Laman

Jumat, 01 Januari 2016

BRAD DELP



Lahir dengan nama Bradley Edward Delp pada 12 Juni 1951 di Peabody, Massachusetts dari imigran Perancis-Kanada, dan dibesarkan di Danvers, Massachusetts.

Pada 1969, gitaris Barry Goudreau memperkenalkan Delp pada Tom Scholz, yang sedang mencari penyanyi untuk menyelesaikan beberapa rekaman demo. Akhirnya Scholz membentuk band berumur pendek Mother’s Milk (1973-1974), memasukkan Delp dan Goudreau. Setelah memproduksi sebuah demo, Epic Records akhirnya mengontrak band tersebut. Mother’s Milik berganti nama menjadi Boston, dan album debut (direkam pada 1975, meskipun banyak lagu telah bertahun-tahun ditulis sebelumnya) dirilis pada Agustus 1976. Delp menampilkan semua vokal utama dan latar, termasuk semua overdub vokal berlapis. 

Debut Boston telah terjual lebih dari 20 juta kopi, dan menghasilkan standar rock seperti "More Than a Feeling", "Foreplay/Long Time" dan "Peace of Mind". Delp ikut menulis "Smokin'" bersama dengan Scholz, dan menulis lagu album penutup, "Let Me Take You Home Tonight". 


Album mereka berikutnya, Don’t Look Back, dirilis dua tahun kemudian pada Agustus 1978. Rilisan ini menelurkan hit baru seperti trek judul, "Party" (sekuel dari "Smokin "), dan balada pedih "A Man I’ll Never Be". Seperti yang mereka lakukan dengan "Smokin'", Delp dan Scholz berkolaborasi lagi pada "Party", dan Delp menulis "Used To Bad News". 

Setelah dua album Boston pertama, Delp menyanyikan vokal pada album solo self-titled Barry Goudreau, dirilis pada 1980. Kesempurnaan legendaris Scholz dan pertikaian hukum dengan perusahaan rekaman mereka menunda album Boston selanjutnya sampai 1986, ketika band ini merilis album berjudul Third Stage. Delp ikut menulis lagu "Cool the Engines" dan "Can'tcha Say/Still in Love" untuk album, dan kedua lagu mendapatkan penyiaran yang signifikan. 

Meskipun terkenal karena suara "emas" dengan lonjakan dan jangkauan vokalnya, Delp juga seorang multi-instrumentalis, bermain gitar, harmonika dan kibord. Dia menulis atau ikut menulis lagu untuk Boston, RTZ, Orion the Hunter, Lisa Guyer , dan seniman lainnya. 


Pada 1991 Delp dan Goudreau membentuk band baru bernama RTZ. Setelah Boston merilis album "Walk On" pada 1994 dengan Fran Cosmo pada vokal, Delp dan Boston akhirnya berkumpul kembali akhir tahun itu untuk tur besar lain dan Delp terus merekam vokal pada beberapa album dan proyek, termasuk lagu-lagu baru untuk kompilasi Boston 1997 Greatest Hits dan rilisan mereka pada 2002, Corporate America. 


Dari pertengahan 1990-an sampai kematiannya pada 2007, Delp juga bermain di proyek sampingan ketika ia punya waktu libur dari Boston – sebuah band tribute the Beatles bernama Beatlejuice. The Beatles selalu menjadi favorit pribadi Delp, dan ia menghormati mereka untuk penulisan lagu mereka. 

Selama ini Delp juga ikut menulis dan merekam dengan mantan rekan seband Boston Barry Goudreau dan pada 2003 merilis CD Delp dan Goudreau. 


Delp dua kali menikah dan bercerai, dan memiliki dua anak dari istri keduanya, Micki Delp. Dia adalah seorang vegetarian selama lebih dari 30 tahun, dan memberikan kontribusi ke sejumlah badan amal. 

Delp melakukan bunuh diri antara 11:00 pada 8 Maret dan 13:20 pada 9 Maret 2007. Polisi setempat menemukan tubuhnya setelah panggilan 911 dari Pamela Sullivan saat dia melihat tabung ventilasi pengering terhubung ke knalpot pipa mobil kuning Delp. Mereka menemukan dia berbaring di atas bantal di lantai utama kamar mandi rumahnya di Academy Avenue di Atkinson, New Hampshire. Dua panggangan arang yang ditemukan telah dinyalakan di dalam bak mandi yang menyebabkan ruang terisi dengan asap. Sebuah catatan bunuh diri dijepit ke leher T-shirt, yang berbunyi: "Mr. Brad Delp 'J 'ai une âme solitaire'. I am a lonely soul." Delp meninggalkan empat amplop tertutup di kantornya ditujukan kepada anak-anaknya, mantan istrinya Micki, tunangannya, dan pasangan lain yang tidak disebutkan namanya. Ia berusia 55 tahun saat itu. 

Penyebab resmi kematian tercatat sebagai bunuh diri dengan keracunan karbon monoksida.

Hari berikutnya, situs Boston untuk sementara ditutup, webmaster mengganti laman utama mereka dengan latar belakang hitam sederhana dan pesan teks putih: "Kami baru saja kehilangan orang yang paling baik di rock and roll."

Pada 19 Maret 2008, Barry Goudreau merilis satu lagu terakhir dengan Delp pada vokal berjudul "Rockin Away". Ditulis dan direkam pada musim panas 2006, ikut ditulis dengan Goudreau, itu adalah sebuah otobiografi dari karir musik Delp. Lagu ini menjadi hit di awal 2008, mencapai hingga Nomor 18 di Amerika Serikat dari peringkat musik yang diudarakan di radio rock Amerika. 

Pada ulang tahun ke 61 Delp, 12 Juni, 2012, Jenna Delp, putri Delp dan Presiden Brad Delp Foundation, merilis sebuah MP3 di situs yayasan dari lagu yang "tidak pernah dirilis sebelumnya merilis" yang ditulis dan direkam oleh Delp di 1973. Juga mengumumkan bahwa Yayasan bermaksud untuk merilis sebuah CD lengkap dari karya solo Brad di beberapa titik di masa depan, yang akan mencakup rentang waktu 30 tahun dari materi lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya ditulis dan direkam oleh Delp dan teman-teman terdekatnya.


Pada 25 November 2015, Mahkamah Yudisial Pengadilan Massachusetts menemukan dalam mendukung Boston Herald dan Micki Delp dalam gugatan pencemaran nama baik yang berasal dari bunuh diri pada 2007 dari penyanyi utama (Brad Delp) dari band rock "Boston." 

Pada 23 Februari 2016, Tom Scholz , produser, penulis lagu utama dan musisi pimpinan Boston, mengajukan surat perintah yang meminta Mahkamah Agung Amerika Serikat untuk memungkinkan gugatan pencemaran nama baik melawan Boston Herald dan Micki Delp untuk terus maju. Yang dimaksud adalah jika pernyataan Herald bahwa rasa sakit datang dari pecahnya Boston karena kontribusi bunuh diri Delp adalah opini bukan fakta, dan dengan demikian sebagai dasar gugatan pencemaran nama baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...