Laman

Kamis, 02 Mei 2019

WAYNE KRAMER


Dilahirkan pada 30 April 1948 dengan nama Wayne Kambes adalah gitaris, penyanyi, penulis lagu, produser dan komposer film dan televisi Amerika.

Kramer mulai dikenal saat masih remaja pada tahun 1967 sebagai salah satu pendiri dari grup rock Detroit MC5 (Motor City 5), sebuah grup yang dikenal karena pertunjukan live yang kuat dan sikap politik sayap kiri radikal. MC5 pecah di tengah konflik kepribadian, penyalahgunaan narkoba, dan masalah pribadi, yang, bagi Kramer, menyebabkan beberapa tahun yang berat, ketika ia berjuang melawan kecanduan narkoba sebelum kembali ke rekaman aktif dan jadwal pertunjukan pada 1990-an.

Rolling Stone memberinya peringkat nomor sembilan puluh dua dalam daftar "100 Greatest Guitarists of all Time".

MC5 sering bermain di Grande Ballroom yang terkenal di Detroit dan dikelola oleh John Sinclair, seorang penulis sayap kiri radikal dan salah satu pendiri dari White Panther Party, hingga tahun 1970 ketika Jon Landau mengambil alih manajemen kreatif grup. Setelah pembubaran dari MC5, Kramer menghabiskan beberapa tahun terlibat dalam kegiatan terlarang karena perjuangannya yang berkelanjutan dengan kecanduan narkoba. 
 

Pada tahun 1975, ia kedapatan menjual kokain kepada agen-agen federal yang menyamar dan masuk penjara selama lebih dari dua tahun di Penjara Federal Lexington di Lexington, Kentucky. Saat dipenjara ia bertemu Red Rodney, pemain trompet jazz Amerika yang pernah bermain dengan kwintet Charlie Parker. Mereka bermain bersama di kapel hari Minggu di lembaga itu.

Setelah dibebaskan dari penjara, ia pindah ke New York City dan secara singkat bekerja sama dengan Johnny Thunders. Pada 1979 mereka membentuk band Gang War. Dia juga bermain dengan band 1980 populer Fats Deacon dan the Dumbwaiters, membuat penampilan di "The Uncle Floyd Show", dan muncul di semua klub besar di era itu. The Dumbwaiters juga menampilkan penyanyi, penulis lagu, keyboard, Derek "Fats Deacon" Jones, drummer Paul Blaccard dan bassis Anthony Lombardo, Drummer Joey "Bones" Amanna, gitaris Bobby "Slacks" Brunswick (dari Dungaree Dogs fame). Wayne muncul pertama kali sebagai gitaris untuk Fats Deacon, dengan Bobby "Slacks" sebagai bassis, di Uncle Floyd Show. Wayne dan Bobby Brunswick pertama kali bertemu pada 1980, sambil menyumbang rekaman gitar untuk lagu semi-hit Fats Deacon, "What you want be be?" Wayne memasok isian teriakan lead gitar panas, Bobby Brunswick melakukan trek gitar ritem. Lagu ini direkam dan diproduksi di Song Shop Records di West 22nd street di Manhattan, New York. 
 

Kramer juga menghabiskan sebagian besar tahun 1980-an bekerja sebagai tukang kayu di kota, di mana ia menulis bersama dan secara teratur menampilkan musikal R&B "The Last Words of Schultz " dengan Mick Farren di Tramps, di antara klub NY lainnya. Dia merekam dan memproduksi band-band punk rock selama sepuluh tahun di Lower East Side, New York, termasuk penyanyi terkenal GG Allin.

Pada tahun 1979 ia bergabung dengan Was (Not Was) sebagai gitaris pertama mereka. Kramer bermain di single "Wheel Me Out". Dia membuat penampilan tamu lagi pada rilisan 2008 mereka Boo di Ryko Records.

Kramer, bersama dengan anggota MC5 lainnya yang masih hidup, mereformasi pada tahun 1991 dalam sebuah konser peringatan untuk mengumpulkan uang bagi keluarga mantan penyanyi utama Rob Tyner, yang meninggal karena serangan jantung.

Pada tahun 1994, Kramer menandatangani kontrak dengan label punk rock milik Brett Gurewitz, Epitaph Records dan memulai karier solo. Dia merilis rekaman solo, termasuk The Hard Stuff yang diproduksi sendiri tahun 1995, yang menampilkan band Claw Hammer di sebagian besar lagu, bersama dengan penampilan dari anggota dari The Melvins dan The Vandals. Pada tahun 1996 ia merilis Dangerous Madness. Pada 1997, ia merilis Citizen Wayne, yang diproduksi bersama oleh David Was. Pada tahun 1998, ia bermain dengan Pere Ubu. Pada tahun 1999, ia merilis rekaman langsung LLMF. Pada tahun 2002, ia merilis album studio Adult World.

Pada tahun 2001, Kramer dan istri serta manajernya Margaret Saadi Kramer meluncurkan MuscleTone Records, sebuah label independen. MuscleTone dan Levi's Clothing bermitra untuk menghasilkan pertunjukan langsung yang menampilkan anggota MC5 masih hidup dan para tamu Ian Astbury (The Cult), Dave Vanian (The Damned) dan Lemmy (Motorhead), yang mereka rekam di 100 Club di London untuk Channel 4 di UK. Acara ini menghasilkan liputan pers di seluruh dunia dan mendorong tur dunia. Tur berlangsung selama beberapa tahun dan meliputi ttanggal di Eropa, Amerika, Australia, Amerika Selatan dan Jepang. Mereka tampil bersama-sama sejak dan saat itu dengan berbagai tamu.

Kramer juga tercatat sebagai bassis pada lagu "Inside Job" untuk band grunge Mudhoney untuk album yang ia produksi, Beyond CyberPunk . Pada tahun 2006 ia diwawancarai untuk acara VH1 The Drug Years dan telah diwawancarai selama hampir selusin program tentang kerusuhan Konvensi Nasional Demokrat 1968 di Chicago (di luar, sebagai bagian dari protes anti-perang, MC5 tampil), untuk pemulihan dan kecanduan rock and roll, dan program-program tentang masalah keadilan sosial.

Pada 27 Agustus 2008, Kramer tampil sebagai bintang tamu khusus di band rock-politik Rage Against the Machine, di Tent State Music Festival to End the War, di Denver, Colorado selama Konvensi Nasional Demokrat 2008. Dia bergabung dengan mereka di atas panggung dan memberikan pidato, diikuti dengan penampilan bersama dari "Kick Out the Jams."

Pada 8 November 2008, Kramer membuat penampilan tamu istimewa di acara Neverender milik band rock-progresif Coheed dan Cambria di Hollywood, California. Dia dibawa keluar selama aksi encore untuk tampil dengan band untuk "I Shall Be Released" milik Bob Dylan, dan menambahkan bagian gitar ketiga selama solo dari lagu milik Coheed, "Welcome Home."

Pada 1 Mei 2009, Kramer menghadiri acara amal terjual habis di mana ia dihormati atas karyanya dengan nirlaba Road Recovery di Nokia Theatre, New York City. Keesokan harinya, pada tanggal 2 Mei 2009 ia bersama dengan sesama musisi antara lain Tom Morello, Jerry Cantrell, Billy Bragg, Perry Farrell, Gilby Clarke dan Don Was, bermain untuk narapidana di penjara Sing Sing.

Setelah konser Sing Sing, Kramer merasa terdorong untuk melanjutkan pekerjaan Jail Guitar Doors di Amerika Serikat. Kramer, Billy Bragg dan Margaret Saadi Kramer mendirikan Jail Guitar Doors, USA pada tahun 2009. Sejak saat itu Kramer telah menyediakan instrumen, lokakarya, dan konser penjara di seluruh Amerika.

Pada 21 Februari 2011 Kramer bermain dengan Tom Morello, dan The Street Dogs di sebuah acara bebas untuk mendukung demonstrasi pro-serikat pekerja yang sedang berlangsung di Wisconsin State Capitol di Madison, Wisconsin. 5.000 gelang diberikan untuk pertunjukan gratis di Monona Terrace.

Pada 17 Juni 2011, Kramer adalah bagian dari perayaan musik Detroit all-star, yang dipimpin oleh sesama warga asli Detroit, Marshall Crenshaw, di Chicago Orchestra Hall. Acara ini adalah bagian dari serangkaian enam konser yang bertajuk "United Sounds of America," semua berlangsung di COH pada bulan Juni. Artis-artis lain yang dijadwalkan tampil di konser itu adalah Bettye LaVette, Brendan Benson, Amp Fiddler, Mick Collins, Regina Carter, Louis Hayes, Ralphe Armstrong, dan GayeLynn McKinney.

Pada 16 Maret 2012, Kramer tampil sebagai bintang tamu dengan trio surf Denmark, The Good The Bad di pertunjukan Ice Cream Social milik Roky Erickson di Markas Besar Dunia dari Threadgill, Austin, Texas, sebagai bagian dari Festival SXSW. Bersama-sama kuartet ini memainkan versi panjang dari "Kick Out The Jams." 
 

Pada 23 Oktober 2015, Kramer bermain di Adler Theater di Davenport, Iowa, di sebuah acara kampanye untuk Bernie Sanders, kandidat Demokrat untuk presiden, yang juga menampilkan Marshall Crenshaw dan sejumlah pemain lainnya.

Untuk karyanya dengan Jail Guitar Doors USA, Kramer mendapat penghargaan Artistic Licence Award oleh California Lawyers for the Arts pada 30 Juni 2013, di William Turner Gallery di Santa Monica, California. Sejak didirikan pada tahun 2009, Jail Guitar Doors telah memberikan pelajaran gitar dan musik untuk narapidana di lebih dari 50 lembaga pemasyarakatan di seluruh Amerika Serikat. Kramer menutup malam itu dengan memainkan "Back When Dogs Could Talk", "Jail Guitar Doors", "Sing Me Back Home" dan " Knockin' on Heaven's Door".

Lagu milik Kramer "Stranger in the House" ditampilkan pada akhir akhir Season 1 16 Mei 1997 dari Millennium, berjudul "Paper Dove".

Sorotan dari karya skoringnya dapat didengar di komedi Will Ferrell, Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby dan Step Brothers. Musik solo milik Kramer "Edge of the Switchblade" beroperasi dengan kredit akhir dari Talladega. Ia ikut menyusun skor untuk film dokumenter HBO yang kontroversial 2006 Hacking Democracy, yang juga menampilkan lagunya "Something Broken in the Promised Land" sebagai judul lagu.

Kramer membuat musik dokumenter ITVS/PBS The Narcotic Farm tentang Federal Narcotics Farm di Lexington, Kentucky, serta album soundtrack yang menyertainya berjudul Lexington. Dia juga narator untuk film dokumenter itu.

Kramer juga menggubah musik untuk televisi, termasuk tema untuk Fox Sports Network 5-4-3-2-1, Spotlight, In My Owns Words dan Under the Lights; dan seri yang dinominasikan Emmy milik E!, Split Ends serta iklan Jim Beam "Unlabelled".

Dia membuat musik untuk serial komedi HBO Eastbound & Down, dibintangi Danny McBride dan eksekutif diproduksi oleh Will Ferrell, Adam McKay dan Chris Henchy, yang ditayangkan perdana pada Februari 2009.

The Clash merujuk pada masalah narkoba Kramer dalam lagu 1977 mereka "Jail Guitar Doors", yang judulnya telah diadopsi untuk sebuah inisiatif yang dibuat oleh Billy Bragg untuk memberi para tahanan penjara peralatan musik:

Let me tell you 'bout Wayne and his deals of cocaine
A little more every day
Holding for a friend till the band do well
Then the D.E.A. locked him away

EP 1996 Eno Collaboration oleh Half Man Half Biscuit menampilkan lagu "Get Kramer", yang dimulai:

We've got Kramer
Coming over to produce us
So that we can show off to our specialist friends

dan berakhir:

I’ll give you Kick Out The Jams

Tom Morello dari Rage Against The Machine sering mengutip Kramer sebagai pengaruh besar dan sekarang tampil bersamanya di pertunjukkan Axis of Justice.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...