Laman

Jumat, 01 Januari 2016

SAMMY HAGAR "The Red Rocker"




Dilahirkan dengan nama Samuel Roy Hagar pada 13 Oktober 1947 di Salinas, California, AS. Namanya diambil dari nama kakeknya dari pihak ibunya. Keluarganya pindah ke Fontana, dimana ayahnya bekerja di Kaiser Steel Mill. Sammy lulus dari SMA Fontana.


Sammy tertarik dengan skena musik yang mulai berkembang di California Selatan, menjadi vokalis band pertamanya, the Fabulous Castilles.

Di 1967, duo itu dikenal sebagai Samson & Hagar, didukung oleh the Peppermint Trolley Co., merilis sebuah rekaman promosi 7” di Ranwood Records dengan trek “Reach Out to Find Me” dan “Read My Thoughts”.

Kemudian di tahun yang sama, Sammy ikut dengan Johnny Fortune Band sebagai vokalis dan gitaris ritem. Sammy juga anggota dari sejumla band yang nantinya menjadi Montrose antara lain Big Bang, Skinny, Dustcloud, Cotton, Jimmy, dan Manhole. Sammy kemudian menjadi anggota Justice Brothers bersama dengan gitaris Bob Anglin, kibordis Al Shane, bassis Jeff Nicholson, dan drummer David Lauser. The Justice Brothers adalah band tetap di abr bernama “The Nightclub” di San Bernardino, California, sebelum pindah ke San Fransisco.


Kesuksesan besar Sammy datang saat berkarya dengan grup Montrose pada album debut dan album kedua mereka, antara lain lagu pertama yang ditulis oleh Sammy, “Bad Motor Scooter”. Setelah tidak cocok dengan pendiri band, Ronnie Montrose, selama tur Eropa, Sammy pergi dari grup. Bassis Bill Church (yang keluar dari Montrose setelah album pertama) dan drummer Denny Carmassi akhirnya bermain di band pendukung Sammy. Setelah album Paper Money, Sammy meninggalkan Montrose untuk bersolo karir.

Pada pertengahan 1970-an Sammy mulai melakukan rekaman dan tur solo untuk meningkatkan kesuksesannya. Dia menikmati sukses teratur di Capitol Records, dengan album-album Nine on a Ten Scale (1976), Sammy Hagar (1977), Muiscal Chairs (1977), Street Machine (1979). Pada album Danger Zone (1980), yang gagal, Sammy merasa bahwa Capitol tidak sepenuhnya mendukung dia.

Sammy meninggalkan Capitol untuk pergi ke Geffen Records yang baru terbentuk dan melalukan perubahan personil. Rilisan pertamanya dengan Geffen, Standing Hampton (1981), adalah album dengan penjualan tertinggi hingga kini dan mendapatkan platinum dengan lagu-lagu yang kuat seperti “There’s Only One Way to Rock”. Album berikutnya, Three Lock Box, menghasilkan Top 40 hit pertamanya dan single solo dengan posisi tertinggi miliknya di Billboard Hot 100, “Ypur Love Is Driving Me Crazy”, yang mencapai No. 13 di awal 1983.

Sammy terus menikmati sukses komersil di 1980-an, dengan lagunya yang paling terkenal, “I Can’t Drive 55”, dari albumnya yang dirilis di 1984, VOA, mencapai No. 26 di Billboard Hot 100 singles chart. Di 1987, Sammy memilik hit No. 1 pertamanya di Billboard Album Rock Tracks dengan “Give to Live” dari I Never Said Goodbye, dirilis setelah dia bergabung dengan Van Halen.


Di 1983-84 Sammy dan Neal Schon membentuk supergrup H.S.A.S. (Hagar Schon Aaronson Shrieve) dengan mantan bassis Foghat Kenny Aaronson dan mantan drummer Santana Michael Shrieve. H.S.A.S. merilis sebuah album, Through the Fire. Versicover “A Whiter Shade of Pale” milik Procol Harum, diputar di radio, mencapai No. 94 di Billboard Pop 100 Singles chart, sedangkan “Top of the Rock” menjadi lagu favorit di pasaran seperti Seattle, Washington.

Pada 1985, Sammy menjadi vokalis Van Halen setelah David Lee Roth berpisah dengan band. Dengan Sammy sebagai frontman, Van Halen menghasilkan 4 buah album multi-platinum, album yang menjadi No. 1 di Billboard: 5150 (1986), OU812 (1988), For Unlawful Carnal Knowledge (1991), dan Balance (1995).


Karena masalah internal membuat Samy pergi dari band di Juni 1996. Sammy tidak setuju dengan keputusan untuk merekam 2 lagu baru untuk soundtrack film Twister, setelah band setuju untuk mengambil liburan setelah tur dunia mereka di 1995. Sammy juga menolak untuk mengeluarkan rekaman greatest hits pada saat itu dalam karir band. Akhirnya masalah dianggap selesai saat Eddie mulai bekerja dengan mantan penyanyi utama David Lee Roth dari pada Sammy, dan 2 lagu baru dibuat dengan Roth untuk album greatest hits, Best Of – Volume I. Saat Van Halen berpisah lagi dengan Roth, dari pada menyewa kembali Sammy, band menyewa Gary Cherone, mantan penyanyi utama Extreme.

Telah bermain bersama sejak 1992 sebagai trio, Sammy drummer David Lauser dan bassis Van Halen Michael Anthony membentuk sebuah band rock Los Tres Gusanos (dalam bahasa Inggris, The Three Worms) di 1993. Memainkan lagu-lagu campuran dari Sammy Hagar, Van Halen, dan lagu-lagu cover di Cabo wabo dan di San Fransisco.

Sammy memproduksi sejumlah rekaman solo baru setelah berpisah dengan Van Halen di 1996. Dia menempatkan lagu No. 1 lagi di Mainstream Rock Tracks di 1997 dengan lagu “Little White Lie”. Di 1999, Sammy membentuk sebuah band solo jangka panjang, bernama The Waboritas, berisi lagi dengan David Lauser pada drum, juga kibordis Jesse Harms, dan mantan gitaris Bus Boys Vic Johnson, dan mantan bassis Tommy Tutone, Mona Gnader.


Di musim panas 2002, Roth dan Hagar bersatu di Song For Song, the Heavyweight Champs of Rock and Roll tour (juga dikenal sebagai ‘Sans-Halen’ atau ‘Sam & Dave’ Tour). Tur bersama dari mantan penyanyi utama membuat media dan khalayak terpana karena mungkin saja dapat dilakukan di tur Van Halen dengan Roth atau Hagar. Tur itu menarik banyak penonton dan tanpa band pembuka. Michael Anthony menjadi tamu di band Hagar, The Waboritas beberapa kali dan menjadi vokalis utama.

Di 2002, saat Van Halen belum terbentuk, Hagar bergabung kembali dengan gitaris Neal Schon dari Journey dan kemudian Joe Satriani untuk membentuk sebuah proyek sampingan baru bernama Planet Us, bersama dengan anggota Van Halen, Michael Anthony pada bass dan Deen Castronovo (juga Journey) pada drum. Meskipun menjanjikan, band ini hanya merekam 2 buah lagu dan manggung beberapa kali sebelum bubar saat Hagar dan Anthony bergabung kembali dengan Van Halen.

Setelah melakukan tur yang sukses dengan David Lee Roth, Hagar mulai berpikir tentang mantan rekan sebandnya Van Halen, mengontak Alex di akhir 2003 setelah mendapat tip dari beberapa teman. Pada 2004, Van Halen melakukan tur dengan Van Halen dan merilis Best Album berisi 2 CD, berjudul Best of Both Worlds yang berisi 3 buah lagu baru Van Halen dengan Hagar sebagai vokalis.

Di 2005, Hagar terus bermain dengan The Waboritas saat dia melakukan tur di pantai Atlantic dan Midwest dan dengan tambahan mantan pemain bass Van Halen Michael Anthony. Hagar merilis sebuah DVD dan album berjudul Livin’ It Up! In St. Louis dengan The Waboritas pada 25 Juli 2005.


Di 2008, Hagar membentuk sebuah ‘supergrup’ bernama Chickenfoot dengan Michael Anthony, drummer Red Hot Chili Peppers Chad Smith, dan virtuoso gitar Joe Satriani. Album debut self-title mereka dirilis pada Juni 2009 dan debut di No. 4 di Billboard Music Chart. Setelah tur dilakukan kemudian diikuti dengan merilis album kedua, Chickenfoot III, di 2011.

Pada Maret 2011, Sammy Hagar merilis sebuah otobiografi berjudul Red: My Uncensored Life In Rock, ditulis dengan bantuan kritikus rock Joel Selvin. Pada 3 April 2011, buku ini menjadi No. 1 di daftar New York Times Best Seller dari buku non fiksi.


Hagar membentuk sebuah supergrup baru di 2014, menampilkan Michael Anthony, gitaris Waboritas Vic Johnson, dan drummer Jason Bonham. Grup ini bernama The Circle, yang membawakan lagu-lagu dari karir solonya, Montrose, Van Halen, dan Chickenfoot. Lagu-lagu Led Zeppelin juga dibawakan sebagai penghormatan untuk Led Zeppelin; karena fakta bahwa Jason adalah putra dari drummer mereka, John Bonham. The Circle mulai melakukan tur di 2014, dan menghasilkan sebuah album live, At Your Service pada Mei 2015.

1 komentar:

  1. Sehat selalu om Hagar, salam dari depok buat om Hagar.. Keep on Rockin!!!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...