Laman

Jumat, 19 Juli 2019

JASKA RAATIKAINEN


Dilahirkan pada 18 Juli 1979 di Lappeenranta, Finlandia adalah musisi Finlandia, drummer dan salah satu pendiri dari band Children of Bodom.

Instrumen pertamanya adalah piano, dan selama sebagian besar masa kecilnya juga memainkan alat tiup Prancis dalam sebuah big band - sebuah fakta yang kemudian membuatnya diperkenalkan ke Alexander Kuoppala. Baru pada usia 12 tahun ia mulai bermain drum; dia memiliki pedal double bass pertamanya sebelum dia memiliki drum kit. Dia terinspirasi oleh musisi seperti Scott Travis (dari Judas Priest) dan Mikkey Dee (dari Motörhead).


Ketika Raatikainen bertemu Alexi Laiho di sekolah pada tahun 1993, mereka menyadari bahwa mereka memiliki ide dan selera musik yang serupa. Maka, mereka mulai bermain bersama dan mengidealkan band mereka Inearthed yang suatu hari akan menjadi Children of Bodom. Band ini merilis demo pertama mereka, Ubiquitous Absence of Remission, dimana ia berkontribusi pada beberapa keyboard. Jaska memainkan peran penting dalam pembentukan band, karena dialah yang membawa Alexander Kuoppala dan Janne Wirman ke susunan pemain mereka. Jaska juga menyediakan vokal latar pada lagu-lagu "Warheart", "Black Widow", dan "Children of Bodom" dari album band-nya, Hatebreeder.


Dia juga telah membantu beberapa band ketika mereka membutuhkan drummer yang kompeten. Selama tur Eropa 2000 milik Sinergy, ia menggantikan Tommi Lillman, yang telah terluka kakinya. Namun, masalahnya adalah bahwa ini terjadi tiga hari sebelum dimulainya tur, yang berarti bahwa Raatikainen harus dengan cepat belajar bagaimana memainkan sepuluh lagu milik Sinergy. Meskipun tingkat kesulitannya tinggi, ia berhasil tampil dengan sangat baik, dan penggemar kedua band menikmati melihat Raatikainen dan Laiho di atas panggung bersama dengan Sinergy. Pada buklet dari album Suicide by My Side, band ini menulis dedikasi kepada Raatikainen untuk, dengan kata-kata mereka sendiri, "menyelamatkan tur [mereka]".

Raatikainen juga bermain di album Virtuocity dan Evemaster, tetapi karena keduanya adalah band studio, ia tidak perlu terlalu khawatir tentang jadwal tur Children of Bodom, yang sudah harus dihitung lebih dulu, karena partisipasi aktif Laiho sebelumnya dalam Sinergy.


Pada penghormatan 2002 kepada Chuck Schuldiner - dalang dari salah satu band death metal paling terkenal sepanjang masa, Death - Raatikainen, yang adalah penggemar band, memainkan beberapa lagu cover dengan Norther. Setahun kemudian, Raatikainen membentuk proyek sampingan dengan gitaris Norther, Kristian Ranta bernama Gashouse Garden, yang belum dikontrak ke label rekaman mana pun.

Sampai dengan rekaman album Hatebreeder, Raatikainen didukung oleh drum Sonor dan oleh simbal Sabian. Dia akhirnya kehilangan kesepakatan dengan Sonor dan untuk beberapa waktu bermain dengan drum yang berbeda, sampai puas dengan drum Pearl pada tahun 2003. Stik drumnya adalah stick Millenium II kustom dari Pro Mark dengan namanya terukir pada mereka.


Raatikainen memiliki beberapa proyek sampingan, beberapa di antaranya tidak terkait dengan musik. Pada tahun 2000 ia diminta oleh sutradara opera sabun Finlandia populer (Siamin Tyttö) untuk memainkan sebuah peran khusus. Dia memainkan karakter bernama Rauli selama tiga episode, sampai kematian dari karakter itu. Dia memang memiliki kesempatan untuk menunjukkan beberapa drumnya sebelum itu terjadi. Menurut Raatikainen, dia selalu memimpikan akting, tetapi tidak berencana untuk mengambil karirnya lebih jauh.

Raatikainen memiliki dua saudara lelaki; Jussi, yang bermain untuk banyak band metal Finlandia profesional, serta Julius, yang bermain untuk band melodic death metal Kauna.

Raatikainen adalah orang yang pendiam dan teratur yang menghabiskan banyak waktu sendirian. Sebagian besar waktu, ia tinggal di kamar tunggal di hotel dan umumnya mengambil tempat tidur di sudut atas saat bepergian dengan bus tur. Wawancara dengannya jarang terjadi, dan meskipun menjadi salah satu anggota pendiri, ia membiarkan Laiho dan Henkka Seppälä melakukan sebagian besar pembicaraan.

Pada awal 2010, Raatikainen menjadi ayah dari bayi perempuan.

Meskipun nama belakangnya adalah Raatikainen, ia tidak memiliki hubungan dengan gitaris Finlandia lainnya, Sami Raatikainen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...