Laman

Jumat, 03 April 2015

DRAGONFORCE





DragonForce adalah band bergenre power metal asal Inggris yang berbasis di London. Dibentuk pada 1999 oleh gitaris Herman Li dan Sam Totman dengan nama DragonHeart. Sam dan Herman telah berpengalaman dengan band sebelumnya, dimana keduanya datang dari band heavy metal DEMONIAC. Keduanya kemudian bertemu dengan vokalis ZP Theart melalui iklan, dan kemudian merekrut drummer Demoniac Matej Setinc, bassist Steve Scott dan kibordis Steve Williams. Setinc keluar pada Desember 1999 untuk melanjutkan studinya di Slovenia, dan diganti oleh Didier Almouzni. Band juga berpisah dengan Steve Williams dan Steve Scott pada 2000. Steve Williams kemudian bergabung kembali saat band akan merekam demo pertama, tapi keluar lagi pada Desember 2000 sehari sebelum band melaukan tur dengan Halford dan Stratovarius untuk mempromosikan demo. Bassis Diccon Harper bergabung  pada Nopember tahun itu, dengan kibordis Vadim Pruzhanov pada Februari 2001 untuk melengkapi line-up dan merekam album studio debut mereka. 


Grup ini dikenal dengan solo gitarnya yang lama dan cepat, lirik bertema fantasi, dan suara elektronik di musik mereka untuk menambah suara mirip video game. Walaupun genre band ini sering dikategorikan sebagai power metal, Herman Li berkomentar tentang deskripsi style band pada sebuah wawancara dengan Guitar World: “’Nintendo metal’, ‘extreme power metal’, ‘Bon Jovi on speed’, ‘Journey meets Slayer’, … orang selalu memberi kami dengan label musik yang aneh.” Band ini kadang-kadang diberi label sebagai band speed metal.

Valley Of The Damned adalah album debut DragonForce yang dirilis pada 25 Februari 2003. Pada 2000, saat nama mereka masih DragonHeart, sebuah versi demo dari album ini direkam dan dikirimkan kepada Noise Records, yang menghasilkan perjanjian kontrak DragonHeart dengan label tersebut. Kemudian demo itu direkam ulang pada akhir 2000 dan dirilis sebagai debut album bagi band, setelah pemantapan kontrak band dengan Noise Records. Lebih lanjut, setelah mengetahui keberadaan band lain dengan nama DragonHeart, diputuskan bahwa mereka akan mengganti nama menjadi DragonForce. Herman Li dan Sam Totman menjadi produser bagi album ini. Line-up di album ini adalah ZP Theart (Vokal), Herman Li & Sam Totman (Gitar), Steve Scott (Bass) dan Steve Williams (Kibor), sedangkan dram oleh musisi tamu Peter Hunt dan juga ada Clive Nolan yang juga bermain kibor.

Ulasan Allmusic oleh James Christopher Monger memberikan mereka 4 bintang “album debut dari Dragonforce adalah peristiwa yang menghangatkan. Valley Of The Damned dapat di artikan sebagai penghormatan kepada metal fantasi pada awal 80-an dengan gaya Spinal Tap, dan dalam berbagai cara, bisa dikatakan dimainkan dengan baik dan dilakukan dengan gembira yang dapat diterima berbagai genre …”.

Pada 11 Mei 2004, DragonForce merilis album studio kedua mereka, Sonic Firestorm via Noise Records. Album ini menampilkan lagu, “Soldiers of the Wasteland”, yang berisi seksi solo gitar terlama dari lagu lainnya. Pada menit 9 dan detik 47, ini juga merupakan lagu DragonForce terlama. Produser dari album ini adalah Karl Groom bersama DragonForce.

Di album ini pemain bass Steve Scott diganti oleh Adrian Lambert, kibordis Steve Williams diganti oleh Vadim Pruzhanov, sedangkan Dave Mcintosh menjadi pemain dram resmi band.

Album ini dirilis ulang pada 22 Februari 2010, bersama dengan versi remaster dan remix dari album Valley Of the Damned. Juga terdapat lagu bonus “Cry of the Brave” yang aslinya ada di album versi rilisan Jepang. Lagu “Fury of the Storm” dijadikan lagu pengisi Guitar Hero : Warriors of Rock.

DragonForce merilis album ketiga mereka, Inhuman Rampage, pada 9 Januari 2006 dan 20 Juni 2006 di Amerika Utara. Di Amerika, album ini mencapai nomor 1 di peringkat lagu Billboards Heatseekers; juga mencapai No. 103 di Billboard 200; dan single pertama “Through The Fire and Flames” telah diputar di radio rock dan Fuse TV, dan juga terdapat di game video Guitar Hero III: Legends of Rock. Album ini menerima sertifikat perak di UK, telah terjual lebih dari 350.000 buah di AS dan lebih dari 500.000 di seluruh dunia. Ini adalah satu dari dua labum DragonForce yang menampilkan vocal “harsh”, yang lain adalah The Power Within. Di album ini vocal dibawakan oleh Lindsay Dawson dari Demoniac. DragonForce melakukan tur dengan Disturbed dan Slipknot selama perayaan Mayhem Festival pada 2008.

Ultra Beatdown adalah album studio keempat DragonForce, yang dirilis pada 20 Agustus 2008 di Jepang via JVC dan pada 26 Agustus 2008 ke seluruh dunia via Roadrunner Records dan Universal Music. Album ini adalah album studio terakhir yang menampilkan ZP Theart pada vocal dan album pertama yang menampilkan Frederic Leclercq pada bass.

Lagu “Heroes of Our Time dinominasikan untuk Grammy Award for Best Metal Performance, kalah dari lagu “My Apocalypse” milik Metallica. Pada 28 Agustus 2008, album ini menduduki posisi No. 9 di Jepang. Juga masuk di tangga lagu Australia pada minggu pertama pada September berada di #19 dan pada minggu yang sama di No. 18 baik di UK Album Chart dan Billboard 200.

Pada 8 Maret 2010, diumumkan via label rekaman band saat itu, Roadrunner, bahwa ZP Theart telah berpisah dengan DragonForce karena “perbedaan musikalitas”, dan band harus mencari vokalis baru. Hari berikutnya, band merilis pernyataan press yang mengkonfirmasi tentang audisi ini.

Band merilis album live pertama mereka, Twilight Dementia, pada 13 September 2010, di Eropa dan 14 September 2010, di AS dan Kanada. Lagu-lagu di album ini berisi penampilan mereka di akhir tur dunia Ultra Beatdown.

Pada 25 Januari 2012 DragonForce merilis album studio kelima mereka, The Power Within. Album ini merupakan penampilan pertama dari vokalis Marc Hudson. Marc Hudson sebelumnya telah berpengalaman tampil dengan berbagai band, tapi bukan musisi professional sebelum bergabung dengan DragonForce. Vokalis band Mediaeval Baebes dan Pythia, Emily Ovenden muncul sebagai penyanyi latar di album ini. Lagu “Cry Thunder” dirilis sebagai lagu yang dapat diunduh untuk Rock Band 3. Video musik yang lain dirilis pada 14 September 2012 untuk lagu “Seasons”. Video tersebut menampilkan adegan dari proses rekaman album, live dan kejadian di belakang panggung saat pengambilan video “Cry Thunder”.

DragonForce merilis album studio keenam mereka, Maximum Overload, pada 18 Agustus 2014 di Eropa dan di Amerika Utara sehari berikutnya. Matt Heafy, vokalis dan gitaris band TRIVIUM menyumbangkan suaranya pada 3 lagu : “Defenders”, “No More” dan “The Game”.

Album ini diproduseri oleh Jens Bogren, menandakan untuk pertama kalinya band memutuskan untuk tidak merekam di studio mereka sendiri dan dengan produser lain. Album ini juga merupakan album terakhir band dengan pemain dram Dave Mackintosh, yang mengumumkan pengunduran dirinya dari band pada 3 Juni 2014, dan segera digantikan oleh Gee Anzalone (Braindagame, Kill Ritual).

Pada 18 Juni 2014, label asal Jerman Ear Music merilis video resmi untuk lagu pembuka “The Game” yang menampilkan pemain dram baru, Gee Anzalone, saat Dave Mackintosh mengundurkan diri sebelum video tersebut dibuat. Herman Li merekam solo gitar lagu ini dan “City of Gold” diatas yacht milik Zoltan Bathory (FiveFinger Death Punch), di lepas pantai Los Angeles. Terinspirasi oleh lagu Beneath The Remains milik Sepultura dan Reign In Blood milik Slayer, “The Game” adalah lagu tercepat yang pernah dibawakan oleh band pada 240 bpm, yang mengalahkan lagu “Fallen World” di album sebelumnya.

Album ini menampilkan tiga buah cover version lagu “Ring Of Fire” milik Johnny Cash, “Feel The Fire” dan “Fight To Be Free”, keduanya lagu milik SHADOW WARRIORS, band milik Sam Totman sebelumnya.

Anggota Band

Anggota Band Saat Ini
  • Marc Hudson – lead vocals (2011–sekarang)
  • Herman Li – guitar, backing vocals (1999–sekarang)
  • Sam Totman – guitar, backing vocals (1999–sekarang)
  • Frédéric Leclercq – bass, backing vocals (2005–sekarang)
  • Vadim Pruzhanov – keyboard, keytar, synthesizer, theremin, backing vocals (2001–sekarang)
  • Gee Anzalone – drums (2014–sekarang)
Mantan Anggota Band
  • ZP Theart – lead vocals (1999–2010)
  • Steve Scott – bass, backing vocals (1999–2000)
  • Diccon Harper – bass, backing vocals (2000–2002)
  • Adrian Lambert – bass, backing vocals (2002–2005)
  • Steve Williams – keyboard, keytar, backing vocals (1999–2000)
  • Matej Setinc – drums (1999)
  • Didier Almouzni – drums (1999–2003)
  • Dave Mackintosh - drums (2003-2014)
Diskografi
Sumber : Wikipedia & Metal Archives


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...