Laman

Rabu, 19 Juni 2019

CARL RADLE


Dilahirkan dengan nama Carl Dean Radle pada 18 Juni 1942 di Tulsa, Oklahoma, AS adalah seorang bassis Amerika yang melakukan tur dan rekaman dengan banyak artis rekaman paling berpengaruh pada akhir 1960-an dan 1970-an. Ia dilantik secara anumerta ke Oklahoma Music Hall of Fame pada tahun 2006. 

Radle terkenal karena hubungannya yang lama dengan Eric Clapton, dimulai pada 1969 dengan Delaney and Bonnie and Friends dan berlanjut pada 1970 dengan Derek and the Dominos , rekaman dengan drummer Jim Gordon, gitaris Duane Allman, dan keyboardis Bobby Whitlock. Pada tahun 1970 Radle bergabung dengan Mad Dogs and Englishmen tour milik Joe Cocker. Dia mengerjakan semua proyek solo Clapton dari tahun 1970 hingga 1979 dan menjadi anggota band tur Clapton, Eric Clapton & His Band, dari 1974 hingga 1979. Radle berperan penting dalam memfasilitasi kembalinya Clapton ke rekaman dan tur pada tahun 1974. Selama tiga tahun hiatus milik Clapton, Radle melengkapinya dengan persediaan kaset musisi dengan siapa dia telah bekerja. Dick Sims dan Jamie Oldaker adalah inti dari band Clapton selama tahun 1970-an. Radle berperan lebih dari sekadar musisi pengiring, berperan juga sebagai aranjer di beberapa lagu, terutama "Motherless Children". Radle mendapat pujian sebagai produser rekanan dari album milik Clapton, No Reason to Cry.
 


Radle adalah musisi sesi untuk banyak artis blues rock dan rock and roll paling terkenal di tahun 1970-an, termasuk Rita Coolidge dan Kris Kristofferson. Dia muncul dalam film The Concert for Bangladesh; rekaman dari konser itu dirilis sebagai album pada tahun 1972. Selama periode dua tahun sebelum rilisan album The Concert for Bangladesh, Radle merekam album antara lain dengan Dave Mason, J.J. Cale, George Harrison, Joe Cocker, Leon Russell, dan Buddy Guy. Dia dapat dilihat dalam film milik Martin Scorsese tahun 1978, The Last Waltz, yang mendokumentasikan konser terakhir dari The Band, yang diadakan pada tahun 1976.

Selama karirnya, Radle bermain di sejumlah singel dan album emas dan platinum dan mendapatkan rasa hormat dari banyak musisi. Alur bassnya seringkali sederhana dan berulang, tetapi selalu dengan tujuan mendukung lagu.

Radle meninggal pada 30 Mei 1980 karena infeksi ginjal, diperburuk oleh efek alkohol dan narkotika; dia berusia 37 tahun saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...