Laman

Sabtu, 28 April 2018

JOHN IDAN


Dilahirkan pada tanggal 27 April 1950 atau 1960-an adalah gitaris dan vokalis kelahiran Detroit, Amerika Serikat, yang paling dikenal karena karyanya dengan The Yardbirds, The McCarty Band, dan band - bandnya sendiri, The John Idan Group dan The Top Topham - John Idan Band.


John Idan, yang berasal dari Detroit, Michigan, menemukan bakat musiknya pada usia dini.

Setelah band SMA-nya, ia segera mulai bermain dengan band profesional pertamanya 'The Natural Blues Band' yang membuat dirinya mendapatkan nama di Detroit dan Michigan tenggara. Setelah pecahnya the Natural Blues Band Idan pergi berlibur ke London di mana ia bertemu mantan gitaris Yardbirds dan drummer Jim McCarty dari Yardbirds. Pada tahun 1988 ia pindah ke Inggris untuk menjadi penyanyi dan gitaris utama band blues mereka. Idan segera dikenal sebagai 'Detroit' John Idan di kancah blues London.

Pada tahun 1992 ia meninggalkan the McCarty Band untuk mengejar minat musiknya sendiri dan mendirikan bandnya 'Realfire'. Sepanjang waktu yang sama The Yardbirds sedang direformasi. Idan menjadi vokalis utama dan bassis mereka. 



Sejak itu Idan telah berkeliling dunia berkali-kali dengan mereka dan telah memainkan pertunjukan yang terjual habis di berbagai panggung kelas dunia seperti The Royal Albert Hall di London; The Royal Festival Hall, House of Blues di LA (tamu: Steve Vai), South by South West (tamu: Slash) dll. Dia telah merekam dua album utama dengan the Yardbirds, Birdland yang bertabur bintang pada tahun 2003 dan Live at B.B. King Blues Club pada tahun 2006. Setelah berada di band selama 14 tahun, Idan mengumumkan kepergiannya di musim panas tahun 2008 yang menyatakan dorongan untuk lebih banyak kreativitas dan keinginannya untuk menjadi gitaris utama lagi.

Pada tahun 2008 ia merilis debut album solonya The Folly di mana ia memainkan semua instrumen dengan pengecualian dari kuartet gesek. Pada tahun yang sama ia membentuk bandnya sendiri 'The John Idan Group'. Dia sejak itu telah merekam untuk album ke-2 dan bekerja di berbagai proyek musik bermain di Inggris, Eropa dan Amerika Serikat. 



Pada tahun 2015, Idan bergabung kembali The Yardbirds, sekarang sebagai gitaris ritem. Dia juga baru-baru ini bermain gitar dan bernyanyi dengan Ric Lee's Natural Born Swingers, sebuah band yang dipimpin oleh Ric Lee dari Ten Years After.

Idan juga mengajar musik kepada murid di Eastwick Junior School di Bookham, Surrey pada akhir 2000-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...