Laman

Rabu, 02 Desember 2015

STEVE SMYTH



Dilahirkan pada 28 November 1970 di Northern California, AS, adalah gitaris untuk band metal One Machine.




Dia memulai karirnya di band female –fronted melodic progressive metal, Ariah setelah lulus di tahun 1988. Ariah tidak pernah merilis album studio resmi, tapi mereka merekam beberapa lagu dan memainkan show lokal dengan band-band seperti Vicious Rumors dan King Diamond. Ariah dibubarkan di tahun 1992.

Setelah tiga tahun hiatus, dia bergabung dengan band power metal Vicious Rumors untuk menggantikan giatris Mark McGee yang meninggalkan band setelah kematian vokalis Vicious Rumors Carl Albert. Something Burning (1996) adalah album pertama dimana Smyth bermain. Lalu diikuti oleh Cyberchrist di tahun 1998, dan kini dia berpartisipasi dalam penulisan lagu juga.



Di tahun 1999 Smyth meninggalkan Vicious Rumors dan bergabung dengan Testament. Legenda thrash metal Bay Area itu baru merilis album The Gathering, tapi gitaris utama James Murphy didiagnosa dengan tumor otak, maka Testament menginginkan gitaris baru untuk tur berikutnya. Dalam 5 tahun berikutnya Smyth melakukan tur dengan Testament dan memainkan pertunjukan yang tak terhitung sebagai anggota band. Dia ingin membuat sebuah album studio dengan Testament tapi hanya tinggal impian baginya.



Di sisi lain, Smyth membentuk band Dragonland sebagai proyek sampingan dengan gitaris Eric Peterson dan bassis Steve DiGiorgio dari Testament di tahun 2000. Band symphonic black metal merilis 2 buah album: Rapture (2001) dan Black Wings of Destiny (2005).



Band asal Seattle Nevermore berteman dengan Smyth sebelum dia bergabung dengan band. Asalnya hanya bercanda, dia bertanya jika dia bisa bergabung dengan Nevermore. Dia bergabung dengan Nevermore sebagai gitaris tur, dan di tahun 2004, Smyth secara resmi bergabung dengan band setelah menolong mereka melakukan tur di Eropa. Dia bermain gitar diband dengan Jeff Loomis dan ikut menulis lagu di album yang diakui oleh kritikus, This Godless Endeavor (2005).



Pada 30 April 2006, Smyth merilis sebuah pesan yang menerangkan para penggemar bahwa dia didiagnosa dengan gagal ginjal karena congenital birth defect. Berita beritkutnya pada 30 Mei, dan 9 Agustus 2006 di website resminya. Pada 12 Desember 2006, Smyth telah sukses menjalani transplantasi ginjal.



Di musim panas 2007 Smyth meninggalkan Nevermore karena “perbedaan pribadi dan bisnis”. Pada saat itu dia sedang mengerjakan album instrumental dengan aliran progressive rock dengan mantan rekan seband di Ariah dan bassis Steve Hoffman. Proyek sampingan ini bernama “EssenEss” karena nama pertama mereka sama, sebagai kepanjangan dari S’n’S (Steve and Steve). Album debut The EssenEss Project dirilis pada 5 November 2007.


Dia saat ini mengajar di London Institute of Contemporary Music Performance dan kini anggota dari Forbidden.



Steve memulai sebuah band metal internasional dengan pengaruh klasik dan modern, menampilkan anggota yang dengan hati-hati dipilih oleh Smyth: Mikkel Sandager (MERCENARY) pada vokal, Jamie Hunt (BIOMECHANICAL) berbagi tugas gitar, seksi ritem Tomas “O’Beast” Koefoed (MNEMIC) pada bass dan Michele sanna pada drum (walaupun mantan drummer Raphael Saini dari band progressive metal asal Italia CHAOSWAVE yang bermain di album). Proyek ini bernama One Machine.


Album debut mereka The Distortion Of Lies And The Overdriven Truth” dirilis pada 18 Februari 2014 via Scarlet Records. CD ini direkan dan diproduseri oleh Steve Smyth dan mixing oleh Roy Z (Judas Priest, Bruce Dickinson, Halford). Mastering oleh Alan Douches di West West Side Music, dengan tata sampul yang diciptakan oleh Niklas Sundin dari Cabin Fever Media, dilengkapi dengan fotografi dari Anthony Dubois.



Di tahun 2014 dia bergabung dengan supergrup thrash/death metal “From Hell” bersama Damien Sisson dari Death Angel dan Paul Bostaph dari Slayer dan Testament. Album debut “Ascent From Hell” dirilis pada 8 April via Scourge Records.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...