Laman

Senin, 09 Januari 2017

ANDREW WOOD




Dilahirkan pada 8 Januari 1966 dengan nama Andrew Patrick Wood di Columbus, Mississippi, dan dibesarkan di Bainbridge Island, Washington. Dia adalah anak bungsu dari tiga anak; kakak-kakanya Kevin dan Brian. Wood dan kakak-kakaknya dikenalkan berbagai jenis musik oleh orangtua mereka, yang juga mendukung anak-anak mereka saat mereka belajar cara memainkan alat musik. Wood menjadi penggemar dari para musisi seperti Elton John, Queen, Aerosmith, dan Kiss.


Pada 1980, pada usia 14 tahun, Wood membentuk Malfunkshun dengan kakaknya Kevin, merekam demo tape pertama mereka pada April 1980. Drumer Regan Hagar bergabung tidak lama kemudian dengan band, memainkan pertunjukan di Seattle, Washington. Tiap anggota mengadopsi nama lain diatas panggung, dengan Andrew menjadi Landrew the Love Child, Kevin menjadi Kevinstein, dan Hagar menjadi Thundarr. Tidak seperti kebanyakan grup grunge di Seattle, Malfubkshun terpengaruh oleh glam rock dengan Wood digambarkan sebagai "a hippie, glammed-out rock & roll god, equal parts Marc Bolan and Jim Morrison," dengan tampang dan gaya vokalnya yang terpengaruh oleh para frontman seperti Freddie Mercury, Paul Stanley, dan Marc Bolan. Pada 1985, Wood mulai sangat tergantung pada narkoba untuk membantu persona "rock star" miliknya, dan masuk rehabilitasi di tahun yang sama.


Malfunkshun merekam sejumlah demo pada 1986, dua diantaranya adalah, "With Yo' Heart (Not Yo' Hands)" dan "Stars-n-You", yang dimasukkan di album kompilasi Deep Six "legendaris" yang dirilis oleh C/Z Records tahun yang sama. Band terus memainkan pertunjukan di Seattle, membuka untuk Soundgarden, The U-Men, dan Skin Yard. Namun, pada 1988, Malfunkshun dibubarkan.

Walaupun band tidak pernah merilis sebuah album dan juga dicoret oleh Sub Pop untuk "not (being) grunge enough," Malfunkshun, bersama dengan Green River, sering dianggap sebagai "founding fathers" dari gerakan grunge Seattle.
Wood dan Hagar mulai bermain dengan Stone Gossard dan Jeff Ament dari Green River, yang dibubarkan pada 1988, terkadang tampil sebagai band cover Lords of the Wasteland. Mantan gitaris Green River Bruce Fairweather ditambahkan ke dalam formasi, sementara drumer 10 Minutes Warning dan Skin Yard Greg Gilmore menggantikan Hagar, membentuk Mother Love Bone di tahun yang sama.


Band segera teken kontrak dengan PolyGram, dan melalui label cabang mereka Stardog, merilis EP enam lagu, Shine, pada 1989. John Book, dari Allmusic, menyatakan bahwaEP itu "conributed to the buzz about the Seattle Music scene." Band menghabiskan sisa tahun dengan tur, termasuk pertunjukan untuk mendukung The Dogs D'Amour, dan merekam album debut mereka. Dengan harapan tinggi dari album, Wood masuk ke rehabilitasi karena perjuangannya dengan kecanduan heroin, berharap untuk dapat bersih untuk perilisan album, bertahan disana untuk sisa tahun.

Pada 1990, band terus memainkan pertunjukan di Seattle, menunggu untuk perilisan album mereka, Apple.

Pada 16 Maret 1990, Wood ditemukan dalam keadaan koma oleh pacarnya, karena overdosis heroin. Wood dibawa ke Harborview Hospital dan diberi penunjang hidup. Meskipun menjadi responsif, Wood sudah menderita hemorrhage aneurysm, kehilangan semua fungsi otak. Pada 19 Maret para dokter menyarankan bahwa Wood dilepaskan dari penunjang hidup. Tempat pemakamannya berlokasi di Miller-Woodlawn Memorial Park di Bremerton, Washington.

Apple dirilis secara anumerta kemudian tahun itu, menerima tanggapan positif. David Browne dari The New York Post menulis bahwa "Apple may be one of the first great hard-rock records of the 90s" dan bahwa "andrew Wood could have been the first of the big-league Seattle rock stars."

Tidak lama setelah kematian Wood, mantan rekan sekamar Chris Cornell dari Soundgarden menulis dua lagu, "Reach Down" dan "Say Hello 2 Heaven", untuk menhormati mendiang temannya. Cornell kemudian mendekati Gossard dan Amen tentang perilisan lagu-lagu itu sebagai single sebelum berkolaborasi pada sebuah album. Menambahkan drumer Matt Cameron, gitaris utama Pearl Jam masa depan Mike McCready, dan penyanyi utama Pearl Jam masa depan Eddie Vedder, mereka membentuk Temple of the Dog pada 1990 untuk menghormati Wood, merilis satu album self-title pada 1991.

Sesama band Seattle Alice In Chains mendedikasikan album debut mereka Facelift untuk Wood. Lagu "Would?", yang dimasukkan di album kedua mereka Dirt, ditulis tentang Wood dan para penyanyi lain yang meninggal yang diakibatkan narkoba.

Pada 1992, PolyGram menerbitkan Shine dan Apple sebagai album kompilasi Mother Love Bone, sementara lagu "Chloe Dancer/Crown of Thorns" dimasukkan di soundtrack untuk film Singles. Tahun yang sama, band Los Angeles Faster Pussycat menulis lagu "Mr. Lovedog", dari album Whipped!, untuk menghormati Wood.

Band Seattle War Babies, yang secara singkat menampilkan Jeff Ament dari Mother Love Bone pada bass, mendedikasikan lagu "Blue Tomorrow" yang diambil dari album debut 1992 mereka untuk Wood.

Pada 1993, band post-grunge Seattle Candlebox merilis album debut self-title mereka yang menampilkan single "Far Behind," yang ditulis untuk mengenang Wood.

Mantan rekan band Wood, Stone Gossard, mengumpulkan rekaman Malfunkshun dari 1986-87 dan merilis album studio Return to Olympus melalui label Loosegroove Records miliknya pada 1995.

Pada 2005, sutradara Scot Barbour menyelesaikan produksi pada dokumenter Malfunkshun: The Andrew Wood Story. Film ini mendokumentasikan karir musik Wood juga latar belakang keluarganya. Film ini tayang perdana di the Seattle International Film Festival. Pada Oktober tahun yang sama, film ini ditayangkan di the FAIF Film Festival di Hollywood, California. Film ini dirilis pada 2011 dalam DVD sebagai bagian dari kumpulan 2CD+DVD berjudul "Malfunkshun: The Andrew Wood Story" termasuk album the Return to Olympus, sebuah bonus CD menampilkan banyak wawancara dan demo, dan film dalam disk DVD.

Pada 7 Juli 2015 di sebuah pertunjukan NYC frontman Slipknot dan Stone Sour Corey Taylor menampilkan Chloe Dancer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...