Laman

Jumat, 01 Januari 2016

CHRIS BOLTENDAHL





Dilahirkan pada 2 Januari 1962 di Gladbeck, Jerman adalah seorang penyanyi dari band heavy metal Jerman, Grave Digger, fotografer dan pelukis.
 
Bersama-sama dengan Peter Masson dan Phillip Seibel, Chris Boltendahl remaja mendirikan band metal Jerman Grave Digger di Gladbeck. Awalnya Boltendahl bukan penyanyi, tapi pemain bass dari grup. Hanya beberapa minggu sebelum kontrak rekaman pertama ia dikeluarkan karena perselisihan internal band, tapi kemudian kembali untuk mengambil bagian dalam rekaman pertama berjudul Heavy Metal Breakdown sebagai penyanyi. Sejak itu, ia menjadi penyanyi tetap band. Boltendahl juga menjadi produser, antara lain, tahun 1997, band thrash metal Jerman-Amerika,The Company.

Ketika kemudian terjadi perselisihan hak untuk menggunakan nama band di milenium antara Boltendahl dan gitaris Uwe Lulis, kelompok itu di ambang pembubaran. Namun Lulis kalah dalam sengketa dan Boltendahl masih bisa mengklaim Grave Digger sebagai nama band yang. Hingga kini Boltendahl adalah anggota asli yang tersisa dari band.
 
Berjudul Gravedigger, sebuah biografi definitif yang ia tulis pada tahun 2002 tentang biografi band.
 
Boltendahl menyebutkan bahwa musisi yang mempengaruhinya adalah Van Halen, Judas Priest, Motorhead, dan Accept.


Selain bekerja sebagai musisi, ia menjabat sebagai A & R Manager untuk mengoperasikan label rekaman Spanyol Lokomotive Records. Ia juga seorang fotografer dan pelukis.
 
Untuk ulang tahun Doro Pesch yang ke 30 tahun ia bernyanyi di Wacken Open Air pada tahun 2013 dengan lagu Doro East meets West dan kuartet dengan Udo Dirkschneider dengan lagu Wacken 2011, We Are The Metalheads.

Boltendahl juga menjadi musisi tamu di beberapa band antara lain: Helloween (Walls of Jericho-1985), Edguy (Kingdom of Madness-1997), White Skull (Tales from the North-1999), Van Canto (Tribe of Force-2010), The Company (Frozen by Heat-1997), Genius: A rock Opera (Episide 1: A Human into Dreams' World- 2002) dan Pain Side (Dark World Burden-2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...