Laman

Rabu, 02 Desember 2015

BARRY GOUDREAU



Dilahirkan pada 29 November 1951 di Boston, Massachusetts, adalah seorang gitaris dan salah seorang anggota asli band rock Boston.


Barry telah memiliki rasa tertarik pada musiks sejak usia dini dan mendapatkan gitar pertamanya, sebuah akustik gitar yang dia pinjam dari seorang teman, di usia 11 tahun. Dia mulai mengambil les gitar dan di usia 13 tahun, bergabung dengan band pertamanya, The Toranadoes. Di usia 15 tahun, dia bergabung dengan band lain dengan calon drumer Boston, Sib Hashian. Mereka sering bermain di klub-klub malam, kadang-kadang 7 kali seminggu. Kemudian, dia bertemu dengan Brad Delp dan Fran Sheehan, keduanya calon anggota Boston. Dia ikut audisi untuk band milik Delp, tapi tidak berhasil.


Saat dia masuk kampus di Boston University, dia belajar untuk mendapatkan gelar di bidang ilmu Geologi. Dia berusaha mengesampingkan musik untuk fokus di sekolah, tapi dia kemudian bertemu dengan Tom Scholz yang tepat berseberangan dengan sebuah sungai di MIT.

Boston berevolusi dari band kampus Barry "Mother's Milk" yang juga menyertakan Tom Scholz dan Brad Delp. Barry bekerja dengan Scholz dan Delp di awal 1969 untuk menyiapkan demo tape, dimana dia memainkan semua bagian gitar utama dan ritem. Usaha awal yang dilakukan untuk menarik minat label rekaman ini tidak berhasil.


Kemudian, Scholz mengerjakan ulang sebagian lagu dari demo ini dan menulis beberapa lagu baru untuk demo tape yang kedua, kali ini dengan Scholz yang memainkan semua bagian gitar, bass dan kibord. Demo tape kedua ini mendapatkan kontrak rekaman dengan Epic Records.

Walaupun Barry tidak dikreditkan sebagai salah satu penulis lagu di Boston, isian gitarnya merupakan bagian tak terpisah dari sound dan gaya musik Boston. Barry membuat komposisi dan menampilkan gitar utama untuk "Foreplay/Long Time", Don't Look Back, dan "Used To Bad News" dan memberikan masukan kreatif kepada penulis lagu utama, Tom Scholz. Di akhir tahun 1979, Tom terlibat perseteruan legal dab hukum dengan manajer band, dan kemudian dengan CBS. Kemudian, dia menginformasikan kepada anggota Boston bahwa dia tidak akan mengerjakan materi untuk  Boston setidak selama 1 tahun dan mereka seharusnya merasa bebas untuk melakukan proyek solo.



Pada saat ini, Barry sudah menulis banyak lagu dengan harapan bahwa Scholz mengumpulkan mereka untuk album Boston berikutnya. Scholz tidak tertarik untuk menggunakan materi karya Barry. Di tahun 1980, Barry merekam album solo pertamanya berjudul Barry Goudreau, menggunakan Brad Delp dan Fran Cosmo (yang akan bergabung dengan Boston di tahun 1991) pada vokal, dan Sib Hashian pada drum. Perusahaan rekaman melihat aliran dana masuk dengan line-up "almost Boston" ini. Albumnya sangat sukses dengan hit radio seperti "Dreams" dan Mean Woman Blues". Album ini dipromosikan sebagai "Boston-lite" dan saat Scholz mengetahui istilah ini dia sangat marah. Puncaknya, album ini yang memicu Scholz untuk meminta Barry untuk meninggalkan Boston.


Di tahun 1984, Barry membentuk band Orion the Hunter dan merilis sebuah album debut. Kali ini, Fran Cosmo muncul sebagai vokalis, sedangkan Delp menjadi vokalis latar dan ikut menulis 5 lagu dari album ini. Album ini berisi single "So You Ran". Band kemudian menambahkan kibordis dan penyanyi latar Brian Maes dan melakukan tur untuk mendukung Aersomith di tahun 1984 tapi akhirnya bubar di tahun 1985.

Di tahun 1990 Barry membentuk band RTZ (Return to Zero). Delp meninggalkan Boston untuk bergabung dengan band ini. RTZ mendapatkan beberapa kesuksesan dengan hit "Until Your Love Comes Back Around", yang ditulis oleh Brian Maes. Delp dan Barry merasa bahwa perusahaan rekaman tidak mendukung band untuk mendapatkan kemampuan terbaiknya dan meminta dibebaskan dari kontrak mereka. Mereka kemudian bersepakat dengan MTM Records, namun, Delp pergi setelah itu untuk bergabung kembali dengan Boston.


Di tahun 1997 Barry muncul dengan Lisa Guyer Band di album Gypsy Girl dan di tahun 2000 di album Leap of Faith.

Di tahun 1998, RTZ bersatu kembali untuk merilis album kedua mereka, Lost yang kurang suksesa dibandingkan album debut mereka.

Di tahun 2003, Barry dan Delp bersatu untuk rekaman independen mereka Delp and Goudreau. Single "It's What You Leave Behind" menerima siaran radio yang terbatas.

Di tahun 2005, Barry dan anggota RTZ merilsi 2 CD lagu-lagu yang mereka rencanakan sebagai album ketiga RTZ. Album ini dirilis di USA di Briola Records dengan judul Lost in America dan Found in America. Barry tetap tampil dengan Sheehan dan Hashian di venue kecil lokal di wilayah Boston, dan juga tetap tampil dengan Delp hingga kematian Delp di tahun 2007.

Di tahun 2006, Barry dan Scholz kembali berhubungan setelah 20 tahun tanpa kata, namun Barry mengindikasikan bahwa dia tidak diundang untuk berpartisipasi dengan band.

Pada 16 Oktober 2007, Barry merilis satu lagu terakhir dengan Delp pada vokal berjudul "Rockin' Away". Menurut Barry, "Rockin' Away" ditulis di musim panas 2006 untuk merayakan ulang tahun yang ke 30 dari rekaman pertama "Boston". Ini adalah lagu terakhir yang dia tulis dengan Delp. Di lagu ini, Brad merefleksikan betapa dia sangat terlibat dengan musik, dan berterima kasih kepada para penggemarnya untuk kesetiaan mereka. Ini adalah haran Barry bahwa lagu tersebut membawa kebaikan kepada hubungannya dengan band. Sayangnya tidak terjadi. Lagu ini menjadi hit minor di awal tahun 2008, berada di chart No. 18 di rangking musik Amerika yang diputar di radio rock.

Barry kadang-kadang bermain bersama James Montgomerry dan menjadi anggota Ernie and the Automatics degan Sib Hashian, Tim Archibald, Brian Maes, Michael Antunes dan "car guy" Ernie Boch. Ernie and the Automatics telah dibubarkan. Album debut mereka Low Expectations dirilis pada 17 Februari 2009.

Setelah kematian Delp, anggota yang tersisa dari RTZ melakukan reuni untuk merekam "Set The Songbird Free", yang ditulis oleh Brian Maes. "Kami menginginkan ini sebagai penghormatan kepada yang kami kasihi dan hormati untuk teman seband dan teman kami Brad." kenang Maes.

Di tahun 2007, Barry muncul dengan calon presiden Mike Huckabee di kampanye di Iowa, dan lagu Boston "More Than a Feeling" dimainkan di pemunculan ini. Ini menyebabkan Scholz mengeluh bahwa lagu itu dimainkan tanpa ijin, dan karena Scholz berlawanan dengan posisi Huckabee, dia tidak menginginkan implikasi apapun bahwa Huckabee didukung oleh Boston.

Barry kini tinggal di Swamscott, Massachusetts dengan istrinya Connie, putra Sean, dan putri Michele. Adik Connie, Micki menikah dengan Delp di tahun 1980 dan mereka memiliki 2 orang anak, tapi bercerai di tahun 1996.

Pada 25 Februari 2012, Barry bermain selama 3 jam dengan Sheehan dan lainnya di "All Star jam" untuk acara amal Sydney and Berne davis Art Center di Ft. Myers, Florida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...