Laman

Minggu, 22 Maret 2015

JASON BECKER


Lahir pada 22 Juli 1969, dengan nama Jason Eli Becker oleh orang tua, Gary dan Patricia (Heffley) Becker. Dia lahir di Richmond Hospital di 23rd Street. Orang tua baptisnya adalah aktor Wayne Heffley. Jason lulus dari Kennedy High School dimana dia memainkan Black Star milik Yngwie Malmsteen dengan bandnya di acara pencarian bakat. Saat masih SMU, Jason diperkenalkan dengan Marty Friedman. Dia mengenal gitar saat masih anak-anak karena ayah maupun pamannya adalah pemain gitar. Dia menyerap semua jenis musik dari seluruh dunia dan mencampurkan aspek dari tiap jenis musik tersebut dalam permainannya. Dia mempraktekkan musik-musik dari Bob Dylan, Eric Clapton, Jeff Beck, Uli Jon Roth, Eddie Van Halen, dan banyak lagi.


Jason memulai bermain bersama Marty Friedman di sebuah duo yang diproduseri Mike Varney, Cacophony. Bersama, mereka membuat album, dan melakukan tur ke Jepang dan AS. Saat mereka tidak pernah di jalur “mainstream” di AS, Eropa menerima musik mereka dan pertunjukan mereka selalu laris dimanapun mereka tampil. Pada 1989 Jason keluar untuk melakukan solo karir, karena dia telah merilis album pertamanya berjudul “Perpetual Burn” pada 1988. Di album ini ada sumbangan permainan gitar dari Marty Friedman pada 3 lagu yakni : Temple Of The Absurd, Eleven Blue Egyptians dan Dweller in The Cellar.
Pada tahun 1996 merilis “Perspective”. Inilah album pertama yang dirilis oleh seorang penderita ALS. Di album ini ada beberapa musisi tamu seperti : Steve Perry (Journey), Michael Lee Firkins, Gregg Bissonette dan Steve Hunter. Di lagu berjudul “Rain” ditulis bersama Billy Duffy dari The Cult.


Album “Collection”, dirilis pada 2008. Juga merlis 2 album demo, bertitel “The Raspberry Jams” dan The Blackberry Jams”. Di album The Blackberry Jams masih ada bantuan dari Marty Friedman.


Pada usia 20 tahun, dia bergabung dengan band David Lee Roth untuk mengerjakan album A Little Ain’t Enough milik Roth, menggantikan Steve Vai, yang telah bergabung dengan Whitesnake. Pada tahun 1989 Jason memenangkan Best New Guitarists award dari Guitar Magazine untuk hasil kerjanya di album David Lee Roth “A Little Ain’t Enough”. Album ini diproduseri oleh Bob Rock. Bertengger di No. 18 pada Billboard 200.

Saat mempersiapkan untuk tur panjang, Jason mulai merasakan apa yang dia sebut “tulang malas” di kaki kirinya. Dia kemudian didiagnosa dengan Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS; Lou Gehrig’s Disease) dan umurnya hanya tersisa 3 hingga 5 tahun lagi. ALS (amyotrophic lateral sclerosis), adalah penyakit syaraf yang fatal dan progresif . Baik syaraf motorik atas dan syaraf motorik bawah mengalami degenerasi atau mati, menghentikan pengiriman pesan ke otak. Karena tidak bisa berfungsi, otot secara bertahap melemah, tidak berfungsi (atrophy/hancurnya jaringan dalam tubuh), dan mengalami fasciculations (kontraksi otot karena otot mengecil) karena kehilangan fungsi syaraf. Pada akhirnya kemampuan otak untuk memulai dan mengendalikan gerak hilang. Meski demikian, pasien tetap memiliki intelegensi, ingatan, dan kepribadian yang sama seperti sebelum terkena penyakit, termasuk pada pasien yang sudah berada pada tahap lanjut.


Dia menyelesaikan rekaman album dengan menggunakan string gitar yang tipis dan teknik lainnya, yang membuatnya mudah dalam bermain gitar dengan tanganya yang melemah. Walaupun pada akhirnya dia berhasil menyelesaikan album tersebut, yang dirilis pada tahun 1991, dia tidak bergabung dengan band untuk melakukan tur karena ketidakmampuannya untuk tampil di atas panggung; mantan gitaris Lizzy Borden, Joe Holmes mengambil alih peran Jason dalam tur.

Karena penyakitnya, dia kehilangan kemampuannya untuk berbicara dan kini berkomunikasi dengan matanya via sistem yang dibuat oleh ayahnya. Walaupun ALS secara drastis merenggut kemampuannya untuk bermain gitar, berjalan, dan bahkan berbicara, dia secara mental masih tetap aktif dan, dengan bantuan computer, tetap membuat komposisi lagu. Di belakang sampul CD album Perspective, Jason menulis “Saya menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis, dia telah membuat cacat badan dan kemampuan berbicara saya, tapi tidak pikiran saya.” Kondisi medisnya tetap stabil sejak 1997. Pada tahun 2003, Jason menulis di website nya bahwa dia merasa lebih baik dan berat badannya meningkat, saat sampul album yang dirilis tahun 2008 ‘Collection” juga memperlihatkannya.


Pada 1996, Jason merilis sebuah album yang bertitel “Perspective”, sebuah album instrumental yang dibuat olehnya (kecuali lagu “Meet Me In The Morning” milik Bob Dylan). Penulisan musik telah dimulai sebelum ALS benar-benar merenggut kemampuannya. Dengan menggunakan gitar, dan kemudian, saat dia sudah tidak mampu menggunakan kedua tanngannya, dengan kibor dia melanjutkan pembuatan komposisi, saat penyakit makin parah.. Akan tetapi, saat Jason tidak bisa lagi bermain kibor secara fisik, salah seorang teman dan juga produser musik, Mike Bemesderfer menolongnya dengan program computer khusus musik yang bisa membaca pergerakan kepala dan matanya, membuat Jason mampu meneruskan membuat komposisi setelah dia kehilangan kontrol atas seluruh tubuhnya.

Beberapa tahun kemudian, Jason merilis Raspberry Jams (1999) dan Blackberry Jams (2003); album pertama yang berisi beraneka lagu-lagu demo yang belum pernah dirilis, dan juga  berisi lagu-lagu demo dan versi alternative dari lagu yang kemudian direkam ulang dan diedarkan ke dalam album lain.

Dua album penghormatan untuk Jason Becker telah diedarkan. Album tersebut berjudul Warmth in The Wilderness I dan Warmth in The Wilderness II, kedua album tersebut menampilkan gitaris-gitaris seperti Steve Vai, Paul Gilbert, Marty Friedman, Joe Becker, Rusty Cooley, dan Mattias Eklundh. Keuntungan album diberikan kepada Jason untuk membantunya dalam keuangan medis.

Pada 4 Nopember 2008, Shrapnel Records merilis album baru Jason Becker berjudul “Collection”. Album ini berisi 3 lagu baru untuk menambah rekaman-rekaman lama (beberapa lagu belum pernah dirilis) dan menampilkan Marty Friedman, Greg Howe, Joe Satriani, Michael Lee Firkins, Steve Vai, dan Steve Hunter.

Pada 20 Agustus 2010, Jason mengumumkan bahwa dia merencanakan untuk merilis album musik yang dia rekam saat dia masih remaja.

Dianggap sebagai gitar virtuoso dan salah satu gitaris papan atas pada masanya, Jason Becker mempelajari karya violinis Niccolo Paganini dan merupakan rekan bagi Marty Friedman. Dia kemudian menggubah 5th Caprice milik Paganini, memainkannya di video pelajaran gitar miliknya. Komposisi Jason seringkali berisi skala kecepatan tinggi dan arpeggio-ciri khas dari gaya permainan ‘shred’ miliknya. Seringkali menggabungkan teknik tingkat tinggi seperti sweep picking, alternate picking, artificial harmonic accenting, dan tapping; dia ada diantara nama-nama besar selama masa teknik gitar ‘shred’ dan trend Neo-Classical Metal di pertengahan hingga akhir ’80-an dan masih dihormati serta dihargai oleh musisi seangkatan hingga saat ini. Lagu ‘Serrana’ yang ada di album Perspective, adalah contoh dari kemampuan sweep-picking miliknya. Dia mendemonstrasikan teknik arpeggio saat melakukan klinik di Atlanta Institute of Music. Video dari penampilan ini pertama kali ada di video pelajaran gitar “Hot Licks” miliknya.

Gitar pertama Jason adalah gitar akustik Franciscan. Di masa bergabung dengan Cacophony di 1987, Jason menggunakan gitar Fransiscan, gitar akustik Takamine, Fender Musicmaster, dan akhirnya Fender Stratocaster hitam model “Dan Smith” (mirip model 1982 atau 1983) dengan humbucker DiMarzio Steve Morse di bridge (terlihat di video Black Star, tahun 1986). Di papan pesannya, Jason berkata “Saya merekam SMS (Speed Metal Symphony) dengan gitar strat saya.”

Untuk gitar berikutnya, Jason mengatakan di papan pesannya “Mike Varney mempunyai gitar Hurricane untuk menyokong kami setelah kami merekam Speed Metal Symphony. Saya suka betapa mereka mirip Strats, hanya lebih tipis.”

Di album Perpetual Burn, Jason berkata di papan pesannya: “Saya menggunakan gitar Hurricane putih dan hitam milik saya untuk segalanya. Untuk tone yang bersih saya menggunakan sistem direct. Untuk tone yang kotor saya menggunakan 100 Watt Marshall dengan pedal Boss Super Overdrive.

Gitar Moridira Hurricane yang dia gunakan disebut model Limited Edition LTD.2, dipercaya dibuat di Jepang. (Bukan gitar Hurricane EX Series, yang mempunyai kualitas lebih rendah). LTD.2 miliknya adalah “strat copy” seperti yang dikatakan Jason, tapi dengan pick-up HSS, fingerboard dari rosewood dengan 22-fret, dan Floyd Rose yang unik dimana kamu tidak harus memotong stringnya. Untuk pickup, Jason berkata di papan pesannya: “Saya benar-benar menggunakan persediaan pickup yang ada.” Pickup tersebut buatan Jepang.

Di sampul album Perpetual Burn dia difoto dengan gitar Hurricane biru. Dia tidak menggunakan gitar biru ini di album tersebut. Perbedaan gitar ini dari gitar Hurricane pertama miliknya termasuk pickup DiMarzio, fretboard dari maple, dan 24 fret. (Yang menarik Marty Friedman merekam bagian whammy bar dari lagu “Dragon Mistress” miliknya menggunakan gitar Hurricane biru, salah satu rekaman whammy yang langka milik Marty yang pernah direkam.)

Untuk album kedua Cacophony, Jason ganti menggunakan Carvin, terutama 2 model DC Series, satu berwarna biru dengan kayu maple dengan gambar api diatasnya, dan lainnya dengan kayu solid burgundy (Ini gitar yang terlihat di video 1989 yang terkenal “Yo Yo” dari tur di Jepang dengan Cacophony). Keduanya mempunyai body cutaway, system tremolo Kahler locking, 6 dalam line machine head dan 2 Carvin humbucker pickups. Dia menggunakan ini hingga dia didiagnosa dengan ALS di 1989.

Selama sesi untuk album A Little Ain’t Enough, Jason menggunakan Carvin yang beraneka ragam, Ibanez, ESP dan gitar Valley arts, juga Les Paul di beberapa lagu dan akustik Gibson di lagu tertentu. Jason juga pernah difoto dengan gitar Hamer. Dari 1989-1991, Jason menggunakan beraneka gitar, seringkali model Peavey dengan tulisan angka di fretboard nya. Juga menggunakan gitar Ibanez Custom Shop (kemungkinan berdasarkan RG), gitar custom dari Performance guitars, sepasang gitar bergaya strat yang tidak diketahui dan 3 gitar Hurricane hitam dengan 3 pickup single coil. 

Yang terbaru, Jason memperbolehkan Paradise Guitars USA untuk merilis gitar signature Jason Becker. Gitar tersebut mirip dengan Peavey tapi dengan bentuk headstock yang berbeda.

Jason menggunakan tipe amplifier yang berbeda dalam musiknya. Sebelum bergabung dengan Cacophony, dia menggunakan Peavey Studi o Pro 40 kecil dengan model Peavey lama bergaris perak vertical. Selama masa awal karirnya Jason juga terlihatdengan Marshall JCM800 head merah dan cabinet 4x12.

Untuk album pertama Cacophony, Jason menggunakan ADAMP1 preamp. Perpetual Burn adalah Marshall half stack tahun 70-an pinjaman dan BOSS Super Overdrive dan album kedua Cacophony adalah Carvin X100B stack.

Untuk album David Lee Roth ‘A Little Ain’t Enough’, Jason menggunakan “8 Marshall yang berbeda.” Dia juga menggunakan head SX300H di saat bersamaan di masa itu. Setelah Cacophony Jason menggunakan amplifier yang berbeda, termasuk “Fender M80”, sebuah Marshall yang tidak diketahui, ADA Preamp dan kemungkinan Peavey combo yang tidak diketahui.

Jason biasanya menggunakan Dean Markley dan SIT Strings.

Pada 2008 Paradise Guitars bekerja dengan Jason untuk merancang gitar Signature Jason Becker. Rancangan itu berdasarkan Peavey dengan angka berwarna di dalam fret. Terdiri dari alder body, maple neck dengan steel 2-way truss rod, 16” radius fingerboard, 24 jumbo thin frets dengan angka berwarna, tremolo Floyd Rose hitam Pro Style floating Tremolo dengan Floyd Rose tremolo stop, Sperzel red satin tuners, 14-degree tilt-back headstock dengan logo hitam Paradise dan tremolo dan plat elektronik. Pickup adalah DiMarzio; PAF Pro-custom di neck berwarna kuning dan merah, DP116 HS-2 di tengah berwarna hijau, dan Tone-Zone Custom di bridge yang berwarna pink dan biru. Pickup berwarna ini memberikan gitar tersebut efek pelangi. Juga ada 5-way switch dan volume knob 1-11 berwarna ungu.

Pada 2012 Carvin dengan Jason Becker untuk mreancang guitar tribute Jason Becker berdasarkan model asli gitar DC-Series yang dia pakai selama karirnya. Gitar tersebut terdiri dari Alder body dengan model api diatasnya, maple neck dengan fingerboard maple bergambar api, tremolo Floyd Rose, fret jumbo, 2 humbucker, elektronik aktif, dan warna biru standar.

Sebuah film dokumenter panjang tentang kehidupan Jason Becker berjudul Jason Becker: Not Dead Yet, dirilis pada 2012. Film ini berisi wawancara dengan Jason Becker, keluarga dan teman-temannya, dan banyak musisi yang pernah bekerja sama dengannya, terdiri atas Marty Friedman, Steve Vai, Joe Satriani, Richie Kotzen, dan Steve Hunter. Film tersebut diterima dengan sangat baik oleh penggemar dan kritikus dan memenangkan banyak penghargaan.

1 komentar:

  1. ulasan yang bermanfaat kawan. terima kasih. Jason Becker is still legend....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...