Laman

Senin, 15 April 2019

JACK CASADY



Dilahirkan dengan nama John William Casady pada 13 April 1944 adalah gitaris bass Amerika, paling dikenal sebagai anggota dari Jefferson Airplane dan Hot Tuna. Jefferson Airplane menjadi eksponen sukses pertama dari San Francisco Sound. Single mereka, meliputi "Somebody to Love" dan "White Rabbit", memiliki gaya yang lebih halus dari materi mereka yang lain, dan berhasil masuk chart pada tahun 1967 dan 1968. Casady, bersama dengan anggota lain dari Jefferson Airplane, dilantik ke dalam Rock dan Roll Hall of Fame pada tahun 1996.


Casady lahir di Washington D.C., putra Mary Virginia (née Quimby) dan William Robert Casady. Ayahnya adalah setengah dari Protestan Irlandia dan setengah keturunan Yahudi Polandia. Ibunya adalah kerabat dari penerbang Harriet Quimby; beberapa keluarganya telah berada di Amerika Utara sejak 1600-an.

Pertama bermain sebagai gitaris utama dengan band ritem dan blues Washington, DC, The Triumphs, ia beralih ke bass selama tahun-tahun sekolah menengahnya, dan saat masih di bawah umur (dan dengan identitas palsu) memainkan kancah klub Washington DC, mendukung seniman. seperti Little Anthony and the Imperials. 


Casady menjadi pemain bass untuk Jefferson Airplane ketika gitaris utama Jorma Kaukonen, seorang teman sekolah menengah dan mantan gitaris ritem Triumphs, mengundangnya untuk bergabung pada akhir September 1965. Ia menggantikan bassis Jefferson Airplane asli Bob Harvey pada bulan berikutnya.

Casady melangkah lebih jauh dari peran rock & roll konvensional yang berirama dan mendukung akord, untuk mengeksplorasi ide melodi lain yang mungkin ditawarkan oleh progresi ritme dan akor. Dampaknya langsung terlihat pada album debut Airplane, Jefferson Airplane Takes Off (1966) di trek seperti "Let Me In" dan "Run Around".

LP Takes Off mengutip Marty Balin yang mengatakan "Dia membawanya. Dia sudah bersama James Brown dan kelompok lain dan dia tahu." Album pesawat live Airplane Bless Its Pointed Little Head, direkam pada tahun 1968, menunjukkan gaya alur berjalan unik Casady sepenuhnya, karena sinyal bass Guild Starfire-nya disampaikan melalui amplifier Versatone yang memberikan instrumennya suara geraman yang khas saat dimainkan di register yang lebih tinggi. Lagu Fred Neil "The Other Side of This Life" tetap menjadi contoh klasik dari gayanya. Pada album Airplane berikutnya, seperti Bark, Long John Silver dan live Thirty Seconds Over Winterland, Casady beralih ke bass Alembic custom-made seharga $4.000 (No. 001, yang pertama dibuat oleh perusahaan) dijuluki "Mission Control". Suara luar biasa yang diproduksi oleh Casady selama masa jayanya pada tahun 1968-1971 - tidak ada yang lebih baik didengar selain dalam permainan multi-trackednya di "Sunrise", sebuah lagu dari album solo Paul Kantner di tahun 1970, Blows Against the Empire - penggemar yang diilhami untuk memberinya nama julukan kasih sayang "God".

Pertunjukan Casady penting lainnya di rekaman Jefferson Airplane termasuk hit Top 10 "White Rabbit" (di album Surrealistic Pillow, 1967), "Rejoyce" dan "Watch Her Ride" (After Bathing at Baxter’s, 1967), "Crown of Creation", "If You Feel" dan "The House at Pooneil Corners" ( Crown of Creation, 1968), dan "Crazy Miranda" dan "War Movie" (Bark, 1971). Beberapa dari lagu-lagu ini luar biasa untuk infus terobosan mereka dari alur jazz dan raga bass ke dalam format rock. Selama bertahun-tahun dalam pertunjukan live dengan Airplane, showcase Casady adalah komposisi Paul Kantner "The Ballad of You and Me and Pooneil", yang memberi sang bassis kesempatan untuk mengimprovisasi solo terbuka yang berbeda setiap malam dan sering mencengangkan. DVD Fly Jefferson Airplane mencakup satu pertunjukan seperti itu direkam di The Family Dog, di mana Casady melakukan solo inventif yang mengamuk yang tampak mengesankan sesama anggota band Grace Slick. Dia juga mahir melengkapi musikus dari para pemainnya; versi langsung dari "Volunteers" di album Woodstock adalah contoh penting dari kerja sama ritme bass dan keyboard dengan pianis sesi Nicky Hopkins.

Selera Casady untuk bermain menuntunnya untuk melakukan pengembangannya yang luas selama masa jabatannya di Airplane. Dia tidak hanya tampil secara live di panggung bersama Jimi Hendrix selama 1968, dia juga bermain bass di lagu Jimi Hendrix "Voodoo Chile", dari album Electric Ladyland yang dirilis pada tahun yang sama (beberapa salinan album salah mengeja namanya sebagai Cassidy). Dia juga sesekali bermain dengan band kunci San Francisco lainnya Grateful Dead, Country Joe and the Fish dan James and the Good Brothers. Selain itu, ia adalah anggota dari dua kelompok sempalan berumur pendek, Mickey and the Heartbeats (dengan Jerry Garcia dan Mickey Hart) dan Jack Casady and the Degenerates, sebuah ansambel yang termasuk teman remaja Danny Gatton bersama Kaukonen. Tidak satu pun dari kelompok-kelompok ini yang pernah direkam, meskipun kaset hidup beredar. Belakangan, Casady muncul di film If I Only Could Remember My (1971) milik David Crosby, album Roky Erickson Don't Slander Me (1982) dan Transverse City (1989) milik Warren Zevon. Dia juga memproduksi album solo pertama Jorma Kaukonen, Quah yang diakui secara kritis, pada tahun 1975. 


Casady dan Kaukonen membentuk Hot Tuna pada tahun 1969, dan mereka masih tampil sampai sekarang. Kelompok ini telah berubah selama bertahun-tahun dari unit blues akustik ke band boogie listrik menjadi artis metal yang mengamuk dan kembali lagi. Casady sama nyamannya menyertai Kaukonen secara akustik ("Mann’s Fate", 1970) atau musik listrik ("John's Other", 1971). Solo Casady pada "Candy Man" (First Pull Up, Then Pull Down milik Hot Tuna, 1971) juga menunjukkan kemampuannya dalam membawa melodi daripada hanya memainkan skala ritmik, karakteristik kunci dari pekerjaan solonya. Beberapa permainan rumit yang sangat jelas terlihat pada album 1972 Burgers, khususnya lagu instrumental yang berkilau "Water Song", yang oleh Casady digambarkan sebagai menampilkan "lead bass". Lagu Burgers lainnya, "Sunny Day Strut", memiliki duel bass Casady dengan gitar utama Kaukonen. Ketika Tuna menjadi power trio pada pertengahan 1970-an, bass kustom Cas Flying's Guild V menjadi ciri khasnya. Karya-karya selanjutnya, terutama Live in Japan (1997), masih bersaksi atas kreativitasnya sebagaimana dibuktikan oleh solo bass yang terus berkembang pada "Candy Man", "Good Shepherd" dan "99 Year Blues". 


Pada akhir 1970-an, Casady dan Kaukonen menemukan bahwa mereka memerlukan waktu kreatif terpisah, dan Hot Tuna bubar selama beberapa tahun. Selama waktu ini, Casady membantu mendirikan band rock modern, SVT, dengan Brian Marnell, seorang penulis lagu dan vokalis yang menjanjikan, pemain keyboard Nick Buck, dan drummer Bill Gibson, yang kemudian digantikan oleh Paul Zahl. Sekali lagi, keserbagunaan Casady ditunjukkan ketika band ini bermain dengan gaya New Wave yang meyakinkan, benar-benar berbeda dari Hot Tuna dan Jefferson Airplane. Selama masa SVT-nya, Casady benar-benar menempelkan jari-jarinya bersama untuk memaksa dirinya untuk menyederhanakan gaya bermainnya yang sangat jelas. Dia dan Zahl membentuk bagian ritem yang solid, sebagaimana dibuktikan pada LP No Regrets (1981). Setelah kematian Marnell karena overdosis obat, Casady dan Zahl melanjutkan bunyi dasar SVT dengan gitaris Jack Johnson dan penyanyi/penulis lagu/gitaris Owen Masterson dalam sebuah band bernama The Yanks. Juga selama tahun 1980-an, Casady bergabung dengan mantan anggota Airplane Paul Kantner dan Marty Balin di KBC Band. 


Pada tahun 1992, ia bergabung dengan Jefferson Starship yang dibuat ulang oleh Paul Kantner, dan muncul di album Deep Space/Virgin Sky dan Windows of Heaven . Pada tahun 2000, Kantner menggunakan nama Jefferson Airplane untuk menentang ketentuan 1985 dengan Grace Slick, Jorma Kaukonen, Bill Thompson, dan Casady. Casady meninggalkan Jefferson Starship setelah kejadian ini. Casady muncul dengan Kantner lagi pada rilisan Jefferson Starship 2008, Tree of Liberty dari track yang sebelumnya direkam untuk rilisan Jerman dari Windows of Heaven.

Bukan penyanyi dan bukan penulis lagu yang produktif, baru pada Juni 2003 Casady merilis album solo pertamanya, Dream Factor, yang diproduksi oleh Greg Hampton dan Casady. Seperti karya solo terkait Airplane lainnya, ia menampilkan dukungan substansial dari pemain lain seperti Warren Haynes, Doyle Bramhall II, Jorma Kaukonen, Fee Waybill, Ivan Neville, grup Box Set, dan banyak teman musisi lainnya.

Saat ini, selain tampil dengan Hot Tuna, Casady mengajar di balai kerja bass di Fur Peace ranch milik Jorma Kaukonen di Ohio.

Casady membantu merancang, bersama dengan Epiphone, "Jack Casady Signature Bass", bass elektrik berongga tubuh 34 inci dengan pickup humbucker impedansi rendah dan bridge mengambang. Instrumen ini didasarkan pada bass Gibson Les Paul Signature pertengahan 1970-an yang ia beli pada 1980-an. 


Pada 2007, Casady bergabung dengan band baru, Moonalice, yang anggotanya meliputi mantan bassis Jefferson Starship dan kibordis Hot Tuna Pete Sears, bersama dengan G.E. Smith, Barry Sless, Ann McNamee, Roger McNamee, dan Jimmy Sanchez. Album studio Moonalice pertama dirilis pada April 2009.

Casady dikenal luas karena kualitas permainannya yang bagus, sesuatu yang menurutnya disengaja. Dia telah mengatakan bahwa nada adalah kualitas yang paling penting untuk seorang bassis listrik, menyatakan "Nada adalah ciri khas Anda tentang siapa Anda ... Musik dibangun di sekitar nada. Ini bukan hanya serangkaian notasi atau artikulasi atau Teknik. Suara khas musisi hebat adalah nadanya dan itu membedakannya dari orang lain."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...