Laman

Senin, 12 Agustus 2019

ERIK BRANN


Erik Keith Brann (terlahir Rick Davis pada 11 Agustus 1950, Pekin, Illinois, AS), juga dikenal sebagai Erik Braunn, adalah seorang gitaris Amerika dengan band acid rock 1960-an, Iron Butterfly. Ia tampil dalam hit terbesar milik band sepanjang 17 menit, In-A-Gadda-Da-Vida (1968), yang direkam ketika ia berusia 17 tahun.

Brann, yang berasal dari Boston, Massachusetts, dan pemain biola, diterima saat anak-anak dalam program prodigy di Boston Symphony Orchestra, tetapi segera terpikat untuk menjadi gitaris rock, bergabung dengan Paper Fortress pertama, kemudian Iron Butterfly di usia 17. Ia bermain dengan Ron Bushy, Lee Dorman dan Doug Ingle dari akhir 1967 hingga Desember 1969. Album pertama dari jajaran ini, In-A-Gadda-Da-Vida, terjual lebih dari 30 juta kopi, dianugerahi penghargaan platinum pertama dan tetap di tangga album majalah Billboard selama hampir tiga tahun. Dengan bantuan pengaturan dari Dorman, Brann menulis lagu "Termination", yang ditampilkan di album. Dia juga menyediakan vokal utama untuk lagu ini.


Mini-bio album itu, yang ditulis ketika dia berusia 17 tahun, menceritakan tentang ambisi akting yang pernah dimilikinya, preferensi pakaian dan makanan serta kemudahan yang memungkinkan para artis rock 'n roll untuk mengatur pertemuan seksual (biasanya dengan groupies). Bunyinya: "Meskipun musik selalu menjadi salah satu cintanya yang hebat, Erik mempelajari drama dan sebelum bergabung dengan the Butterfly, kemampuan aktingnya telah menjadikannya peran utama dalam drama lokal. ... Erik berharap, suatu hari, melanjutkan di bidang akting. Namun, saat ini, satu-satunya perhatiannya adalah Iron Butterfly, sweater turtleneck, pisang dan seks yang lebih adil."

Pada tahun 1970, Brann dan mantan anggota Iron Butterfly, Darryl DeLoach, membentuk Flintwhistle. Band ini tampil live selama sekitar satu tahun sebelum bubar. Antara tahun 1972 dan 1973, Brann hanya bekerja di studio pada berbagai demo. Pada tahun 1973, ia merekam beberapa demo dengan MCA Records yang dapat ditemukan di situs bootleg. Lagu-lagu terkenal dari demo ini termasuk versi awal dari "Hard Miseree", "Am I Down", dan "Scorching Beauty". Pada 1974, ia dihubungi oleh promotor tentang mereformasi Iron Butterfly, jadi ia bersatu kembali dengan Ron Bushy untuk membentuk versi baru dari grup itu, menandatangani kontrak dengan MCA. LP Beauty Scorching tahun 1975 menampilkan Brann pada gitar dan vokal, Bushy pada drum, Philip Taylor Kramer (teman Bushy) pada bass dan teman Erik Howard Reitzes (yang bekerja di sebuah toko musik yang sering dikunjungi oleh Brann) pada keyboard. Band ini juga merilis Sun and Steel pada akhir 1975 dengan Bill DeMartines menggantikan Reitzes di keyboard. Tidak ada album yang terjual dengan baik, dan band ini bubar tak lama kemudian (sekitar musim panas 1977).

Antara 1979 dan 1990, Brann sesekali bersatu kembali dengan Iron Butterfly untuk konser. Dia meninggal pada 25 Juli 2003 karena serangan jantung terkait dengan cacat lahir yang telah dia perjuangkan selama bertahun-tahun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...