klein yang dirilis di Oktober 2012.

Alex juga aktif menggabungkan musik dengan karya seni dan literature. Di 2007, dia berkontribusi sebuah solo untuk proyek artis asal Mesir Nader Sadek, “Faceless.” Lagunya hanya dapat di dengar di sebuah galeri seni di New York. Di 2012, dia manggung di Feature Inc Gallery di New York, untuk proyek  interpretasi musik untuk karya artis visual Douglas Melini. Dia kini mengerjakan sebuah proyek musical “The Bestiary” dengan penulis Bradford Marrow.

Di musim semi 2005, Alex dan lineup klasik Testament melakukan reuni untuk tur Eropa yang singkat 10 Days of May Tour, dengan beberapa jadwal di Amerika ditambahkan. Tur itu sukses dan sebuah rilisan CD/DVD dirilis dari show di London pada 8 Mei 2005. Pada 29 April 2008, Testament merilis album studio pertama mereka dalam 9 tahun, Formation of Damnation. Alex dan Testament menyelesaikan album studio terbaru, berjudul Dark Roots of Earth, dirilis pada 27 Juli 2012. Album ini debut di No. 12 di Billboard Top 200 dan debut di No. 1di Billboard Hard Rock dan Rock Albums. Di No. 9 di World Charts.

Pada 2010, Alex menjadi seorang produser untuk band thrash metal asal Irak Acrassicauda yang menjadi subyek pengakuan dan masuk ke dokumentasi Heavy Metal in Baghdad. Di 2013 dia diangkat sebagai dewan direksi dari Musicians Institute, Hollywood.

Buku pertamanya “Geek to Guitar Hero”, sebuah memoir, yang dia tulis antara 2009 hingga 2011, dirilis pada Januari 2013. Dia mengumumkan peluncuran bukunya di Sirius XM Radio selama New York Comic Con di Oktober 2012. Buku mendapatkan sambutan yang baik dari penulis-penulis Bradford Morrow, Anthony Bozza, Ned Vizzini, editor majalah Guitar World Brad Tolinski dan The Village Voice.

Pada 21 Juni 2012, Summer Solstice Day, Alex meluncurkan proyek musik new worldnya “Planetary Coalition” di festival tahunan Make Music New York yang disponsori oleh majalah Guitar World di Union Square. Planetary Coalition secara resmi dirilis pada 11 November 2014 dibawah label ArtistShare. Album ini berisi musisi-musisi dari 5 benua antara lain duo gitar asal Meksiko Rodrigo y Gabriela, dramer asal Kuba Horacio “El Negro” Hernadez, penyanyi Indo-Kanada Kiran Ahluwalia, pemain oud dari Palestina Adnan Joubran, pemain bass Argentina Pablo Aslan, pemain kora dari Mali Yacouba Sissoko, pemain pipa asal China Yihan Chen, anggota dari New York Gypsy All Stars, pemain kanun asal Turki Tamer Pinarbasi, pemain akordion asal Albania Raif Hyseni, perkusionis asal Israel Gadi Seri, virtuoso violin Rachel Golub, anggota dari grup asal Brooklyn House of Waters dan lain-lain.


Alex Skolnick bersama bassis Megadeth David Ellefson dan dramer Mike Portnoy membuat sebuah proyek bernama Metal Allegiance. Pada 18 September 2015 Metal Allegiance meluncurkan album debut self-title mereka. Album ini berisi musisi-musisi seperti Philip Anselmo (Pantera, Down), Charlie Benante (Anthrax), Chuck Billy (Testament), Randall Blythe (Lamb Of God), Rex Brown (Pantera, Down, Kill Devil Hill), Ron “Bumblefoot” Thal (Guns N’ Roses), Phil Demmel (Machine Head), Alissa White-Gluz (Arch Enemy), Matthew K. Heafy (Trivium), Gary Holt (Exodus, Slayer), Jamey Jasta (Hatebreed), Chris Jericho (Fozzy), Andreas Kisser (Sepultura), Misha Mansoor (Periphery), Mark Osegueda (Death Angel), Tim “Ripper” Owens (Judas Priest, Iced Earth), Doug Pinnick (King’s X, KXM), Troy Sanders (Mastodon), Cristina Scabbia (Lacuna Coil), Steve “Zetro” Souza (Exodus), Ben Weimann (The Dillenger Escape Plan).

Alex Skolnick merangkum 10 album berorientasi gitar favoritnya: 

      1.      Van Halen – Van Halen (1978)
      2.      Ozzy Osbourne/Randy Rhoads – Tribute (1987)
      3.      Wes Montgomerry – The Incredible Jazz Guitar Of Wes Montgomery (1960)
      4.      Pat Metheny – Question And Answer (1989)
      5.      BB King – Live And Well (1969)
      6.      Jimi Hendrix – The Jimi Hendrix Concerts (1982)
      7.      Col. Bruce Hampton And The Aquarium Rescue Unit – Live Album (1992)   
      8.      Al Di Meola – Elegant Gypsy (1977)
      9.      Miles Davis – We Want Miles (1982)
    10.     Jeff Beck – Blow by Blow (1975)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...