Laman

Rabu, 02 Desember 2015

JESPER STROMBLAD


Dilahirkan dengan nama Clas Hakan Jesper Stromblad pada 28 November 1972 di Gothenburg, adalah seorang musisi berkebangsaan Swedia yang merupakan gitaris untuk band Dimension Zero dan The Resistance. Dia dikenal sebagai pendiri dan mantan gitaris/drummer/kibordis band melodic death metal asal Swedia, In Flames, gitaris untuk band Sinergy, bassis Ceremonial Oath dan drummer HammerFall. Di tahun 2013 dia bergaung dengan band melodic death metal Nightrage sebagai gitaris sesi.




Di bulan Maret 2004, Jesper (bersama dengan Bjorn Gelotte) ada di rangking No. 70 di daftar 100 Greatest Heavy Metal Guitarists of all time oleh Guitar World.


Jesper mulai bermain musik pada usia 4 tahun, bermain violin hingga umur 12 tahun, saat dia tidak lagi menganggap violin bukan sembuah alat musik yang ‘keren’ untuk dimainkan dan mulailah dia bermain gitar.

Di tahun 1990, Jesper menjadi pemain bass baru di band yang bernama “Striker” (walaupun dia tidak dalam band dengan nama itu), kemudian “Desecrator” dan akhirnya Ceremonial Oath dimana dia keluar pada 1993 setelah tidak mendapatkan kendali dalam band. Band dibubarkan di tahun 1996, tapi di tahun 2012, diumumkan band melakukan reuni untuk tampil di edisi tahunan festival The Gothenburg Sound, yang berlangsung pada 5-6 Januari 2013 di Tradgar’n di Gothenburg, Swedia, dengan Stromblad kembali dalam band. Band ini merilis Promo 1991 (1991) dan The Book of Truth (1993).


Selama tahun-tahun terakhirnya di Ceremonial Oath (sekitar 1993) dia ingin menulis musik dan menkombinasikan melodi yang terinspirasi oleh Iron Maiden, dengan kegarangan death metal; sesuatu yang Jesper anggap bahwa belum ada band yang melakukannya. Kini bebas mengendalikan band, dia membentuk band pertamanya, In Flames, yang dianggap sebagai proyek sampingan. Demo pertama yang dia buat dengan band dikirimkan ke pemilik Wrong Again Records, yang sangat menyukainya dan pemilik label berbicara kepada anggota In Flames dan dengan desakan agar dikontrak, band berdusta bahwa mereka memiliki 13 lagu yang sudah dikerjakan, band mendapatkan kesepakatan melalui telepon. Dia memulai band ini sebagai drummer, tapi beralih ke gitar di tahun berikutnya.


Pada 3 Februari 2009, website band inflames.com mengumumkan bahwa Jesper tidak akan berpartisipasi di tur Australia/Amerika Selatan/Jepang agar mendapatkan perawatan untuk masalah alkoholiknya. Niklas Engelin diumumkan sebagai penggantinya untuk tur itu. Pada 12 Februari 2010, karena masalah yang sama yang dia alami di tahun 2009, dia mengumumkan bahwa dia meninggalkan In Flames secara permanen karena masalah pribadi dan kesehatan.

Oscar Dronjak juga anggota Ceremonial Oath, membentuk sebuah band bernama HammerFall mengundang Stromblad sebagai drummer di tahun 1993. Dia juga salah dicantumkan sebagai drummer di album Glory to the Brave mereka karena alasan yang tidak jelas, karena drummer yang bermain di album itu adalah Patrik Rafling; album itu dirilis di tahun 1997 saat Stromblad pergi, walaupun dia masih membantu band menulis lagu di kemudian hari.

Di tahun 1995, Jesper membentuk proyek sampingannya yang kedua yang dia mulai dengan mantan gitaris In Falmes Glenn Ljungstrom, yang pertama dikenal sebagai Agent Orange kemudian Dimension Zero, dimana dia adalah gitaris (sebelumnya bass) band, tapi band melakukan hiatus sejak tahun 2008. Di bulan Mei 2014, Dimension Zero telah mengkonfirmasi untuk edisi tahun depan dari Gothenburg Sound Festival, yang berlangusng pada 2-3 Januari di Tradgarm di Gothenburg, Swedia.

Di tahun 1997, saat Kimberly Goss bersama Dimmu Borgir melakukan tur bersama dengan In Flames, Goss berbicara dengan Jesper tentang membentuk band bervokalis wanita, tapi karena keterbatasan waktu, mereka tidak bisa melakukannya pada saat itu. Saat Goss keluar dari Dimmu Borgir dan pindah ke Swedia, band mereka terbentuk bernama Sinergy. Jesper merilis sebuah album dengan Sinergy, Beware the Heavens.

Di tahun 2003, Jesper dan calon rekan seband di In Flames Bjorn Gelotte membentuk proyek sampingan lainnya yang bernama All Ends, dimana mereka berdua menulis musiknya. Dia merekam sebuah demo dan dia ataupun Gelotte ingin menjadi anggota penuh tapi karena jadwal dari In Flames, tapi mereka tetap membantu dalam penulisan lagu untuk dimainkan band itu, dengan demikian keduanya tidak lagi dalam band All Ends.

Setelah memainkan Call of Duty secara online dengan Marco Aro dari The Haunted, Jesper berdiskusi dengan Aro tentang membentuk sebuah band dimana Aro bergabung; band itu adalah The Resistance, bersama juga mantan rekan gitaris In Flames Glenn Ljungstrom, Alex Losback Holstad dari Despite, dan Chris Barkensjo dari Carnal Forge, terbentuk di tahun 2011. Mereka merilis Rise from Treason EP (2013) dan Scars (2013).

Jesper mengerjakan proyek sampingan lainnya bersama dengan Roland Johansson, mantan penyanyi band metal asal Swedia Sonic Syndicate walaupun hingga Januari 2011 tidak ada tanda-tanda rilisan resmi dari keduanya.

Di tahun 2012, film Swedia Isdraken, yang disutradarai oleh Martin Hogdahl dan dengan Jesper yang membuat komposisi musik aslinya dirilis di teater-teater.

Dia dikenal sebagai salah seorang penggemar berat World of warcraft, bahkan mengenakan t-shir ‘WoW” di panggung. Dia juga menggunakan gitar yang diberi cetakan logo untuk fraksi Horde dari World of Warcraft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...