Laman

Rabu, 11 September 2019

DON POWELL


Dilahirkan dengan nama Donald George Powell pada 10 September 1946 di Bilston, Staffordshire, Inggris adalah musisi Inggris yang telah menjadi drummer untuk band Slade selama lebih dari lima puluh tahun.

Sewaktu kecil, Powell bergabung dengan Boy Scouts di mana ia menjadi tertarik pada drum setelah diminta untuk bergabung dengan band pada parade Minggu pagi. Setelah menghadiri Etheridge Secondary Modern School ia belajar Metalurgi di Wednesdaybury Technical College. Powell kemudian bekerja sebagai ahli metalurgi di pengecoran kecil sebelum menjadi profesional sebagai drummer. Dia atletis dan petinju amatir yang tajam, meskipun kepribadiannya santai, dan hidungnya patah tiga kali. Dialah yang dikirim berkeliling dengan pengumpulan uang topi di antara para penonton awal.

Powell menjadi anggota The Vendors, sebuah band yang kemudian dimana gitaris Dave Hill bergabung. The Vendors menjadi N'Betweens dan gitaris bass/pemain keyboard/pemain biola/gitaris Jim Lea masuk audisi. Powell kemudian melihat Noddy Holder bermain dengan Steve Brett & The Mavericks dan dia dan Hill membuat Holder bergabung dengan N'Betweens. Mereka berkumpul kembali sebagai Ambrose Slade, mengubah nama menjadi Slade dan kesuksesan dimulai. Itu selalu menghibur mereka bahwa mereka memainkan latihan pertama mereka pada 1 April.


Dia ikut menulis sejumlah lagu Slade sebelumnya, terutama dengan Lea. Banyak dari mereka dapat ditemukan di album Slade 1970 Play it Loud . Dia juga ikut menulis salah satu dari 10 hits Slade "Look Wot You Dun" dengan Holder dan Lea pada tahun 1972, dan membuat suara bernafas di latar belakang lagu.

Powell mulai bermain drum pada peralatan Olimpiade yang dipinjam saat masih muda. Dia pindah ke Hayman biru diatur untuk karyanya dengan Slade sampai awal 1970-an. Dari sana ia berubah ke Ludwig, tetapi pada pertengahan 2000-an ia beralih ke Pearl karena firma Ludwig yang asli telah mengubah kepemilikan. Saat ini dia menyatakan dia suka kit empat potong dengan drum snare dangkal.

Pada 4 Juli 1973, ketika Slade populer di Eropa dan nomor satu di UK Singles Chart dengan "Skweeze Me Pleeze Me", Powell terluka parah dalam kecelakaan mobil serius di Wolverhampton, di mana pacar/tunangannya yang berusia 20 tahun Angela Morris terbunuh. Dia mengalami patah kedua pergelangan kakinya dan lima tulang rusuknya. Ahli bedah harus mengebor tengkoraknya untuk meringankan tekanan internal dan dia tidak sadarkan diri selama enam hari tetapi dia sadar dan akhirnya sembuh, menemukan terapi terbaik untuk bekerja. Powell meninggalkan rumah sakit pada 30 Juli dan pada pertengahan Agustus kembali rekaman dengan kelompok itu. Ketika hit Top 5 "My Friend Stan" direkam, Powell sedang berjalan dengan bantuan tongkat dan harus diangkat ke drum-kit-nya. Kecelakaan itu membuat Powell tidak memiliki indra pengecap dan penciuman, dan dia masih memiliki masalah besar dengan ingatan jangka pendeknya, sementara ingatan jangka panjangnya tetap tidak terpengaruh.

Ketika Slade berpisah pada tahun 1992, Powell memiliki dan mengoperasikan perusahaan impor/ekspor barang antik sebelum ia membentuk kembali band tersebut sebagai Slade II kemudian pada tahun itu dengan Dave Hill. Dia tetap aktif dengan berbagai line-up hingga hari ini. Pada tahun 1994, band ini merilis album Keep on Rockin' . Nama band ini disingkat menjadi Slade pada tahun 1997. Pada tahun 2000 Powell memiliki peran cameo kecil di Lorna Doone versi TV BBC.

Powell telah menikah dua kali dan selama beberapa tahun dia tinggal di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris. Pada tahun 2004 ia pindah ke Silkeborg, Denmark di mana ia sekarang tinggal bersama istrinya Hanna asal Denmark.

Pada Desember 2005, Powell muncul di film dokumenter TV Channel 4 Bring Back ... The Christmas Number One.

Penggemar lama dari Ringo Starr, Powell menyumbang kata pengantar untuk buku 2016 "Ringo Starr And The Beatles Beat" oleh Alex Cain dan Terry McCusker. Sebagai drummer dengan Colonel Bagshot, McCusker melakukan tur dengan Slade pada 1970-an dan keduanya tetap berteman akrab.


Don sekarang salah satu dari grup Quatro Scott Powell (QSP) bersama Suzi Quatro dan gitaris Sweet Andy Scott. Don telah bermain di dua acara Andy 'Concert At The Kings' di All Cannings di Wiltshire, dan pada 2017 ia berkontribusi terhadap film dokumenter Radio BBC Wiltshire tentang kehidupan mantan gitaris dan vokalis Status Quo Rick Parfitt.

Powell berkolaborasi dengan Lise Lyng Falkenberg dalam biografinya sejak 2006, sebagian menggunakan buku catatan dan buku harian yang disimpannya karena masalah dengan ingatan jangka pendek setelah kecelakaan 1973. Biografi yang berjudul Look Wot I Dun - My Life in Slade dirilis melalui penerbit Music Sales Ltd pada 14 Oktober 2013. Buku itu memperlihatkan secara terperinci pada karier panjang Slade dan kehidupan Powell, termasuk minuman keras dengan Ozzy Osbourne. Selain itu pada 2013, Powell membuat situs web sendiri, dan pada awal 2014 ia menerbitkan entri buku hariannya untuk tahun 1977 dan 1978. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...