Laman

Jumat, 05 Juli 2019

ALAN WILSON


Dilahirkan dengan nama Alan Christie Wilson pada 4 Juli 1943 adalah salah satu pendiri, pemimpin, dan komposer utama untuk band blues Amerika Canned Heat. Dia menyanyi dan memainkan harmonika dan gitar dengan grup secara live dan rekaman. Wilson adalah vokalis di dua single hit AS terbesar milik Canned Heat, "On the Road Again" dan "Going Up the Country". Kematiannya pada usia 27 tahun sebelum tanggal dari beberapa artis rock lain tahun 1960-an.

Wilson lahir dan besar di pinggiran kota Boston, Arlington, Massachusetts. Beberapa upaya Wilson yang pertama untuk tampil di depan umum dilakukan selama masa remajanya dengan ansambel jazz yang ia bentuk dengan teman-teman yang berorientasi musik lainnya dari sekolah. Di sekitar waktu yang sama inilah Wilson mengembangkan daya tarik dengan musik blues setelah seorang teman memainkan rekaman Muddy Waters untuknya. Setelah lulus dari Arlington High School, ia mengambil jurusan musik di Universitas Boston dan memainkan sirkuit folk-blues kedai kopi di Cambridge, Massachusetts. Wilson berkembang menjadi siswa berdedikasi dari blues awal, menulis sejumlah artikel untuk surat kabar Broadside of Boston dan majalah kebangkitan rakyat Little Sandy Review, termasuk artikel tentang bluesman Robert Pete Williams.

Wilson dianggap oleh banyak rekan-rekan musiknya sebagai ahli pada musisi blues yang datang sebelum dia; banyak yang menganggapnya memiliki kemampuan luar biasa untuk berhubungan secara musikal dengan pemain blues yang lebih tua. Pengaruh terbesarnya meliputi Skip James, Robert Johnson, Son House, Charley Patton, Tommy Johnson, John Lee Hooker, Muddy Waters, dan Bukka White. James, khususnya, sangat dikagumi oleh Wilson. Di sekolah menengah, Wilson mempelajari rekaman James tahun 1931 dengan penuh semangat. Selanjutnya, Wilson mulai menyanyi mirip dengan nada tinggi milik James. Wilson akhirnya menyempurnakan tenor tinggi yang membuatnya dikenal.

Setelah 'penemuan kembali' dari Son House pada tahun 1964, terbukti bahwa House telah melupakan lagu-lagunya karena lama absen dari musik. Wilson menunjukkan kepadanya bagaimana cara memainkan lagi lagu-lagu House yang telah direkam pada tahun 1930 dan 1942. Wilson memainkan rekaman lama House untuknya dan menunjukkannya pada gitar untuk menghidupkan kembali memori House. House merekam "Father of the Delta Blues" untuk Columbia Records pada tahun 1965. Dua dari tiga pilihan di lokasi syuting menampilkan Wilson pada harmonika dan gitar. Dalam sebuah surat kepada Jazz Journal yang diterbitkan dalam edisi September 1965, manajer Son House Dick Waterman berkomentar berikut tentang proyek dan Wilson: "Ini adalah album solo, kecuali untuk dukungan pada dua lagu oleh seorang bocah kulit putih berusia 21 tahun dari Cambridge dengan nama Al Wilson. Al memainkan gitar kedua di Empire State Express dan harpa di Levee Camp Moan. Al tidak pernah merekam sebelumnya, tetapi ia telah mendukung John Hurt, Skip James, Sleepy John Estes, Bukka White dan banyak lainnya. Dia bagus, dan rekeman akan membuktikannya.”



Selama tampil di Cambridge, Wilson bertemu gitaris Amerika John Fahey. Dari Fahey, ia memperoleh julukan "Blind Owl" karena rabun jauh, tampilan wajah bulat dan sifat ilmiah. Dalam satu contoh ketika dia bermain di sebuah pernikahan, dia meletakkan gitarnya di atas kue pernikahan karena dia tidak melihatnya. Seperti yang dikatakan drummer Canned Heat, Fito de la Parra, dalam bukunya: "Tanpa kacamata, Alan benar-benar tidak bisa mengenali orang-orang yang bermain dengannya dengan dua kaki, begitulah kebutaan 'Blind Owl'." Dengan dorongan Fahey, Wilson pindah bersama Fahey ke Los Angeles dengan tujuan agar Wilson membantu Fahey dengan tesis master UCLA -nya tentang Charley Patton. Di Los Angeles, Wilson bertemu dengan Bob Hite, seorang penggemar musik blues dan kolektor rekaman yang kemudian mendirikan Canned Heat bersama Wilson.

Dengan Canned Heat, Wilson tampil di dua konser terkemuka era 1960-an, Monterey Pop Festival pada tahun 1967 dan Woodstock pada tahun 1969. Meskipun penampilan langsung Canned Heat dipotong dari rilisan teatrikal asli dari film Woodstock, mereka tampil dalam peringatan 25 tahun "Director’s Cut." Versi studio dari "Going Up The Country" ditampilkan dalam film Woodstock.

Wilson juga menulis dan menyanyikan lagu hit "On the Road Again". Dalam sebuah wawancara dengan majalah Down Beat ia berkomentar, "... di 'On The Road Again' [LP kedua] saya muncul dalam enam kapasitas yang berbeda - tiga bagian tamborin, harmonika, vokal, dan gitar, semua direkam pada waktu yang berbeda." Di album ganda Hooker 'N Heat (1970), John Lee Hooker terdengar bertanya-tanya bagaimana Wilson mampu mengikuti permainan gitar Hooker dengan sangat baik. Hooker dikenal sebagai pemain yang sulit untuk ditemani, sebagian karena mengabaikan bentuk lagu. Namun Wilson tampaknya tidak mengalami kesulitan sama sekali mengikutinya di album ini. Hooker menyimpulkan bahwa "Anda [Wilson] pasti mendengarkan rekaman saya sepanjang hidup Anda". Hooker juga diketahui telah menyatakan "Wilson adalah pemain harmonika terhebat yang pernah ada." 

Pada 3 September 1970, Wilson ditemukan meninggal di belakang rumah Topangan Canyon milik rekan band Bob Hite; dia berusia 27 tahun. Sebuah otopsi mengidentifikasi kebiasaan dan penyebab dari kematiannya sebagai overdosis akut. Wilson dilaporkan berusaha bunuh diri beberapa bulan sebelumnya, berusaha mengemudikan mobilnya keluar jalur jalan raya di Los Angeles. Dia secara singkat dirawat di rumah sakit karena depresi signifikan, dan keluar setelah beberapa minggu. Walaupun kematiannya terkadang dilaporkan sebagai bunuh diri, ini tidak ditetapkan secara jelas dan dia tidak meninggalkan catatan. Kematian dari Wilson terjadi dua minggu sebelum kematian dari Jimi Hendrix dan empat minggu sebelum kematian dari Janis Joplin, dua artis yang juga meninggal di usia yang sama. Bersama dengan bakat dan intelektualitasnya, Wilson memiliki sebuah reputasi untuk ketidakpedulian sosial dan ketertutupan yang memungkinkan menjadi sebuah gejala dari depresinya.

Wilson adalah seorang konservasionis yang suka membaca buku tentang botani dan ekologi. Dia sering tidur di luar ruangan agar bisa dekat dengan alam. Pada 1969, dia menulis dan merekam sebuah lagu, “Poor Moon”, yang mengekspresikan kepedulian pada polusi potensial dari bulan. Dia menulis sebuah esai berjudul ‘Grim Harvest’, tentang hutan pantai redwood di California, yang dicetak sebagai catatan liner di album Future Blues oleh Canned Heat. Wilson tertarik dalam halam dunia alami, terutama pohon redwood. Saat dia meninggal, demikian juga organisasi Music Mountain yang dia dirikan untuk didedikasikan untuk tujuan ini. Agar bisa mendukung impiannya, keluarga Wilson membeli sebuah “grove naming” untuk mengenangnya melalui Save the Redwood’s League of California. Uang yang didonasikan untuk menciptakan memorial ini akan digunakan oleh Liga ini untuk mendukung penghijauan redwood, edukasi, dan akusisi tanah dari redwood yang baru tumbuh ataupun yang sudah lama tumbuh.

Lagu milik Stephen Stills “Blues Man” dari album Manassas didedikasikan untuk Wilson, bersama dengan Jimi Hendrix dan Duane Allman.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...