Laman

Kamis, 09 Juli 2020

TONY MILLS


Dilahirkan dengan nama Anthony Paul Mills pada 7 Juli 1962 di Solihull, Inggris.


Pada tahun 1983 ia bergabung dengan band Shy. Dia merekam delapan album dengan band AOR/glam metal itu, termasuk Excess All Areas. Dia juga melakukan tur dengan Shy, mendukung Gary Moore, Meatloaf, Twisted Sister, Bon Jovi, Magnum, Manowar, Badlands, Enuff Z Nuff, Beze Beez, UFO, dan Ian Hunter/Mick Ronson dengan siapa dia tampil di atas panggung di Brighton, sesaat sebelum kematian Mick. Tur berlangsung di seluruh Eropa dan Amerika Utara, di sinilah Mills menyediakan vokal cadangan untuk band Cinderella yang berbasis di Philadelphia pada album debut mereka, Night Songs. Sesi penulisan bersama muncul dengan Don Dokken (Dokken), Michael Bolton, Michael Des Barres (Power Station), John Parker (Chicago), Jeff Paris dan Bob Kulick.



Mills meninggalkan Shy pada 1991 ketika MCA memilihnya sebagai seorang artis solo untuk merekam album pertamanya di Manchester bersama penata rekaman Andy Macpherson dan gitaris Bob Maxim bersama dengan berbagai anggota dari 10CC dan Sad Cafe Kemudian, membentuk band lain, Siam, ia menulis dan bernyanyi di dua album, Prayer dan The Language of Menace. Setelah bekerja sebagai vokalis sesi selama 1990-an dengan Slade, Simon Harrison, Dave Saylor dan Cozy Powell (belum pernah dirilis) bersama dengan rekaman dan tur kelilingnya bersama Siam, band ini akhirnya dibubarkan pada tahun 1996 dan Mills menghabiskan setahun mengomandani band penghormatan Rush, YYZ. Pada tahun 2000 ia bersatu kembali dengan Shy untuk dua album lagi, 'Unfinished Business' dan 'Sunset and Vine'. Pada pergantian milenium, ia juga merilis dua album solo, Cruiser dan Freeway to the Afterlife. Juga mengikuti tur Denmark dengan The Sweet, sebagai bassis dan vokalis, tetapi ini tidak berhasil, dan ia kembali ke Shy.


Pada tahun 2006 ia diminta untuk bergabung dengan TNT di Oslo, Norwegia untuk menggantikan vokalis lama mereka Tony Harnell yang telah memutuskan untuk meninggalkan band karena alasan pribadi dan profesional. Tahun berikutnya Mills bernyanyi di album baru TNT, The New Territory, yang meskipun memiliki penjualan tinggi, diterima dengan buruk oleh beberapa majalah rock, yang tampaknya agak terkejut oleh materi baru itu. Band ini melakukan tur dan manggung secara ekstensif sepanjang 2007 di Norwegia untuk mendukung rekaman, termasuk dukungan untuk Ozzy Osbourne, Skid Row dan Motorhead. Lasse Dale juga seorang gitaris progressive metal dari Tromso di Norwegia, yang meminta Mills untuk menulis dan merekam album debutnya, Screaming For Silence. Mills bekerja untuk banyak seniman Eropa antara 2006 dan 2010, seperti Michael Voss dan proyek 'Voices Of Rock', Liberty 'n' Justice di AS, Torben Enevoldsen di Denmark, Frederic Hugues and Blackstone dan Tor Talle di Norwegia. Keterlibatan amal untuk Yayasan Autistik untuk Anak-anak di Trondelag Utara, juga menyaksikan perilisan single, 'Keep The Dream Alive' bersama dengan video terkaitnya melalui NRK dengan vokalis, Siv-Anita Strickhert.


Pada tahun 2007, Mills juga menampilkan vokal latar pada album debut oleh band UK Crimes of Passion. Dia memiliki banyak kredit, dan dalam permintaan reguler untuk, penyediaan vokal latar, dan musisi terbaru lainnya termasuk The Andersson-Mills Project, China Blue, dan vokal latar untuk Dante Fox di Inggris dan band Norwegia, Winterstrain, tampil pada album debut mereka Return to the Mirror serta Shifting Sands. Pada tahun 2008, Mills merilis sebuah album solo yang lebih berorientasi metal Vital Designs, yang menampilkan bass oleh Morty Black, Oddvar Krogstad dan Victor Borge (TNT), gitar oleh Neil Hibbs, keyboard oleh pemain keyboard Shy Joe Basketts dan drum oleh drummer Shy Bob Richards. Juga muncul di album adalah anggota TNT Dag Stokke dan Erik Ragno dari China Blue. Pada tahun yang sama, ia juga mulai bekerja dengan Ronni Le Tekrø pada kolaborasi TNT kedua mereka, yang menghasilkan album Atlantis, menampilkan lagu-lagu Tango Girl dan Hello, Hello, yang menjadi lagu reguler dalam daftar lagu mereka untuk tur berikut.


Pada musim dingin 2008, Mills bergabung dengan band Serpentine, menggantikan mantan penyanyi Greg Flores. Pada bulan Maret 2010, Serpentine merilis CD A Touch of Heaven pada AOR/Metal Heaven di Eropa dan Marquee Avalon di Jepang, memperoleh ulasan 92% yang bersinar di majalah rock Burrn! serta berada di nomor 72 di tangga album HMV Jepang. Sekitar periode yang sama, Mills ditugaskan untuk menulis dan merekam album untuk AOR Metal Heaven Records di Jerman, berjudul, 'State Of Rock', dengan Robby Boebel dari band Nuremberg, 'Frontline'. Pekerjaan juga diselesaikan pada rilisan TNT yang lebih berorientasi rock untuk akhir tahun, A Farewell To Arms, yang kembali ke suara klasik band dan diterima dengan baik oleh penggemar dan kritikus. Tepat setelah musim panas, dilaporkan bahwa Mills menderita serangan jantung di bandara di Norwegia, yang mendorong penyanyi itu mengumumkan kepergiannya dari Serpentine sebelum menyelesaikan album keduanya dengan band. Album ini telah selesai. Serpentine bergerak cepat untuk merekrut vokalis Inggris berusia 24 tahun Matt Black sebagai penggantinya untuk memungkinkan band ini memulai tur untuk mendukung album A Touch Of Heaven. Tindak lanjut band, 'Living and Dying in High Definition' juga menerima dukungan besar dari media selama rilisan akhir 2010.


Setelah pemulihan penuh dari kondisi jantungnya, pada pembukaan 2011, Mills pindah ke Norwegia untuk merangkul rilisan album TNT terbaru dan mulai mengadakan tur untuk mempromosikan A Farewell To Arms, yang di Skandinavia, berjudul Engine. Perubahan judul album untuk wilayah yang berbeda terkait dengan gagal jantungnya dan pemulihan yang terjadi. Mesin milik Mills sendiri berjalan dengan lancar lagi. Akibatnya ia mulai menulis lagu ke arah opera rock dengan penulis Trondheim Andreas Nergard sementara tur Eropa dengan TNT. Mills juga menjadi bagian dari pasukan seniman Norwegia yang mendukung bantuan kemanusiaan di Jepang untuk tragedi baru-baru ini.


Setelah meningkatnya kerusuhan di kamp Norwegia, Mills meninggalkan TNT pada Agustus 2013, setelah lebih dari tujuh tahun, untuk memuaskan integritas artistiknya sendiri dan menghasilkan lebih banyak materi solo.

Awal 2013 membuat Mills menulis materi solo baru termasuk single, 'Girls In Norway' dan dua album baru; sebuah album AOR untuk penggemar yang ada di Eropa dan Jepang dan album terakhir untuk proyek SIAM yang melibatkan anggota dari sejarah band dan koneksi barunya di Norwegia. Upaya untuk menghidupkan Siam lagi sia-sia, sehingga Mills kembali ke rencana solo yang bermaksud menciptakan kembali atmosfer yang sama yang ada di zaman Siam. Karena tulisannya jelas terbagi menjadi dua proyek yang berbeda, ia fokus pada album yang lebih berat dan akhirnya menyelesaikannya pada awal 2015, lebih dari dua tahun kemudian. Album, 'Over My Dead Body' dirilis melalui Battlegod Productions pada 23 Februari 2015. Album ini ditulis bersama oleh Robert Sall, Henning Ramseth, Paul Sabu dan Douglas R. Docker. Album ini diproduseri oleh Mills dan dicampur oleh rekan lamanya dari era Shy,Neil Kernon.


Proyek yang sedang berjalan, termasuk album solo baru, 'Streets of Chance', ditulis bersama Pete Newdeck, Tommy Denander, Robert Sall dan Robby Boebel, dan penulisan bersama album baru oleh bintang-bintang metal Italia, 'Crying Steel'l untuk 2017.

Pada 2012, Mills tampil di opera ruang angkasa progresif rock Douglas R. Docker, Docker's Guild. Dia menyanyikan tiga lagu untuk album debut "The Mystic Technocracy - Season 1: The Age of Ignorance": "Legion of Aliens", "The Gem of Love," dan "The Secret of DNA". 

Mills menikahi Linda Kristine pada tahun 2016, dan tinggal di Tjøme di lepas pantai Norwegia.


Pada April 2019, Mills mengumumkan bahwa ia didiagnosis menderita kanker stadium akhir. 'Beyond the Law' menjadi album terakhirnya. Dia meninggal pada 18 September 2019 pada usia 57. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...